Preprint / Version 1

The Role of Service Quality, Price, and Brand Image on Consumer Satisfaction at PT. Indonesian Post


Peran Kualitas Layanan, Harga, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Pos Indonesia

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.3132

Keywords:

Quality of Service, Price, Brand Image

Abstract

This study aims to determine the effect of service quality, price, and brand image on customer satisfaction at PT. Pos Indonesia Sultan Agung Magersari Sidoarjo. The method used in this research is quantitative. The sample in this study amounted to 85 respondents who were determined using the accidental sampling technique and using a questionnaire as a data collection instrument. The data analysis technique used multiple linear regression analysis and the research instruments used validity test, reliability test, and classical assumption test using SPSS statistical tool. The results showed that the effect of service quality, price and brand image can be concluded, 1) service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, 2) price has a positive and significant effect on customer satisfaction, 3) brand image has a positive and significant effect on consumer satisfaction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Mayang Indri Astuti dan S. Ratnawati, “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi

Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100),” J. Ilmu Manaj. JIM, vol. 17, 2020.

A. H. Prasetiyo, D. Rustamaji, S. Sumarni, dan N. I. Nadhifah, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN,

PRESEPSI HARGA DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

PADA PT. JNE BABAT LAMONGAN,” Jesya J. Ekon. Ekon. Syariah, vol. 5, no. 1, hlm. 463–472, Jan 2022,

doi: 10.36778/jesya.v5i1.614.

A. T. Talinusa, E. N. Walewangko, dan P. C. Wauran, “ANALISIS DETERMINAN PERMINTAAN

MASYARAKAT SULAWESI UTARA TERHADAP JASA PENGIRIMAN PAKET POS PADA PT. POS

INDONESIA (PERSERO) (STUDI KASUS : KANTOR POS MANADO),” J. Berk. Ilm. Efisiensi, vol. 19, no.

, 2019.

N. Yaqin, D. A. Himawan, dan B. W. Furidha, “Pembentukan Pasukan O-Ranger Sebagai Inovasi PT. Pos

Indonesia Dalam Menjaga Daya Saing Kurir Dan Logistik,” no. 5th Prosiding Business and Economics

Conference In Utilizing of Modern Technology 2022, Agu 2022.

S. Ardiputra, “Aspek Tangible Pada Pelayanan Jasa Pos Di Kantor Pos Cabang Pasangkayu 91571,”

JurnalPenelitianAdministrasiPublik, vol. 6, no. Vol 6 No 2 (2020): JPAP Jurnal Penelitian Administrasi Publik,

Okt 2020, doi: https://doi.org/10.30996/jpap.v6i2.4294.

D. Asdini, M. Khairat, dan D. P. Utomo, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Manajer di PT. Pos

Indonesia dengan Metode WASPAS,” JURIKOM J. Ris. Komput., vol. 9, no. 1, hlm. 41, Feb 2022, doi:

30865/jurikom.v9i1.3767.

A. D. Aji, H. Nurasa, dan N. W. Isnawaty, “KINERJA PEGAWAI PELAYANAN PADA PT. POS

INDONESIA (PERSERO) ASIA AFRIKA BANDUNG,” JANE J. Adm. Negara, vol. 14, no. 2, hlm. 574–580,

D. Lie, M. Butarbutar, S. Simatupang, E. Efendi, H. A. Damanik, dan M. F. Silaen, “Pengaruh Lokasi Terhadap

Kepuasan Konsumen Pada Kedai Kopi Baravi Pematangsiantar,” Strateg. J. Manag. Sci., vol. 1, no. 2, hlm. 32,

Agu 2021, doi: 10.37403/strategic.v1i2.19.

V. R. Mekel, S. Moniharapon, dan J. L. A. Tampenawas, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN

KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PERUSAHAAN

TRANSPORTASI GOJEK MANADO,” J. EMBA, vol. 10, no. 1, 2022.

A. O. Siagian dan H. Wijoyo, “Dampak kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen

PT. Gemilang Sinar Jaya,” Insight Manag. J., vol. 1, no. 3, hlm. 106–114, 2021.

S. L. Handayani dan A. Syarifudin, “PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN RELATIONSHIP

MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA LAYANAN TRANSPORTASI GOJEK,” J.

DIMENSI, vol. 11, no. 2, hlm. 298–313, Apr 2022, doi: 10.33373/dms.v11i2.4115.

N. I. Purnama, M. F. H. Nasution, dan R. Astuti, “Pengaruh Harga Kelengkapan Produk Dan Lokasi Terhadap

Kepuasan Konsumen Di 212 Mart,” J. AKMAMI Akutansi Manaj. Ekon., vol. 3, no. 1, hlm. 74–86, 2022, doi:

https://doi.org/10.53695/ja.v3i1.564.

K. Ma’ruf, “The Effect of Service Quality on Customer Satisfaction of Sate H. Pardi Restaurant Branch Dr. M.

Isa,” Int. J. Mark. Hum. Resour. Res., vol. 2, no. 2, 2021.

S. Alvianna, I. Husnita, S. Hidayatullah, A. Lasarudin, dan E. Estikowati, “Pengaruh Harga dan Kualitas

Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Panderman Coffeee Shop di Masa Pandemi Covid-19,” J. Manag.

Bus. Rev., vol. 18, no. 2, hlm. 380–392, Jun 2021, doi: 10.34149/jmbr.v18i2.286.

