The Relationship Between Peer Attachment and Psychological Well-Being in Class Vii & Viii Students at Mts Nu Candi Post Pandemi Covid-19
Hubungan Antara Kelekatan Teman Sebaya Dengan Kesejahteraan Psikologi Pada Siswa Kelas Vii & Viii di Mts Nu Candi Pasca Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.263Keywords:
Junior High School, Peer Attachment, Psychological Well-BeingAbstract
This study aims to examine the relationship between peer attachment and psychological well-being in students at MTS NU Candi after the Covid-19 pandemic. This study used class VII & VIII students as research respondents. The variables in this study are peer attachment and psychological well-being. Data analysis uses product moment correlation assisted by SPSS 26. The results of data analysis describe an R Square of 0.125, so it can be concluded that there is an influence between peer attachment to psychological well-being of 12.5%.
From the results of the hypothesis testing it was found that the correlation coefficient showed the result rxy = 0.354 with peer attachment having a Sig value. 0.000, while the psychological well-being value is Sig. 0.000. This shows that there is a positive relationship between peer attachment and psychological well-being.
Downloads
References
M. Siahaan et al., “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan,” 2020. [Online]. Available: http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI
R. E. Pratama and S. Mulyati, “Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19,” Gagasan Pendidikan Indonesia, vol. 1, no. 2, p. 49, Dec. 2020, doi: 10.30870/gpi.v1i2.9405.
Z. Nur, “Efektivitas Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 Di MTs Negeri 1 Makasar,” 2022.
D. Sulngamta et al., “Dampak Sistem Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19 Terhadap Implementasi Proses Belajar Mengajar Di SMA Pencawan Medan,” 2022.
W. Indra Lesmana and M. Santi Budiani, “Hubungan antara Harga Diri dan Tingkat Stres dengan Psychological Well Being Pada Remaja Di Panti Asuhan Muhammadiyah Wiyung Dan Karangpilang Surabaya,” 2013.
S. Hardjo, S. Aisyah, and S. I. Mayasari, “Bagaimana Psychological well being Pada Remaja ? Sebuah Analisis Berkaitan Dengan Faktor Meaning In Life,” Jurnal Diversita, vol. 6, no. 1, pp. 63–76, Jun. 2020, doi: 10.31289/diversita.v6i1.2894.
C. Dirna Armanda, M. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, and B. Keilmuan Keperawatan Keluarga Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, “Psychological Well-Being Pada Remaja Laki-Laki Di Sekolah Menengah Atas,” 2018.
E. Primada and A. Fadhillah, “Hubungan Antara Psychological Well-Being Dan Happiness Pada Remaja Di Pondok Pesantren,” 2016.
B. Essa, U. Munthe, S. Maslihah, and D. S. Chotidjah, “Hubungan Spiritualitas Dan Psychological Well-Being Pada Anak Didik Pemasyarakatan Di Lembaga Pemasyarakatan Anak Pria Kelas IIA Tangerang,” 2017.
A. Prabowo, “Gratitude Dan Psychological Well Being Pada Remaja,” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, vol. 5, no. 2, 2017.
T. Septiana Putri Resnia Novitasari, “The Relationship Between Peer Attachment And Psychological Well-Being Of University Students,” 2017.
S. Noviana and H. Sakti, “Hubungan Antara Peer Attachment Dengan Penerimaan Diri Pada Siswa-Siswi Akselerasi,” 2015.
A. Eka Septiningwulan and D. Kusuma Dewi, “Hubungan Antara Peer Attachment Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Baru Psikologi Unesa Selama Masa Pandemi,” 2021.
F. Mahmudi, M. D. Mayangsari, and D. N. Rachmah, “Hubungan Peer Attachment Dengan Self Regulated Learning Pada Siswa Boarding School,” 2015.
P. Swasti Rasmita Rukmi and U. Sunan Kalijaga, “Perilaku Cyberbullying Siswa Ditinjau Dari Kualitas Kelekatan Teman Sebaya Dan Kontrol Diri,” Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, vol. 9, p. 68, 2020, doi: 10.21009/JPPP.
Rusydina, “Hubungan Kesepian dan Dorongan Mencari Sensasi Dengan Kenakalan Remaja,” Psikoborneo, vol. 6, no. 4, pp. 482–492, 2018.
P. Azora, “Analisis Quick Count Dengan Menggunakan Metode Stratified Random Sampling Studi Kasus Pemilu Gubernur Kalimantan Barat 2018,” 2021.
S. E. Fitria and V. F. Ariva, “Analisis Faktor Kondisi Ekonomi, Tingkat Pendidikan dan Kemampuan Berwirausaha Terhadap Kinerja Usaha Bagi Pengusaha Pindang di Desa Cukanggenteng,” Jurnal Managemen Indonesia, vol. 18, no. 3, pp. 197–208, 2018.
N. D. Kustanto and R. N. Khoirunnisa, “Hubungan Antara Peer Attachment Dengan Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir,” 2022.
W. Fitriani and D. Hastuti, “Pengaruh Kelekatan Remaja Dengan Ibu, Ayah, Dan Teman Sebaya Terhadap Kenakalan Remaja Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandung,” 2016.
D. Z. Siti Istiqomah, “Hubungan Antara Mindfullness Dan Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Baru Yang Tinggal Di Pondok Pesantren X,Y, Dan Z,” Semarang.
A. Mufidha and J. Psikologi, “Acta Psychologia Dukungan Sosial Teman Sebaya Sebagai Prediktor Psychological Well-Being pada Remaja,” 2019. [Online]. Available: http://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.