Preprint has been published in a journal as an article
DOI of the published article https://doi.org/10.51276/edu.v5i1.546
Preprint / Version 1

Pemanfaatan Aplikasi Canva dan worksheet dalam Pembelajaran PAI berbasis digital


Utilization Application Canva and inner worksheet Digital- based PAI learning

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.2932

Keywords:

Selected:media utilization, digital based learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan guru metode PAI menggunakan media aplikasi Canva dan LKS dalam pembelajaran berbasis digital serta menggambarkan kondisi belajar siswa ketika guru menggunakan aplikasi Canva dan LKS dalam pembelajaran PAI berbasis digital. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu memastikan data melalui validitas data. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara, dokumen, dan observasi dengan guru mata pelajaran PAI dan siswa kelas VII. Data yang terkumpul, dilakukan reduksi data untuk selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi data untuk menarik kesimpulan dan interogasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pemanfaatan aplikasi kanvas dan LKS yang digunakan dalam pembelajaran PAI dengan model Flipped classroom untuk membantu guru PAI dalam menjelaskan materi pembelajaran secara efektif dan efisien. Aplikasi Canva digunakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa melalui mind mapping, dan aplikasi lembar kerja sebagai lembar kerja siswa digunakan untuk mengevaluasi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, M. (2017). Guru Dalam Meningkatkan Mutu. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 3(1), 133–150.

Ahda, H., & Khayroiyah, S. (2022). Penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran bagi guru sd swasta it darussalam. 1, 57–65.

Amrina, Mudinillah, A., & Hafiz, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Kitabah di SMPIT Brilliant Batusangkar Kelas 7. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 90–105.

Amrina, Mudinillah, A., Nur Isnain, D., Bahasa Arab, P., Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, F., Agama Islam, P., Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Pariangan Batusangkar, S., & Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, F. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 55–65. https://doi.org/10.25008/jitp.v1i2.14

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Destriani, D., & Warsah, I. (2022). Pemanfaatan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 175–190. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.557

Heni Wulandari. (2017). Optimalisasi E-learning dengan Menggunakan Metode Flipped Classroom. Seminar Nasional Pendidikan, 223–229.

Iffah, J. D. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Worksheet terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 107–116. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.812

Kartiwi, Y. M., & Rostikawati, Y. (2022). Pemanfaatan Media Canva Dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Teks Fabel Peserta Didik Smp. Semantik, 11(1), 61. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p61-70

Kusumo, D., & Afandi, R. (2020). Table Of Content Article information Rechtsidee. 7, 1–15.

Laily, I. M., Astutik, A. P., & Haryanto, B. (2022). Instagram sebagai Media Pembelajaran Digital Agama Islam di Era 4.0. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 160–174. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i2.250

Manafe, V., & Oktaviany, V. (2019). Berpikir untuk memilih Fokus yang Benar Ditinjau dari Teori Belajar Konstruktivisme. OSF Preprints, 1–9.

Mu’is, A., Soebahar, A. H., & Sahlan, M. (2022). DIGITALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH: Digitization Of Islamic Religious Education In Schools. Proceedings, 337–348. https://proceedings.uinkhas.ac.id/index.php/proceedings/article/view/65%0Ahttps://proceedings.uinkhas.ac.id/index.php/proceedings/article/download/65/23

Nuriana, D., Rizkiyah, I., Efendi, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Generasi Baby Boomers (Lanjut Usia) Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 32. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23117

Penelitian, H., & Maulia, S. (2023). Prosiding seminar nasional pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran di era digital. 83–87.

Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidi- kan Agama Islam. Didaktika, 9(1), 77–97.

Repelita. (2021). Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Model PAIKEM bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1809–1818. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/989

Risal, M., & Astutik, A. P. (2021). The Effectiveness of Islamic Education Learning Based on Learning Cycle on Learning Outcomes in Junior High School. Academia Open, 4, 1–10. https://doi.org/10.21070/acopen.4.2021.3098

Safrianti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2, 467–474. http://202.162.210.184/index.php/guau/article/download/264/240

Salahuddin, R. (1945). 1595-Article Text-10056-1-10-20211002. 203–222.

Santoso, R. P. (2022). Application of Discovery-Inquiry Learning Strategy in Tajweed Learning to Improve Al- Qur ’ an Reading Skills for High School Students : Penerapan Strategi Discovery- Inquiry Learning pada Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur . 19, 1–6.

Setiyawan, Y. (2017) Manajemen Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Upaya Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran PAI. No,.1–14.

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April).

Wedyastuti, R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Polinomial menggunakan Media Interaktif Live Worksheet. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 171–178. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.427

Downloads

Posted

2023-08-29