Preprint / Version 1

The Effect of the SAVI Learning Model on Learning Outcomes in the Pancasila Education Free Learning Curriculum


Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka Belajar

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.3017

Keywords:

Merdeka Belajar Curriculum, Learning Outcomes, SAVI

Abstract

This study aims to determine the effect of the SAVI learning model on the learning outcomes of fourth grade
students at SDN Keboananom Sidoarjo, namely there are problems with low student learning outcomes in learning
Pancasila Education. The research population is 25 students. This research method uses quantitative experiments,
the type of research is Quasi Experiment, the form of the design used is non-equivalent control group design assisted
by SPSS 26 software. The results show that to test hypotheses and answer the problem formulation, data analysis
techniques use the Independent Sample T-test. This can be seen from the average value when given the SAVI learning
model treatment. There is an effect of using the SAVI learning model on the learning outcomes of Pancasila
Education for fourth grade students. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Evi Hasim, “Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19,” Pros.

Webinar Magister Pendidik. Dasar Pascasarj., pp. 68–74, 2020. Ayundasari, L. (2022). IMPLEMENTASI

PENDEKATAN MULTIDIMENSIONAL DALAMPEMBELAJARAN SEJARAH KURIKULUM MERDEKA.

Jurnal Sejarah, Budaya dan Pengajarannya

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM

MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Journal Educational and Language Research, 1.

Boang Manalu, Julianti, dkk. (2022). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar”

dalam Prosiding Pendidikan Dasar Vol. 1. Medan

Dhani, R. R. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 45-

[5] N. Novitasari, M. Tahir, and L. H. Affandi, “Pengaru

Hasan, K., Mukhlisa, N., & Lestari, A. (2020). PENERAPAN MODEL SOMATIC, AUDITORY,

VISUALIZATION, DAN INTELECTUALLY (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA

MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4

Hasan, Kamaruddin, dkk. (2020). “Penerapan Model Somatic, Auditory, Visualization, dan Intelektualliy (SAVI)

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS SIswa Kelas IV” dalam Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 4.

Makassar

Hattarina, Shofia, Saila, Nurul, Faradilla, Adenita, et al. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Lembaga

Pendidikan, (2022).

Kusumawati, S. W., & Gunansyah, G. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN

KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DI SEKOLAH DASAR. JPGSD.

Lana, D., Karniani, E., & Dotrimensi. (2021). PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL

INTELEGENCY (SAVI) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA MATERI DINAMIKA PENERAPAN PANCASILA

DARI MASA KE MASA DI KELAS IX. JURNAL PARIS LANGKIS, 1.

Rahmawati dan Kasriman, (2022). “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, dan Intelectual)

Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV” dalam Jurnal Basicedu Vol.

Jakarta.

Rahmawati, Erna. (2022). “Konsep Pembelajaran Menyenangkan Bagi Siswa Kelas Bawah Tingkat Sekolah Dasar”

dalam Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal Vol. 4.

Raharjo,Sahid. (2018). “ cara menghitung SE dan SR dalam analisis regresi linier berganda”

Santoso, Singgih. 2014. Statistik Parametrik Edisi Revisi. Jakarta : Elex Komputindo

Sarnoko, dkk. (2016). “Penerapan Pendekatan SAVI Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas

dan Hasil Belajar IPS SIswa Kelas IV SDN Sanan Girimarto Wonogiri” dalam Jurnal Pendidikan Vol. 1. Wonogiri

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruz media

Sihwenedar, Rinendah. (2015). “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran SAVI

(Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) Pada Siswa Kelas III SDN Rejoagung 01 Semboro ” dalam Pancaran Vol.

Jember

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum

Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6.

Sudarma, Momon. 2021. Merdeka Belajar: Menjadi Manusia Otentik. Jakarta: PTlex Media Komputindo.

Suwanda, I made, 2016. Sumber Belajar Belajar Penunjang PLPG 2016 Mata Pelajaran/Paket Keahlian Pendidikan

Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) Bab I Hakikat, Tujuan dan Ruang Lingkup Pendidikan Kewarganegaraan:

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan 2016.

Undang – Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasiona

Posted

2023-08-29