Implementation of the 5E Cycle Learning Model on Science Process Skills in Science Class V Elementary School Muhammadiyah 8 Tulangan
Implementasi Model Pembelajaran Siklus 5E terhadap Keterampilan Proses Sains dalam Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah 8 Tulangan
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.2633Keywords:
Science, KPS, Learning Cycle 5EAbstract
The purpose of this study was to determine the existence of an increase in learning through the 5E Cycle model on Science Process Skills in Science Subjects of grade V SD Muhammadiyah 8 Tulangan. The type of research used is pre-experimental quantitative research with a one-group pretest posttest design.The research sample taken was one class of fifth grade students of SD Muhammadiyah 8 Tulangan which amounted to 28 students. Based on the results of the normalized gain score shows the average pretest results before treatment value of 43.04 and the average posttest results after treatment to 72.21. Thus, with the implementation of the 5E cycle learning model on students' KPS in science subjects, there was an increase in the average value of 115.25 with an N-Gain score of 1.52.
Downloads
References
I. Damayanti, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Sekolah dasar,” 2014.
S. Hendrayana, “Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa Melalui Model Sains Teknologi Masyarakat Pada Konsep Sumber Daya Alam,” 2017.
D. Astriani and N. Nisa’ul Istiqomah, “Model Pembelajaran Learning Cycle 5E: Mengaktifkan Siswa Pada Materi Suhu Dan Perubahannya, ” 2016, 2016, [Online]. Available: http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppipa
Santi Ari Dewi, “peningkatan KPS tema 2,” 2020.
M. R. H. Marudut, I. G. Bachtiar, K. Kadir, and V. Iasha, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 3, pp. 577–585, May 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i3.401.
N. Aziz Rahmat Putra and W. Suana, “Pengaruh Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Terhadap Pemahaman Konsep IPA.”
Candra Puspita Rini. 2017. “Pengaruh Pendekatan Sets (Science, Environme, Technology, and Society Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar.”.
Syahwal Fitriani, “Penerapan Keterampilan Proses Sains (KPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar,” 2016.
Y. Yuliati, “Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah,” Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 2, no. 2, 2016, [Online]. Available: http://timssandpirls.bc.edu/data-release-
I. Rifatul Mahmudah, Y. S. Makiyah, and D. Sulistyaningsih, “Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMA di Kota Bandung,” 2019.
I. Komang, W. B. Wijaya, W. Suastra, and W. Muderawan, “Pengaruh Model Pembelajaran Genertif Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Keterampilan Proses Sains,” 2014.
Y. Nanda, R. Putra Sartika, and L. Hadi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan Pontianak, “Penerapan Model Siklus 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Asam Basa,” 2017.
M. Hasyim et al., “Penerapan Fungsi Guru Dalam Proses Pembelajaran,” 2014.
Y. Rahmah, M. Nasir, and N. Azmin, “Penerapan Model Pembelajaran 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bima Penerapan Model Pembelajaran 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII Smp Negri 6 Kota Bima,” 2019.
Dara Ika Sari, “Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Teknologi Dan Komunikasi (TIK) Kelas VIII (Studi Kasus : smpn 7 Salatiga),” 2014.
Nugraheni Sofian Latif, “pengaruh model pembelaran siklus 5E,” skripsi, 2012.
Ranita et, all. “Pengaruh Model Pembelajaran Cycle Learning 5E Terhadap Keterampilan Sains Peserta Didik Sekolah Dasar,” 2021.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. 2018.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.