Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Effect of Product Quality on Costumer Satisfaction Using the Lean Six Sigma (LSS) Method and the Failure Mode Effect Analysis (FMEA) Method


Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Menggunakan Metode Lean Six Sigma (LSS) dan Metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA)

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.2818

Keywords:

Product Quality, Lean Six Sigma (LSS), Failure Mode Effect Analysis (FMEA), Customer Satisfaction

Abstract

PT XYZ is a company engaged in the bag manufacturing industry, the products produced are suitcases, backpacks, men's and women's sling bags. The problems faced by this company are 450 bag and luggage products that experienced defects during the production process which caused the amount of production produced to not meet the target in the company. The purpose of this study is to determine the level of product quality and ways to increase customer satisfaction. The Lean Six Sigma method has the goal of identifying waste that occurs on the production floor and obtaining the category of waste that has the most influence on product quality, while the Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) method. The percentage results obtained included: 18.82% peeled skin, 36.02% broken stitches, 31.18% deflated skin, and 13.98% defective accessories.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Reni Dwi, Lathifurahman. 2020. “Aplikasi Lean Six-Sigma Untuk Mengurangi Pemborosan Di Bagian Packaging Semen”. Jurnal Integrasi Sistem Industri. Vol 7 No 2.

Gaspersz, Vincent. 2007. “Lean six sigma for manufacturing and service industries”, Jakarta: PT Gramedia pustaka utama.

Heizer dan Render. 2009. Manajemen Operasi. Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat.

Hendra, Franka, Dkk. 2018. Pengendalian Kualitas Dengan Metode Failure Mode Effect And Analysis (FMEA) Dan Pendekatan Kaizen untuk Mengurangi Jumlah Kecacatan dan Penyebabnya. Jurnal Mesin Teknologi. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Pamulung. Vol. 12 No. 1. 1 Juni 2018.

Khasanah, Kojoba, Mawadati, “Lean Six Sigma Untuk Minimasi Pemborosan Pada Proses Penyamakan Kulit Domba”. Jurnal Sains dan Teknologi., Vol. 1, No. 3, Juni 22, doi:10.55123/insologi.vli3.382.

Kurniawan, Albertus Reynaldo, Bayu Prestianto. 2020. “Perencanaan Pengendalian Kualitas Produk Pakaian Bayi Dengan Metode Six Sigma Pada CV. AGP”. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, dan Perpajakan Vol.3 No.1.

Lestari, Sri. 2019. Pengendalian Kualitas Produk Compound At-807 Diplant Mixing Center Dengan Metode Six Sigma Pada Perusahaan Ban Di Jawa Barat. Jurnal Industri Servicess. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. Vol. 5 No. 1 Oktober 2019.

Nasution, Syarifuddin. 2018. Perbaikan Kualitas Proses Produksi Karton Box Dengan Menggunakan Metode DMAIC Dan Fuzzy FMEA. Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma. Vol. 20 No. 2 Juli 2018.

Novianti, Endri, Dkk. 2018. Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Manajemen. Fakultas Manajemen Universitas Satya Negara. Vol. 8 No. 1 Februari 2018.

Suliantoro, Heri, Dkk. 2019. Pengendalian Kualitas Dengan Metode Failure Mode Effect And Analysis

(FMEA) Dan Pendekatan Kaizen untuk Mengurangi Jumlah Kecacatan dan Penyebabnya. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2019. Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jawa Barat. 16 Oktober 2019.

Suci, Yurin Febria, Dkk. 2017. Penggunaan Metode Seven New Quality Tools dan Metode DMAIC Six Sigma Pada Penerapan Pengendalian Kualitas Produk (Studi Kasus : Roti Durian Panglima Produksi PT. Panglima Roqiiqu Group Samarinda). Samarinda: Universitas Mulawarman. Vol 8 No. 1.

Suherman, Adek, Dkk. 2019. Pengendalian Kualitas Dengan Metode Failure Mode Effect And Analysis (FMEA) Dan Pendekatan Kaizen untuk Mengurangi Jumlah Kecacatan dan Penyebabnya. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2019. Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jawa Barat. 16 Oktober 2019.

Susilo, Heri, Dkk. 2019. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening Di Hotel Amanda Hills Bandungan. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Pandanaran Semarang, Jawa Tengah.

Trimarjoko, Aris, Dimas Mukhlis Hidayat Fathurohman, Suwandi Suwandi. 2020. “Metode Value Stream Mapping dan Six Sigma untuk Perbaikan Kualitas Layanan Industri di Automotive Services Indonesia”. Indonesian Journal of Industrial Engineering & Management, Vol 1 No 2, 91-104.

Wibowo Joko Tri dan Nugraheni Djamal, 2016. Strategi Peningkatan Kualitas Leather Dengan Metode Lean Six Sigma Dan Fuzzy Fmea (Studi Kasus Di Sumber Rejeki). Jurnal Teknologi Industri Pertanian. Universitas Brawijaya. Vol. 19 No. 3. Desember 2018

Posted

2023-08-28