Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Improve The Learning Outcomes of SMK (Vocational High School) Students With The Open-MURDER


Menigkatkan Hasil Belajar Siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Dengan Skenario Open-MURDER

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.3153

Keywords:

Learning outcomes, Open MURDER, SMK

Abstract

The low learning outcomes in Vocational Schools are caused by a lack of understanding of students. Students are only able to imitate what they see in the video given by the teacher. However, when students are given assignments between practice and material, students are not fully able to. This study aims to determine the effect of the OPEN-MURDER scenario  on the learning outcomes of SMK students. The type of research used is to use a quantitative method using a quasi-experimental design, the experimental design of One Group Pretest-Posttest one class is treated before and after carrying out the pretest-posttest. The results showed that Open-MURDER had an influence on the learning outcomes of SMK students with the average pretest score of 71.72 while the posttest average score was 89.53 with a significance value of 0.000 <0.05. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

I Ketut Sudarsana, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar

Siswa,” J. Penjaminan Mutu, vol. 4, no. 1, p. 20, 2018.

M. N. Emi Lilawati, “Educatio and Management Studies Strategi Pembelajaran MURDER Pada Materi TKJ,”

vol. 4, no. 4, p. 3, 2016.

D. Ratnawati, “Peningkatan pemahaman menggunakan alat-alat ukur dengan penerapan strategi belajar murder

pada siswa smk keahlian jaringan data,” vol. 36, no. 2, pp. 161–172, 2019.

M. A. W. Alvian Eko, “Strategi Pembelajaran Murder Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X Pada

Materi teknik jaringan Di Smk Ti Bahrul Ulum Jombang,” Din. J. Kaji. Pendidik. dan Keislam., vol. 6, no. 2,

pp. 69–82, 2021

Suparyanto dan Rosad, “penerapan model pembelajaran problem based intruction dengan setting kooperatif tipe

murder sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa,” Mudiana dan darma (2020, vol.

, no. 3, pp. 248–253, 2020.

B. W. Putri Widya, Suratno, “Pengaruh Strategi Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest,

Expand, Review) Berbasis Media Interaktif Flash terhadap Kemampuan Berpikir Kritis , Metakognisi dan

Pencapaian Hasil Belajar Siswa,” J. Edukasi, vol. 2, no. 2, pp. 7–11, 2018.

A. D. Agastya and A. A. Musadad, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Murder Dengan Media

Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa,” Pap. Knowl. . Towar. a

Media Hist. Doc., vol. 3, no. April, pp. 49–58, 2019.

N. Noererlinda, “Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Sosial

Siswa,” Inov. Kurikulum, vol. 6, no. 1, pp. 1–14, 2021

R. Priambodo, “pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe MURDER (mood, understand, recall,

digest, expand, review) pada mata pelajaran dasar-dasar pemograman DI SMK Raden Patah Mojokerto,” no. 3,

pp. 885–890, 2018.

E. A. Setiyowati and J. A. Pramukantoro, “model pembelajaran kooperatif MURDER untuk meningkatkan hasil

belajar siswa pada kompetensi inti teknik elektronika di SMK Negeri 1 Nganjuk,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol.

, no. 1, pp. 155–162, 2017.

N. T. Nurjani and N. R. Netriwati, Netriwati, “Pengaruh Model Pembelajaran CIRC dengan Strategi MURDER

Terhadap Kemampuan Koneksi Jaringan Peserta Didik di SMA Negeri 1 Sungkai Utara,” J. Cendekia J.

Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 1992–2000, 2021.

H. Iptihani and S. Lutfi, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Murder terhadap Keaktifan dan Hasil

Belajar Desain Grafis,” Edumati J. Pendidik. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 61–67, 2019.

D. T. Campbell and J. C. Stanley (1963), experimental and quasi-experiment al designs for research.

E. Fauziyah, S. M. K. Khoiriyah, and J. Timur, “peningkatan motivasi berprestasi dan hasil belajar matematika

siswa kelas XI AKL 1 SMK Khoiriyah melalui pembelajaran model murder berbantuan media microsoft excel,”

A. Fadila and E. Kurniawan, “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis : Pengaruh Model Pembelajaran

MURDER Berbantuan Ice Breaking Ditinjau Pada Minat Belajar Siswa,” pp. 226–233, 2018.

D. Hakim, “penerapan strategi pembelajaran murder terhadap hasil belajar siswa pada standar kompentensi

melakukan pekerjaan mekanik dasar di kelas X SMK Negeri 1 Cerme Gresik,” 2019.

A. Rahma, I. I. Widiyowati, and R. Kusumawardani, “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif MURDER

Dengan Media Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur,”

Pros. Semnas KPK, vol. 2, pp. 7–10, 2019.

N. K. Bengkulu, H. L. Sati, Y. Fitria, and D. Selviani, “pengaruh model pembelajaran kooperatif MURDER

terhadap dasar teknik jaringan komputer dan telekomunikasi SMK,” vol. 4, no. 2, pp. 64–71, 2018.

P. Pratama, M. Rizal, and L. Linawati, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Murder Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika,” Aksioma, vol. 8, no. 2, pp. 157–

, 2019.

I. Subekti and S. Andriani, Model Pembelajaran Murd. (Mood, Understanding, Recall, Dig. Expand. Rev.

Berbantuan Media Gamifikasi Dan Self Concept Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mat. Peserta Didik,

vol. 05, no. 01, pp. 37–49, 2017.

Posted

2023-08-30