Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Effectiveness of Population Administrastion Services in Menanggal Village, Mojosari Sub District, Mojokerto District


Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Menanggal Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.2495

Keywords:

Effectiveness, Public Service, Population Administration

Abstract

The aim of this research is to find out and analyze the effectiveness of the administrative services of the population in the village of Menanggal, Mojosari district of Mojokerto by using descriptive qualitative methods with an approach through observations and interviews as well as using primary and secondary data types. In this study, the author used purposive sampling techniques. The theory used in this study is the theory of effectiveness.There are three indicators in this theory: goal achievement, integration and adaptation.On the first indicator is the achievement of a goal, the author finds that achieving a goal is done gradually.The second indicator is integration, the Government of the village to eliminate the Mojosari district of Mojokerto has once done socialization to the villagers to regain, even though the burning is done once.The third indicator is adaptation, both the resources of means and supplies have not met the necessary needs.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nopiasari and B. Setiawati, “EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA KANTOR DESA BANGKIRAYEN KECAMATAN AWANG KABUPATEN BARITO TIMUR,” vol. 4, no. 2, pp. 1801–1814, 2021.

N. Handayani, D. R. Nurmayanti, and R. Nugroho, “Jurnal kebijakan pemerintahan,” J. Kebijak. Pemerintah., vol. 4, no. 1, pp. 32–40, 2021.

P. R. Indonesia, UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 24 TAHUN 2013 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2006 TENTANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN. 2013.

A. R. SARI, “EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KELURAHAN BUNUT KABUPATEN SANGGAU,” CENDEKIA J. Ilmu Pengetah., vol. 2, no. 1, pp. 65–75, 2022.

L. I. Harany, S. Muchsin, and A. Z. Abidin, “IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DINOYO (Sakdino) (Studi Pada Kantor Kelurahan Dinoyo di Kota Malang),” J. Respon Publik, vol. 13, no. 5, pp. 95–100, 2019.

R. Yunita, “STUDI TENTANG PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA BUKIT MAKMUR KECAMATAN KALIORANG KABUPATEN KUTAI TIMUR,” PeJournal Pemerintah. Integr., vol. 5, no. 3, pp. 378–389, 2017.

B. MOI, “EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL DI DESA BUMIAJI KOTA BATU,” 2022.

M. P. A. N. D. R. B. R. Indonesia, PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT UNIT PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK. 2017.

F. Agustina, “EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG,” eJournal Ilmu Pemerintah., vol. 4, no. 4, pp. 1–7, 2016.

L. R. Sari and I. N. M. Suryana, “Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jembrana,” SINTESA J. Ilmu Sos. dan Ilmu Polit., vol. 10, no. 2, pp. 83–89, 2019.

M. F. Mustofa, “EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DALAM MENINGKATKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK (Studi Pelayanan KK, KTP/E-KTP dan Akta Kelahiran di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang),” 2020.

F. Rahmasari, “EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI TELEGRAM DI KOTA BUKITTINGGI”.

A. R. A. Koli and F. Firdausi, “EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG KEPENDUDUKAN BERBASIS ELEKTRONIK DI DINAS KEPENDUDU,” JISIP J. Ilmu Sos. dan IlmuPolitik, vol. 8, no. 4, pp. 200–205, 2019.

N. A. N. PRATAMA, “EFEKTIVITAS INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BATU (Studi Inovasi Mobil Senyum, PKK Penak, dan 3 In 1),” 2020.

S. F. Syah, “EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI MASYARAKAT DESA DAN KELURAHAN (PADMA) DALAM PERWUJUDAN GOOD GOVERNANCE (STUDI DI DESA SAMBIREJO KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN),” 2018.

K. BARIA, “EFEKTIVITAS PELAYANAN KARTU MACCA DI KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG,” 2019.

D. A. Damayanti, N. Y. Yuningsih, and I. Akbar, “EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI MASA PERALIHAN LAYANAN TAHUN 2021 DI KOTA BANDUNG,” J. Adm. Pemerintah. (JANITRA, vol. 2, pp. 323–337, 2022.

P. D. P. Wijaya, “EFEKTIVITAS SIMPEG ONLINE (SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN) DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA MALANG,” 2019.

Jaya, “ANALYSIS OF DEIXIS IN BUGINESE LANGUAGE OF SEGERI DIALECT: STORY OF LA PESOK SIBAWA LA BUTA,” TOLIS Ilm. J. Penelit., vol. 1, no. 2, pp. 124–129, 2019.

C. N. Sari, M. Heriyanto, and Z. Rusli, “EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS RUKUN WARGA,” J. Ilmu Adm. Negara, vol. 15, no. 1, pp. 135–141, 2018.

H. HERMAWAN, “EFEKTIVITAS PENARIKAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN OLEH PERANGKAT DESA DI DESA PANGANDARAN KECAMATAN PENGANDARAN KABUPATEN PANGANDARAN,” pp. 150–167.

D. R. Setyowati, Anton, and U. Radiyah, “Implementasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa Kalimanah Wetan Purbalingga Berbasis Online,” Informatics J., vol. 4, no. 1, pp. 10–17, 2019.

W. Japami, “EFEKTIVITAS PELAYANAN KELILING ONLINE PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TANAH DATAR,” Jmiap (jurnal ilmu Adm. publik), vol. 2, no. 1, pp. 75–85, 2019.

Posted

2023-08-23