The Influence of Service Quality, Promotion, and Price in Increasing Congregational Satisfaction at PT Almultazam Utama Nusantara Sidoarjo
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Harga dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah di PT Almultazam Utama Nusantara Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.2978Keywords:
Service Quality, Promotion, Price, Customer SatisfactionAbstract
This study aims to determine the effect of service quality, promotion and price variables on congregation satisfaction at PT. Main Island Al-Multazam Sidoarjo. service quality, promotion and price as independent variables, customer satisfaction as the dependent variable. This study used a quantitative approach which was analyzed using SPSS version 25.0. The population of this research is the congregation of PT. Al-Multazam Utama Nusantara Sidoarjo was registered during the last three months of 2019. The number of samples given the questionnaire for observation was 101 respondents from 135 study populations. Testing the hypothesis obtained that service quality has a significant effect on congregation satisfaction, promotion has a significant effect on congregation satisfaction, and price has a significant effect on congregation satisfaction.
Downloads
References
u. Azizah and a. Effendi, “pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan jamaah umroh pada pt cmm wisata haji & umroh banjarmasin keywords : quality of service , satisfaction of umrah pilgrims”.
s. Ramdaniah, s. Mintarti, and m. Nadir, “pengaruh kualitas pelayanan dan promosi serta kepuasan terhadap loyalitas konsumen (studi jamaah umroh pt. Arrehlah wisata samarinda),” jurusan ekononomi syariah mulawarman, vol. 1, no. 3, pp. 161–176, 2022.
k. Rita, pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan jamaah umroh pt. Barokah jaya tour and travel madiun. 2018.
i. Shoifuro and c. Canggih, “hubungan kualitas pelayanan islami dan citra biro perjalanan (travel) terhadap keputusan jamaah dalam menggunakan biro perjalanan (travel) haji dan umrah,” malia (terakreditasi), vol. 12, no. 1, pp. 39–52, 2020, doi: 10.35891/ml.v12i1.2323.
p. Promosi et al., “tour and travel pada pt qiblat wisata risman”.
s. Kasus, t. Umrah, and d. I. Banda, “fakultas ekonomi dan bisnis islam universitas islam negeri ar-raniry banda aceh,” 2019.
a. I. Siregar and r. Mappadeceng, “pengaruh kepercayaan , harga dan kemudahan terhadap kepuasan jemaah pada biro perjalanan haji dan umrah kota jambi,” vol. 4, no. September, pp. 249–256, 2020, doi: 10.33087/ekonomis.v4i2.168.
m. Lestari, “pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen manarul quran biro perjalanan umroh,” muhasabatuna jurusan akunt. Syariah, vol. 2, no. 2, p. 63, 2020, doi: 10.54471/muhasabatuna.v2i2.823.
e. Widiastuti and y. Hendarti, “analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada konsumen pt sahabat tour & travel sukoharjo,” jurusan ekonomi dan kewirausahaan, pp. 1–23, 2022.
chulafi muhammad in’amul, “pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen,” fakultas ekonomi universitas 17 agustus 1945 surabaya 2018, vol. 03, no. 01, 2018.
c. Müller-bloch and j. Kranz, “a framework for rigorously identifying research gaps in qualitative literature reviews,” 2015 int. Conf. Inf. Syst. Explor. Inf. Front. Icis 2015, no. December, 2015.
n. Afrilliana, “pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan grab di kota palembang,” jurusan manajemen pemasaran sdm, vol. 1, no. 2, pp. 46–55, 2020, doi: 10.47747/jnmpsdm.v1i2.119.
a. Z. Effendi and r. Chandra, “pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian pada travel umroh dan haji plus pt . Inyong travel barokah,” jurusan ekonomi, pp. 1–25, 2020.
s. Saputra and s. R. Yulistianis, “pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di grand setiabudi hotel& apartment,” j. Bisnis dan pemasar., vol. 9, no. 2, pp. 21–31, 2019.
a. Kurniati and s. Nurkhasanah, “pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan serta implikasinya terhadap loyalitas pelanggan pt. Latahzan wisata nusa,” jurusan manajemen fakultas ekonomi-universitas brawijaya, vol. 10, no. 2, pp. 60–73, 2022.
j. Asmiani and y. Yuliana, “pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada pembelian kecap bango,” jurusan mutiara manajemen, vol. 6, no. 2, pp. 105–114, 2021, doi: 10.51544/jmm.v6i2.2065.
k. Manajemen et al., jamaah umroh pada pt nur islami. 2021.
z. Fathulloh and f. Zulfa, “pengaruh promosi online dan offline terhadap minat jama ’ ah haji pada masa pandemi covid-19,” 2020.
d. Darmawan, “kualitas produk, kesadaran merek dan harga serta pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan,” jurusan administrasi bisnis, vol. 8, no. 2, pp. 75–88, 2019, doi: 10.14710/jab.v8i2.25267.
l. Fadillah, “strategi dan manajemen travel haji dan umroh ( studi analisis persaingan travel haji dan umroh kota medan dalam pelayanan dan kualitas untuk meningkatkan jumlah konsumen ),” al-muamalat jurusan hukum ekonomi syariah, vol. 4, no. 1, pp. 1–24, 2019.
m. W. Anggraini, t. A. Karnawati, and w. D. Ruspitasari, “pengaruh bauran promosi, kualitas pelayanan, dan citra perusahaan terhadap kepuasan jamaah umroh al-shahba malang melalui kepercayaan jamaah sebagai variabel intervening,” jurusan ilmu bisnis dan ekonomi asia, vol. 14, no. 2, pp. 161–172, 2020, doi: 10.32812/jibeka.v14i2.193.
p. Terhadap, w. Of, m. Wom, p. Perusahan, t. Haji, and d. A. N. Umroh, “Pengaruh Pelayanan, Promosi, Harga Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Word Of Mouth (Wom) Pada Perusahan Travel Haji dan Umroh pT. Cahaya Sukses Mandiri,” 2018.
z. Fathulloh, s. Hadi hm, and k. Hotimah, “Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah Di Pt. Shofi Tour And Travel Lumajang,” dakwatuna jurusan Dakwah dan komunikasi Islam, vol. 8, no. 1, p. 96, 2022, doi: 10.54471/dakwatuna.v8i1.1580.
f. S. Permana et al., “PT . AL-RAHMAH MOJOKERTO,” Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Harga Terhadap Kepuasan Jamaah Umrah Di PT. Al-Rahmah Mojokerto, 2020.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.