Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Effectiveness of Village Information System (SID) in Improving Village Administration Services


Efektivitas Sistem Informasi Desa (SID) dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Desa

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.3114

Keywords:

Effectiveness, Public Service, Village Information System

Abstract

This study aims to analyze the Effectiveness of the Village Information System (SID) in Improving Excellent, Fast and Efficient Public Services in Sekardangan Village. The method in this research is descriptive qualitative. The types and sources of data used in this study are qualitative data consisting of primary data and secondary data. The effectiveness of the Village Information System (SID) in Improving Public Services in 2020-2022 which is the focus of this research. Sources of data obtained through LibraryResearch are sources that are available online and offline, such as scientific journals, books, and news from trusted sources. In addition, data sources were also obtained from interviews with the village head, as well as village information system operators. The results of this study show that the services provided by the Sekardangan Village are effective, by implementing excellent, fast, precise and efficient services. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Perkembangan Teknologi Semakin Pesat [Internet]. Available from: https://www.kompasiana.com/nazwa51056/6103b5ed15251078ad524b44/perkembangan-teknologi-semakin-pesat

UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Undang – Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintah daerah.

Undang Undang Desa Pasal 86 tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan.

Satrio Ageng Rihardi, Arnanda Yusliwidaka, Sukron Mazid. EFEKTIVITAS PEMERINTAHAN DALAM PELAYANAN PUBLIK DENGAN SIKDES (SISTEM INFORMASI KONEKTIVITAS DESA) (Studi Kasus di Desa Sidorejo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang). Journal of Public Administration and Local Governance. 2019;3(1).

Rahimi Fitri, Arifin Noor Asyikin, Agus Setiyo Budi Nugroho. PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DESA UNTUK MENUJU TATA KELOLA DESA YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE) BERBASIS TIK. Jurnal Positif. 2017;3(2):99–105.

Apriyansyah, Maullidina I, Purnomo EP. Efektivitas Sistem Informasi Desa (SID) Dalam Pelayanan Publik Di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik. 2018;4(1):10–24.

Maharani H dan MUlfa. Sistem Informasi Desa dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Berbasis Web. Jurnal Informasi dan Teknologi. 2022;

SABENNA Y. EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA MURTIGADING, KECAMATAN SANDEN, KABUPATEN BANTUL TAHUN 2017. Universitas Muhammadiyyah Yogyakarta; 2019.

Martani dan Lubis. Teori Organisasi: Perspektif makro. Pusat Antar Universitas – Universitas Indonesia.; 2007.

Sugiyono ProfDr. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 26th ed. Bandung: Alfabeta; 2017. 330 p.

Saleh. Analisis data kualitatif. eprints.unm.ac.id. 2017;

Martani H dan LHSB. Teori Organisasi (Suatu Pendekatan Makro). Jakarta: Pusat Antar Universitas Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia; 1987.

Apriyansyah. Efektivitas Sistem Informasi Desa (SID) Dalam Pelayanan Publik Di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Jurnal Analisis Kebijakan dan Pelayanan Publik https://doi.org/1031947/jakpp.v4i15901. 2018;Volume 4 No. 1.

Mukhsin. Peranan teknologi informasi dan komunikasi menerapkan sistem informasi desa dalam publikasi informasi desa di era globalisasi. Teknokom teknokom.unwir.ac.id. 2020;

Website Kelurahan Sekardangan (http://kelsekardangan.sidoarjokab.go.id/).

S Suand. Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan . 2019;

Silvia. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut PT. Perdana Mandiri. urnal Administrasi dan Manajemen. 2023;

I Nurdin. Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku aparatur dan komunikasi birokrasi dalam pelayanan publik). eprints.ipdn.ac.id. 2019;

Muaddib. Inovasi Pelayanan Publik Di Kantor Desa Mojomalang Kabupaten Tuban. Jurnal Ilmiah Nusantara. 2022;

L Darwati. Analisis Perbandingan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kebidanan pada Peserta BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dan non BPJS di Ruang . Journal for Quality in Women’s Health. 2018;

AM Amanu. ANALISIS TRANPARANSI PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDes)(Study Kasus Desa Ngadimulyo Kecamatan Sukorejo . repository.yudharta.ac.id. 2020;

Anto. Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Surat Desa Pekiringan Alit Berbasis Web. Information System Jurnal Teknik. 2023;

Karimullah, Maulany, Muhamamd Amiruddin. Problematika Penerapan Sistem Informasi Desa (SID) di Indonesia. Jurnal Laboratorium Syariah dan Hukum. 2022;Vol 3, No 4.

R Windyaningrum. Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Melalui Pengembangan Sistem Informasi Desa Pada Website Pemerintah Desa. repository.ut.ac.id. 2016;

Posted

2023-08-30