D. G. W. Santosa dan I. A. Mashyuni, “Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan

Pelanggan Grab di Kota Denpasar,” Widya Amrita, vol. 1, no. 1, hlm. 290–302, Jan 2021, doi:

32795/widyaamrita.v1i1.1176.

E. L. Kumrotin dan A. Susanti, “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS

PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CAFE KO.WE.COK DI SOLO,” J-MIND J.

Manaj. Indones., vol. 6, no. 1, hlm. 1, Agu 2021, doi: 10.29103/j-mind.v6i1.4870.

N. P. Juliani dan I. G. P. Kawiana, “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap

Kepuasan Konsumen,” J. Manaj., vol. 2, no. 1, 2022.

R. Aprita Nur Maharani dan I. Ali Alam, “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP

KEPUASAN KONSUMEN SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA KEBAB SALAHUDDIN,” SIBATIK J.

J. Ilm. Bid. Sos. Ekon. Budaya Teknol. Dan Pendidik., vol. 1, no. 4, hlm. 235–242, Mar 2022, doi:

54443/sibatik.v1i4.22.

F. Islamiyah, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN

KONSUMEN JNE CABANG KWANYAR KABUPATEN BANGKALAN,” STKIP PGRI Bangkalan, 2021.

M. F. Rozjiqin dan A. A. Ridlwan, “Pengaruh Label Halal, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan

Pembelian Konsumen pada Starbucks,” JEBA J. Econ. Bus. Aseanomics, vol. 7, no. 1, Agu 2022, doi:

33476/jeba.v7i1.2419.

F. D. Febriana dan R. E. Prabowo, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap

Kepuasan Pelanggan Pada Tanam Coffeeshop Kaligarang Semarang,” J. Mirai Manag., vol. 7, no. 1, 2022, doi:

37531/mirai.v7i1.1928.

D. O. Saridewi dan R. H. Nugroho, “Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas

Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening,” Al-Kharaj J. Ekon. Keuang. Bisnis Syariah, vol.

, no. 6, hlm. 1722–1738, Jul 2022, doi: 10.47467/alkharaj.v4i6.1072.

S. Ardiputra dan M. Rizky Prawira, “KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR POS CABANG

PASANGKAYU 91571,” PubBis J. Pemikir. Dan Penelit. Adm. Publik Dan Adm. Bisnis, vol. 4, no. 2, 2020,

doi: 10.35722/pubbis.v4i2.278.

F. Noralia dan L. Indayani, “The Influence of Service Quality, Advertising, and Trust on Customer Satisfaction

of Financing Companies in Surabaya,” Acad. Open, vol. 7, Des 2022, doi: 10.21070/acopen.7.2022.3510.

Z. F. Capriati, “PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN

PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MINIMARKET DI

KOPERASI VISIANA BAKTI TVRI JAKARTA,” Sci. J. Reflect. Econ. Account. Manag. Bus., vol. 6, no. 1,

hlm. 170–177, Jan 2023, doi: 10.37481/sjr.v6i1.631.

M. Sofyan dan Nuraina, “Pengaruh Cita Rasa dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada D’Besto Chicken

& Burger di Daerah Jakarta Barat,” J. Adm. BISNIS, vol. 3, no. 3, hlm. 333–345, 2023.

E. S. Prastiwi dan A. R. Rivai, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan

Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan”.

S. Safitri, S. Alkila, dan M. Heriyanto, “Pengaruh Implementasi Relationship Marketing dan Citra Merek

Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Pada PT Telkom Indonesia Witel Riau Daratan Pekanbaru,” J. Ilm.

Manaj. DAN BISNIS, vol. 6, no. 1, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB

R. Sugiarsih Duki Saputri, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab

Semarang,” Cover. J. Strateg. Commun., vol. 10, no. 1, hlm. 46–53, Sep 2019, doi:

35814/coverage.v10i1.1232.

S. Aliya, “KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP

LOYALITAS PELANGGAN,” vol. 3, no. 1, 2020.

S. Ahmed, A. Al Asheq, E. Ahmed, U. Y. Chowdhury, T. Sufi, dan Md. G. Mostofa, “The intricate relationships

of consumers’ loyalty and their perceptions of service quality, price and satisfaction in restaurant service,” TQM

J., vol. 35, no. 2, hlm. 519–539, Jan 2023, doi: 10.1108/TQM-06-2021-0158.

K. N. Cahyo dan E. Riana, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Kuesioner Pelatihan Pada PT

Brainmatics Cipta Informatika,” J. Inf. Syst. Res. JOSH, vol. 1, no. 1, 2019.

D. G. W. Santosa dan I. A. Mashyuni, “Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan

Pelanggan Grab di Kota Denpasar,” Widya Amrita, vol. 1, no. 1, hlm. 290–302, Jan 2021, doi:

32795/widyaamrita.v1i1.1176.

J. Fernos dan A. S. Ayadi, “PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI

KONSUMEN PADA TOKO DONAT MADU LAPAI,” J. Ilm. Ilmu Manaj. Dan Kewirausahaan, vol. 3, no.

, 2023, doi: 10.46306/vls.v3i2.

S. Farisi dan Q. R. Siregar, “Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa

Transportasi Online di Kota Medan,” Maneggio J. Ilm. Magister Manaj., vol. 3, no. 1, hlm. 148–159, Mar 2020,

doi: 10.30596/maneggio.v3i1.4941.

Posted

2023-08-30