Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Implementation of Quran Learning Using At-Tartil Method in Islamic Elementary School Wahid Hasyim Sekardangan


Implementasi Pembelajaran Al-Quran Menggunakan Metode At-Tartil di Sd Islam Wahid Hasyim Sekardangan

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.3015

Abstract

The At-tartil method is an approach that teaches students to read the Koran directly without spelling, by applying tartil readings according to ulumul tajwid and ulumul ghorib. This study used a qualitative approach to produce descriptive data from observations and interviews at SDI Wahid Hasyim, Sidoarjo Regency. The results show that learning the Qur'an with the At-tartil method requires careful preparation before starting. The aim of learning at SDI Wahid Hasyim Sekardangan Sidoarjo is to improve students' ability to read the Koran with tartil reading according to Ulumul Tajwid and Ulumul Ghorib. About 85% of students can understand the learning material of the At-tartil method in the Qur'an in class. In conclusion, the success of learning the Qur'an with the At-tartil method has been good at SDI Wahid Hasyim.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, Moch. Labib Amin. 2012. Pengaruh Kegiatan Baca Tulis Al Quran Metode At-Tartil Terhadap Kemampuan Membaca Al Quran Pada Mata Pelajaran Al QuranHadits Siswa Kelas VIII B MTs Badrussalam Surabaya. Surabaya: IAIN Surabaya. Thesis.

Annuri, Ahmad. 2010. Panduan Tahsin Tilawah al-Qur‟an dan Tajwid. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Anwar, Rosihon. 2012. Pengantar Ulumul Qur’an. Bandung: CV Pustaka Setia.

Asnawi, Implementasi Penyelenggaraan Publik Pada Samsat Corner Wilayah Malang Kota, Skripsi S-1 Jurusan Ilmu Pemerintahan, FISIP, UMM.

Departemen Agama RI. 2007. Al-Qur’an dan terjemahnya. Sukakarta: Media Insani Publishing.

Djamarah, Bahri Syaiful. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghazali. 2010. Metode Tartil: Belajar membaca dan Menulis Al-Qur’an. Padang: CV Najwa.

Kholidah, Lilik Nor. A. M. N. 2013. Metode Dan Teknik Pembelajaran Islam. Bandung: PT Refika Aditama.

Khon, Abdul Majid. 2013. Praktikum Qiro’at Keanehan Bacaan Al-Quran Qiro’at Ashim dari Hafash. Jakarta: Azmah.

Marzuki, Ni’am. 2020. Pengaruh Metode Tartil terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri MTs Pondok Pesantren Nurul Huda Pekanbaru. Pekanbaru:Universitas Islam Riau. Skripsi.

Marzuki, Ni’am. 2020. Pengaruh Metode Tartil terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri MTs Pondok Pesantren Nurul Huda Pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Islam Riau. Skripsi.

Mia. 2018. Penerapan Metode Tartil dalam Kemampuan Baca Al-Quran di Taman Pendidikan Quran (TPQ) An-Nur Kota Bengkulu. Bengkulu:IAIN Bengkulu. Skripsi.

Mulyasa. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nazilah, Umroh. 2015. Implementasi Metode At-Tartil Dalam Meningkatkan Keaktifan Santri Pada BTQ di TPQ Ishlahul Ummah Waru Sidoarjo. Surabaya: Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Nur Maslikhatun Nisak, Implementasi Kurikulum Pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Dasar, Vol.2. Halaqoh, 2018, 150-156, ISSN 2503-5045.

Pradana, Ahmad Basyarudin Syamsul Ainun Hidayat Atma. 2018. Implementasi Metode At-Tartil Dengan Menggunakan Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri. Tesis. IAIN Kediri.

Qaradhawi, Yusuf. 2018. Bagaimana Berinteraksi dengan Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Rasyad, Aminuddin. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran, Cet. IV. Jakarta: Uhamka Press.

Rumainur, 2018. Implementasi Metode At-Tartil Dalam Pembelajaran Tahsin Al-Quran Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Kalimantan Timur. Tesis. IAIN Samarinda.

Shihab, Quraish. 2016. Kumpulan 101 Kultum tentang Islam. Tangerang: Lentera Hati.

Silberman, Mel. 2013. Pembelajaran Aktif 101 Strategi Untuk Mengajar SecaraAktif. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: IKAPI.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Tambak, S. 2014. Pendidikan Agama Islam: Konsep Metode Pembelajaran PAI. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ulum, Ihyaul MD. 2004. Akuntansi Sektor Publik. Malang: UMM Press.

Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Zulfison dan Muharram. 2003. Belajar Mudah Membaca Al-Quran dengan Metode Mandiri (Cetakan I). Jakarta: Ciputat Press.

Posted

2023-08-29