Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Implementation of the SIPRAJA Program in Population Administration Services in Bluru Kidul Village Sidoarjo District


Implementasi Program SIPRAJA Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.3085

Keywords:

Implementasi, SIPRAJA, Service

Abstract

Abstract. In this study aimed to analyze the Implementation of the SIPRAJA Application Program in Population Administration Services in Bluru Kidul Village, researchers used descriptive research with a qualitative approach. Data collection techniques by conducting interviews, observation, and documentation. Data analysis model namely, 1) data collection. 2) data reduction 3) data presentation or data display 4) drawing conclusions. There are three indicators in Merille S. Grindle's theory, 1. Power, interest, and strategy of actor 2. institution an regime characteristic 3. Compliance and responsiveness. The results of these three indicators are that the program has been running with the goals set by the Population and Civil Registration Service because this public service is intended to facilitate services to the community in managing population administration.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, A., & Rahaju, T. (2022). EVALUASI PROGRAM BERKAS MLAKU DEWE (BMW) PADA PELAYANAN BIDANG ADMINISTRASI DI KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN SIDOARJO. Publika, 287-296.

Aprianty, Dian Rachma (2016). Penerapan Kebijakan E-Government Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda, eJournal Ilmu Pemerintahan, No. 4 Vol. 4. Hal 1594.

Ekon.go.id. 16 Juni 2020. Transformasi Digital yang Inklusif Turut Percepat Pembangunan Berkelanjutan. Diakses Pada 22 November 2022, dari https://ekon.go.id/publikasi/detail/330/transformasi-digital-yang-inklusif-turut-percepat- pembangunan-berkelanjutan

El-Haq, I. M. (2022). PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIROKRASI PUBLIK DI KANTOR DESA KEBONAGUNG. PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e-ISSN: 2797-0469), 2(04), 99-104.

Furqoni, M. (2014). Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo. Publika, 2(3).

Gramedia.com. Pengertian Stakeholder: Jenis-jenis, Peran dan Fungsinya. Diakses Pada 22 November 2022, dari https://www.gramedia.com/literasi/stakeholder/

Ihalauw, N. (2022). STRATEGI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MANOKWARI PROVINSI PAPUA BARAT (Doctoral dissertation, IPDN).

Kompasiana.com. 7 November 2022. Perkembangan Era Digital Serta Dampaknya Bagi Masyarakat. Diakses Pada 22 November 2022, dari https://www.kompasiana.com/nissyaar/618804b8ffe7b52428212032/perkembangan-era- digital-s erta-dampaknya-bagi-masyarakat

Maharani, O. A. W. N. (2016). PELAYANAN RSUD SIDOARJO TERHADAP PESERTA BPJS-KESEHATAN PBI DALAM RANGKA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 3(4).

Ma'rufah, K. D., & Sholichah, N. (2018). Implementasi Program BMW (Berkas Mlaku Dewe) Dalam Meningkatkan Pelayanan Bidang Administrasi Di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Implementasi Program BMW (Berkas Mlaku Dewe) Dalam Meningkatkan Pelayanan Bidang Administrasi Di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo, 2(2).

Jatim.kemenag.go.id. 30 Desember 2021. Mengenal Sipraja, Inovasi Pemkab Sidoarjo Sinergi dengan Kementerian Agama. Diakses Pada 15

Desember 2022, dari https://jatim.kemenag.go.id/berita/526754/mengenal- sipraja-inovasi-pemkab-sidoarjo- sinergi-dengan-kementerian-agama.

M.liputan6.com. 28 Juli 2020. Pakai Aplikasi Sipraja, Pemohon Dapat Cetak Mandiri 22 Layanan dan Izin di Sidoarjo. Diakses Pada 21

November 2022, dari https://m.liputan6.com/surabaya/read/4316609/pakai- aplikasi-sipraja-pemohon-dapat-cetak- mandiri-22-layanan-dan-izin-di-sidoarjo

Musaddad, A. A., Ahzani, W. F., Susilowati, M., & Arif, L. (2020). Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Syntax Transformation, 1(6), 206-213.

Nugraha, F. B., & Fanida, E. H. (2021). INOVASI PELAYANAN “SI CANTIK”(CEPAT, ANTAR, DOKUMEN, GRATIS, KE RUMAH) DI KECAMATAN KRIAN KABUPATEN SIDOARJO. Publika, 269-284.

Riswati, R. (2021). IMPLEMENTASI TATA KELOLA PEMERINTAHAN DAERAH BERBASIS DIGITALISASI TEKNOLOGI DI INDONESIA. Jurnal Media Birokrasi, 1- 15.

Saputra, D. P., & Widiyarta, A. (2021). Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(2), 194-211.

Sellang, K., Sos, S., Jamaluddin, D. H., Sos, S., & Ahmad Mustanir, S. I. P. (2022). Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dimensi, Konsep, Indikator Dan Implementasinya. Penerbit Qiara Media.

Tahir, A. (2014). Kebijakan Publik dan Good Governance.

Tamrin, M. H., Umiyati, S., Arieffiani, D., Lubis, L., Ambarwati, A., & Achmad, Z. A. (2022). Optimalisasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) Menuju Kalanganyar sebagai Desa Digital. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), 6(2), 127- 134.

Walida, J., & Choiriyah, I. U. (2022). Innovation System in the Sidoarjo People's Service System (SIPRAJA) in Sidoarjo Regency. Indonesian Journal of Cultural and Community Development, 12, 10-21070

Musaddad, Azmy Aditama, Hzani, Faizin W.K. , Susilowati, Mei , Arif, Lukman (2020). Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik.

Posted

2023-08-30