Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Effectiveness Of The SIPRAJA Application Program (Public Service System Sidoarjo)


Efektivitas Program Aplikasi SIPRAJA (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo)

##article.authors##

  • bunga fadilah senja putri sugiyono Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.3088

Keywords:

Efektivitas, aplikasi sipraja

Abstract

. This study aims to analyze and describe the effectiveness of the SIPRAJA application program for population administration services in Glagaharum Village. The method used in this study is descriptive qualitative with the technique of determining the informant, namely purposive sampling. The informants in this study were the Village Secretary, Head of Service and Community. Data collection techniques can be obtained through interviews, observation, and documentation. The data analysis in this study uses the theory of Milles and Huberman, namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions and verification. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. S. Holle, “Pelayanan Publik Melalui Electronic Government: Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatan Public Service,” Sasi, vol. 17, no. 3, pp. 21–30, 2011.

H. Hardiyansyah, Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media, 2018.

T. Soraya and P. Astuti, “Inovasi pelayanan administrasi kependudukan secara online di kabupaten pati,” J. Polit. Gov. Stud., vol. 8, no. 04, pp. 61–70, 2019.

I. T. Firdaus, M. D. Tursina, and A. Roziqin, “Transformasi Birokrasi Digital Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mewujudkan Digitalisasi Pemeritahan Indonesia,” Kybernan J. Stud. Kepemerintahan, vol. 4, no. 2, pp. 226–239, 2021.

N. Najidah and H. Lestari, “Efektivitas Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang,” J. Public Policy Manag. Rev., vol. 8, no. 2, pp. 69–87, 2019.

Eni, “EFEKTIVITAS PROGRAM SIPELANDUKILAT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI WILAYAH PEDALAMAN DAN TERPENCIL,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., no. Mi, pp. 5–24, 1967.

D. P. Saputra and A. Widiyarta, “Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo,” JPAP J. Penelit. Adm. Publik, vol. 7, no. 2, pp. 194–211, 2021, doi: 10.30996/jpap.v7i2.4497.

G. Gamaputra, N. Aini Rosalia, R. Kusyeni, and P. Vokasi, “Penerapan Standar Pelayanan Publik melalui Aplikasi SIPRAJA (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo) di Kantor Kelurahan Celep,” 2022.

D. Elisandra, “EFEKTIVITAS KELURAHAN DALAM MEMBANTU PROGRAM SIPRAJA DI KELURAHAN PUCANGANOM KECAMATAN SIDOARJO KABUPATEN SIDOARJO.”

M. R. Fadli, “Memahami desain metode penelitian kualitatif,” HUMANIKA, vol. 21, no. 1, pp. 33–54, 2021, doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.

D. Finami, W. A. Andriyanto, and S. Widyastuti, “Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Dan Pengendalian Internal Dalam Transaksi Penjualan Barang (Studi Kasus Pada Rumah Makan Lembur Kuring Bogor),” in Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar), 2020, vol. 1, pp. 209–220.

H. Hakim, “PERENCANAAN PEMBUKAAN RUTE BONTANG-SURABAYA DI PELABUHAN LOKTUAN OLEH PT. PELINDO IV CABANG BONTANG DALAM RANGKA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG TRANSPORTASI,” 2017.

A. A. Musaddad, W. K. Faizin Ahzani, M. Susilowati, and L. Arif, “Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik,” J. Syntax Transform., vol. 1, no. 6, pp. 206–213, 2020.

K. N. M. AL-SHIRAZI, “EPISTEMOLOGI TAFSIR AL-AMTHAL FITAFSIR KITAB ALLAH AL-MUNZAL,” J. Syntax Transform. Vol, vol. 1, no. 6, 2020.

A. Iriany, W. Ngabu, S. Solimun, A. Efendi, and ..., “Penerapan Aplikasi Sistem Administrasi Desa Untuk Mendukung Tata Kelolah Pemerintah Desa Di Desa Mulyoagung Kecamatan Dau,” J. Innov. …, pp. 43–48, 2023, [Online]. Available: https://jiat.ub.ac.id/index.php/jiat/article/view/414https://jiat.ub.ac.id/index.php/jiat/article/download/414/326

A. Darim, “Manajemen Perilaku Organisasi Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Kompeten,” Munaddhomah J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 22–40, 2020, doi: 10.31538/munaddhomah.v1i1.29.

F. Suryani and C. A. Putiharjo, “ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE JOB ORDER COSTING PADA CV. RUMAH SABLON PEKANBARU,” PEKA, vol. 11, no. 1, pp. 9–22, 2023.

D. D. Sari, “Peranan Karang Taruna Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Pemuda,” J. Pendidik., vol. 01, pp. 58–64, 2016.

A. Anggara Putra and T. Ariebowo, “Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Kinerja Karyawan Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno-Hatta Jakarta,” J. Akuntasi, Ekon. dan Manaj. Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 62–71, 2023.

A. H. Raihan, M. J. Amin, and M. Dama, “Efektivitas Kebijakan Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Desa dan Kelurahan (Si-Daleh) Di Desa Rapak Lambur Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kertanegara,” eJournal Ilmu Pemerintah., vol. 5, no. 3, pp. 1205–1218, 2017.

S. K. Sumedang, “Volume 4 Issue 2, Desember 2022 http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/keuangan,” vol. 4, no. 2, pp. 70–76, 2022.

Posted

2023-08-29