The Effect of Role Play Method on Social Emotional Development in Early Childhood Kindergarten Dharma Wanita Persatuan Bluru Kidul, Sidoarjo Regency
Pengaruh Metode Role Play Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini TK Dharma Wanita Persatuan Bluru Kidul, Kabupaten Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.3061Keywords:
Emotional Social Development, Role Play, ChildhoodAbstract
This study aims to determine the influence of role play method on early childhood social emotional development in Dharma Wanita Persatuan Bluru Kidul Kindergarten, Sidoarjo. By using quantitative methods quasi-experimental approach or pseudo-experiments. It uses a non-randomized pretest-post control group design. With test and conservation data collection techniques. The study population numbered 100 children with a sample of 20 children. The sampling technique uses purposive sampling. The gain score results obtain a sig value (P-velue) of 0.001 < 0.05, meaning that the role play method has real effectiveness. Then the results of the hypothesis test obtained a sig (P-velue) value of 0.001 < 0.05, it can be concluded that there is a significant difference before being given treatment and after being given treatment in the form of role-playing methods on the socio-emotional development of group A children at Dharma Wanita Persatuan Bluru Kidul Kindergarten, Sidoarjo.
Downloads
References
N. E. Oktaviana, Elan, and E. H. Mulyana, “Dasar Kebutuhan Pengembangan Buku Panduan Bermain Peran untuk Mengoptimalkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini,” J. Paud Agapedia, vol. 5, no. 1, pp. 50–61, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/39687
M. Y. Lubis, “Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain,” Gener. Emas, vol. 2, no. 1, p. 47, 2019, doi: 10.25299/ge.2019.vol2(1).3301.
R. Junaidi, “Permasalahan Pembelajaran di Rumah,” Support Syst. Pembelajaran dari Rumah untuk Anak dengan Permasalahan Kecerdasan, Sos. dan Emosi, vol. 1, no. 1, pp. 124–140, 2020.
Sukatin, Qomariyyah, Y. Horin, A. Afrilianti, Alivia, and R. Bella, “Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. VI, no. 2, pp. 156–171, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7311
I. Pesantren, K. H. A. Chalim, I. Pesantren, and K. H. A. Chalim, “Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun”.
D. Septiria, “Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok Bermain Melalui Alat Permainan Edukatif Magic Box,” Bengkulu Inst. Agama Islam Negeri Bengkulu, p. 30, 2020.
I. Fauziah, E. Ernita, D. R. Octavia, and M. Dwiyanti, “Analisis Gangguan Psikososial Dan Emosional Aud Di Ra Nurul Iman Medan Belawan Selama Pembelajaran Berbasis Daring,” Kumara Cendekia, vol. 8, no. 3, p. 316, 2020, doi: 10.20961/kc.v8i3.44282.
M. Muthmainah, “Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Taman Kanak-Kanak Selama Masa Pandemi,” Kumara Cendekia, vol. 10, no. 2, p. 152, 2022, doi: 10.20961/kc.v10i2.61062.
W. S. Kusuma and P. Sutapa, “Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1635–1643, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.940.
Kementrian Pendidikan Nasional RI, “Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014,” Peratur. Menteri Pendidik. Dan Kebud. Republik Indones., pp. 1–76, 2014, [Online]. Available: https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/PERMEN KEMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.pdf
U. Husnah and H. Hasanah, “Pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di tk dharma wanita pakusari kabupaten jember,” JECIE (Journal Early Child. Incl. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 27–34, 2019.
M. forentina Reso, S. E. Haryono, and S. Muntomimah, “Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B Pada Ra Mutiara Iman Pakisaji Kab,” vol. 3, pp. 801–807, 2019.
C. Nisak Aulina, “PENDAHULUAN Pendidikan adalah dasar utama pembangunan sumber daya manusia , dimana harus dilaksanakan secara konstruktif , dan dalam pelaksanaannya . Komprehensif dalam arti proses pendidikan mencakup semua aspek dan dimensi manusia , sehingga manusia yan,” no. 1, pp. 59–69, 2015.
L. Asmawati, Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
A. R. H. Prawistri, “Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Anak kelompok B melalui Kegiatan Bermain Aktif diTK Pembina Kecamatan Bantul.,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.
Kemendikbud, “Penilaian Pembelajaran PAUD,” J. Pendidik., vol. 5, no. 021, pp. 9–39, 2018.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2008.
C. Samuel, M. A. Daud, and D. Miranda, “Peningkatan sosial emosional melalui bermain peran mikro pada kelompok b di paud makarti mempawah,” vol. 8, no. 9, pp. 1–12, 2019.
F. Pratiwi, “Gambaran Perkembangan Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Anak, vol. 7, no. 1, pp. 09–18, 2021, doi: 10.23960/jpa.v7n1.22282.
P. Pembelajaran, B. Daring, T. Keterampilan, and A. U. Dini, “Tiara Minnatul Maula, 2020 PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS DARING TERHADAP KETERAMPILAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu,” pp. 1–6, 2020.
M. Y. Bachtiar, “Pengembangan Kemampuan Sosial Melalui Bermain Peran Pada Anak Usia Dini di TK Riyanti Kabupaten Gowa,” Semin. Nas. Has. Penelit. 2021, pp. 914–923, 2021.
F. Nurmalitasari, “Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah,” Bul. Psikol., vol. 23, no. 2, p. 103, 2015, doi: 10.22146/bpsi.10567.
L. Schmidht, Jalan Pintas Menjadi 7 Kali Lebih Cerdas; 50 Aktivitas, Permainan dan Prakarya untuk Mengasuh 7 Kecerdasan Mendasar Pada Anak. Bandung: Kaifa, 2003.
Hariwati & Nurul Khatimah, “Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok B,” J. Mhs. Univ. Negeri Surabaya, vol. 5, no. 2, pp. 5–8, 2016.
T. Amstrong, Menerapkan Multiple Intelligences di Sekolah, (alih bahasa Yudhi Murtanto). Batam Center: Interaksara, 2002.
D. Mutiah, Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Praneda Media Group, 2012.
Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
T. Musfiroh, Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo, 2008.
Baharuddin, Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.