Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Influence of Company Performance on Firm Value Using Key Performance Indicator (KPI) Measuring Instruments at Bank BRI Wonoayu Unit


Pengaruh Kinerja Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Menggunakan Alat Ukur Key Performance Indicator (KPI) pada Bank BRI Unit Wonoayu

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.2590

Keywords:

company performance, company value, inflation, key performance indicator (KPI)

Abstract

Company performance is the overall appearance of the company which involves all activities in it and is measured in a certain period. This study aims to determine whether company performance has an influence on firm value. So this research is also useful for companies to find out what things need to be maintained or improved within the company. The data analysis technique used in this study is simple regression analysis with the help of SPSS Version 26 as well as company performance measurement indicators using 12 KPI indicators. The results of this study indicate that company performance has a significant positive effect on firm value. Besides that, the BRI Unit Wonoayu Bank company managed to get a score of 84% out of 100% for company performance.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. Pujarini, “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan,” J. Account. Manag. Innov., vol. 4, no. 1, pp. 1–15, 2020.

Y. R. T. Hutagaol, R. P. P. Sinurat, and S. M. Shalahuddin, “Strategi Penguatan Keuangan Negara Dalam Menghadapi Ancaman Resesi Global 2023 Melalui Green Economy,” J. Pajak dan Keuang. Negara, vol. 4, no. 1S, pp. 378–385, 2022.

D. Mariani, P. Utara, and K. Lama, “PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA SOSIAL DAN KINERJA LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATOR,” vol. 7, no. 1, pp. 59–78, 2018.

W. W. Arum, “Implementasi dan implikasi Key Performance Indicator (KPI) pada kinerja BRI Syariah KCP Mojokerto Majapahit,” Repostiry UIN Surabaya, 2018.

D. H. Wiratno and R. H. Yustrianthe, “Price earning ratio, ukuran dan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Indonesia,” Fair Value J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 4, no. 12, pp. 5587–5595, 2022,

A. R. D. Prasetyo, “Pengaruh Struktur Modal, Kepemilikan Manajerial, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi,” 2020.

Lucky Retno Sari, “Pengaruh Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Property dan eal Estate,” vol. 21, no. 1, pp. 1–54, 2020.

N. Nasution, F. Faruqi, and S. Rahayu, “Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia Tahun 2015-2018,” J. STEI Ekon., vol. 28, no. 01, pp. 153–171, 2019.

W. A. S. Rini, “Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institutional, Dewan Komisaris, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan,” 2017.

I. K. D. A. Putra and N. G. P. Wirawati, “I Komang Dedy Adnyana Putra Pengaruh Kepemilikan Manajerial Terhadap Hubungan Antara Kinerja Dengan Nilai Perusahaan dengan Kinerja perusahaan sebagai Variabel Intervening,” E-Jurnal Akunt., vol. 5, no. 3, pp. 639–651, 2018.

Y. Zamrodah, “Pengaruh Key Performance Indicators Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Peralatan Rumah Tangga,” vol. 2, no. 8, pp. 1–8, 2022.

W. Mandasari, “Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Peningkatan Produktifitas Pada Pt. Perkebunan Nusantara XIV (Pabrik Gula Camming),” Skripsi Progr. Stud. Manaj. Fak. Ekon. Dan Bisnis Univ. Muhammadiyah Makassar Makassar, 2022.

N. Ll. W. S. Telagawathi and N. N. Yulianthini, “Kepuasan Pelanggan Terhadap Citra Perusahaan Dan Switching Barrier Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Industri Jasa Asuransi Di Bali,” Bisma J. Manaj., vol. 6, no. 1, p. 59, 2020.

L. Maritseda and J. Tarigan, “Variabel Intervening Pada Berbagai Sektor Perusahaan Di Indonesia,” Pengaruh Kepuasan Pelangg. Terhadap Kinerja Keuang. Melalui Loyal. Pelangg. Sebagai Var. Interv. Pada Berbagai Sekt. Perusah. Di Indones., p. 15, 2020.

M. Ndruru, P. B. Silaban, J. Sihaloho, K. M. Manurung, and T. T. U. Sipahutar, “Pengaruh likuiditas, Leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur tahun 2015-2017,” J. Ilm. MEA (Manajemen, Ekon. dan Akunt., vol. 4, no. 3, pp. 2621–5306, 2020.

D. S. Yulientinah and D. Oktariani, “Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan Alat Ukur Key Performance Indicators Pada Kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Cimahi,” L. J., vol. 3, no. 2, pp. 35–46, 2022.

T. Nur laila, Y. Dian Putra, and S. Aisah, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Herbalife di Healthy Glow Skin,” J. Ilm. Ekon. Glob. Masa Kini, vol. 13, no. 2, pp. 97–101, 2022.

M. Galib and M. Hidayat, “Analysis of Company Performance Using the Balanced Scorecard Approach in Bosowa Propertindo.,” Seiko J. Manag. Bus., vol. 2, no. 1, pp. 92–112, 2018.

Suparlan, “Analisis Pengaruh Kepemilikan Institusional Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Proporsi Dewan Komisaris Independen Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa,” J. Akunt. dan Keuang. Syariah - ALIANSI, vol. 2, no. 1, pp. 57–74, 2019.

S. H. Sahir, Metodologi Penelitian. 2022.

A. R. Trianjaya, “Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (BSC) dan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP),” vol. 3, no. 2, 2017.

A. Supriadi, A. Rustandi, D. H. L. Komarlina, and G. T. Ardiani, Analytical Hierarchy Process (AHP). 2018.

M. S. Marhawati et al., “Statistika Terapan,” pp. 1–237, 2022.

R. Pratiwi, “Analisis Pengaruh Kepercayaan Pelanggan, Lokasi, dan promosi terhadap Kepuasan pelanggan,” pp. 27–39, 2021.

A. Sahira and S. Biduri, “Faktor – Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Pencegahan Kecurangan Dalam Pengelolaan Dana Desa,” pp. 1–14.

S. S. Mukrimaa et al., Analisis Regresi, vol. 6, no. August. 2018.

K. Josephine, E. Trisnawati, and H. T. Setijaningsih, “Pengaruh Modal Intelektual Dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kinerja Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Lq45 Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017),” J. Muara Ilmu Ekon. dan Bisnis, vol. 3, no. 1, p. 59, 2019.

R. Raharjanti and N. Setyowati, “Pengaruh Struktur Kepemilikan Dan Struktur Modal Terhadap Harga Saham,” J. Akunt. Dan Audit., vol. 14, no. 2, p. 89, 2018.

S. Santoso and E. S. Dermawan, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan.... Jurnal Multiparadigma Akuntansi, Volume III No. 2/2021 Edisi April Hal: 853-861 853,” vol. III, no. 2, pp. 853–861, 2021.

Z. F. Doto, Ikatrinasari, “Perancangan Penilaian Kinerja Berdasarkan Kompetensi dan keyperformance indicator (KPI) pada PT. KMI__,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. August, p. 128, 2018.

V. Agustianna, S. Juhara, and M. Rahayu, “Desain Key Performance Indicator Perusahaan Menggunakan Balanced Scorecard Di PT. XYZ,” JIMTEK J. Ilm. Fak. Tek., vol. 1, no. 2, p. 162, 2020.

D. Parmenter, Key Performance Indicators, vol. I, no. 02. 2007.

Posted

2023-08-22