Preprint / Version 1

Promotion of Social Media, Price, and Product Reviews on Purchasing Decisions in Online Shopping Through Shopee


Promosi Media Sosial, Harga, dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online Melalui Shopee

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.3144

Keywords:

Social Media Promotion, Price, Product Reviews, Buying Decision

Abstract

This research was conducted to find out social media promotions, prices, and product reviews on purchasing decisions for online shopping through Shopee. This research uses quantitative methods. The sample size used in this study was 96 respondents using the Shopee application in Sidoarjo. The sampling technique used is a non-probability sampling technique using purposive sampling method. The research data is distributed in the form of a questionnaire through the Google Form. Data analysis methods used include validity test, reliability test, classic assumption test, multiple linear regression analysis, t test, f test. Data is calculated using SPSS version 26.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

W. S. Putri, “PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOP SHOPEE,” Hak Cipta Milik Unisma, vol. 02, no. 01, hal. 1–22, 2018, [Daring]. Tersedia pada: repository.unisma.ac.id

APJII, “Penetrasi Internet di Indonesia,” 2022. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-di-indonesia-digital-outloook-2022_857

Katadata, “10 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal II 2022,” databoks, 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/21/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-ii-2022 (diakses 7 Februari 2023).

E. Putra, “PENGARUH PROMOSI MELALUI SOSIAL MEDIA DAN REVIEW PRODUK PADA MARKETPLACE SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Studi pada Mahasiswa STIE Pasaman ),” J. Apresiasi Ekon., vol. 8, no. 3, hal. 467–474, 2020, doi: 10.31846/jae.v8i3.298.

S. Sumaa, A. S. Soegoto, dan L. S. Samadi, “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN IKLAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI DI E-COMMERCE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO) THE INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY, PRICE AND ADVERTISING SOCIAL MEDIA ON BUYING INTEREST AT SHOPEE E-COMMERCE (STUDY ON STUDENTS OF THE FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS SAM RATULANGI UNIVERSITY),” 2021.

R. Dwijantoro, B. Dwi, dan N. Syarief, “PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARKETPLACE SHOPEE,” J. Ris. Manaj. dan Bisnis, vol. 16, no. 2, hal. 63, Jan 2022, doi: 10.21460/jrmb.2021.162.392.

A. Japlani, “PENGARUH HARGA DAN PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BUTIK DI KOTA METRO LAMPUNG,” vol. 14, no. 2, 2020.

C. S. Barus dan D. Silalahi, “Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sosmed Cafe Abdullah Lubis Medan,” J. Manaj. dan Bisnis, vol. 21, no. 1, hal. 1–15, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal.ust.ac.id/index.php/JIMB_ekonomi

K. Alfirdausi dan N. N. Marpaung, “Pengaruh Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee di Kabupaten Bekasi,” Parameter, vol. 7, no. 1, hal. 181–192, 2022, doi: 10.37751/parameter.v7i1.196.

D. Aprilia, N. Pratiwi, dan M. S. Suwitho, “Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.”

F. Puspita Sari, R. Kurniawan, dan I. Artikel, “Simposium Manajemen dan Bisnis I Prodi Manajemen FEB UNP Kediri Tahun 2022.”

H. F. Nasution, “PENGARUH KEMUDAHAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN SECARA ONLINE (Studi Kasus Mahasiswa Belanja Online Pada FEBI IAIN Padangsidimpuan),” At-tijaroh J. Ilmu Manaj. dan Bisnis Islam, vol. 4, no. 1, hal. 26, 2018, doi: 10.24952/tijaroh.v4i1.1082.

P. Studi Manajemen, K. Ilmiyah, I. Krishernawan, S. Al-Anwar Jalan Raya Brangkal No, S. Mojokerto, dan J. Timur, “PENGARUH ULASAN PRODUK, KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE DI MOJOKERTO,” J. Manaj., vol. 6, no. 1, hal. 31–42, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://www.maker.ac.id/index.php/maker

J. Ilmiah Manajemen Ubhara PENGARUH KEPERCAYAAN DAN, K. Ardianto, F. Putri Nuriska, L. Nirawati, F. Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional, dan J. Timur, “ULASAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG EMINA PADA OFFICIAL STORE SHOPEE DI KOTA SURABAYA.” [Daring]. Tersedia pada: www.kemenperin.go.id

C. A. Rusli dan M. R. Mulyandi, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dan Dimediasi oleh Kepercayaan,” hal. 149–158, 2019, doi: 10.33510/slki.2019.149-158.

P. Harga, U. Produk, D. METODE PEMBAYARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM BERBELANJA ONLINE MELALUI APLIKASI SHOPEE Pradika Muthiya Shafa, dan J. Hariyanto, “Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran Tehadap Keputusan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia-2020 1.”

A. G. A. Najib dan A. N. Andriana, “PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN ULASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI APLIKASI SHOPEE,” J. Syntax FUSION, vol. 2, no. 01, hal. 1–10, 2022.

Y. Siti Nuraeni dan D. Irawati, “The Effect Of Online Customer Review, Quality Product, And Promotion On Purchasing Decision Through Shopee Marketplace (A Case Study Of Ubsi College Student),” J. Ilm. Manaj., vol. 9, no. 4, hal. 439–450, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/index

J. S. P. Hulima, D. Soepeno, dan M. V. J. Tielung, “THE EFFECT OF PRODUCT QUALITY, PROMOTION AND PRICING ON PURCHASING DECISIONS IN WARDAH AT MANADO CITY,” J. EMBA, vol. 9, no. 2, hal. 1167–1177, 1167.

K. Alfirdausi et al., “Pengaruh Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee di Kabupaten Bekasi,” J. Param., vol. 7, no. 1, hal. 181–192.

Posted

2023-09-02