Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

The Effect of Audio Visual Advertisements on Listening and Speaking Skills of Elementary School Students


Pengaruh Iklan Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.2432

Keywords:

Audio Visual Advertising, Listening Skills, Speaking Skills, Elementary School

Abstract

The purpose of this study was to analyze the effect of audio-visual advertising on the listening and speaking skills of elementary school students. The approach used is a quantitative correlation approach through data analysis using a simple correlation test and regression test. The sample for this study was 22 fifth grade students at Banjarsari Public Elementary School, Sidoarjo Regency. The results of this research data prove, 1) There is a significant influence between audio-visual advertising on students' listening skills having a relationship of 18,9% while the other 81,1% is influenced by other variables that are not observed. 2) Audio-visual advertising on students' speaking skills has an effect of 25,8% while 74,2% and the rest is caused by other variables that are not observed. 3) The relationship between audio-visual advertising on students' listening and speaking skills has an effect of 27,8% and the other 72,2% is influenced by other factors.

Downloads

Download data is not yet available.

References

K. Saddhono dan S. Y. Slamet, Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Bandung: Karya Putra Darwati, 2012.

I. Haryemi, W. A. Fitriyah, dan C. D. Sumadi, “Analisis Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara Siswa di SDN Telang 2,” J. Ilm. Dan Karya Mhs., vol. 1, no. 3, 2023, doi: 10.54066/jikma.v1i3.344.

N. Endah, A. Muharam, dan E. Hidayat, “Analisis Penerapan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menyimak Siswa dalam Menentukan Unsur Intrinsik Cerita,” Renjana Pendidik. 1 Pros. Semin. Nas. Pendidik. Dasar PGSD, hal. 922–929, 2021.

R. Astuti, Buku Ajar Bahasa Indonesia MI/SD: Teori Sastra dan Linguistik. UMSIDA Press, 2017. doi: 10.21070/2017/978-979-3401-69-0.

S. Nuryanto, A. Z. Abidin, U. Setijowati, dan N. S. SB., “Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa PGSD dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Berbasis Konservasi Nilai-Nilai Karakter melalui Penerapan Metode Task Based Activity dengan Media Audio Visual,” J. Penelit. Pendidik., vol. 35, no. 1, hal. 83–94, 2018, doi: 10.15294/jpp.v35i1.15095.

H. H. Sukma, S. T. Martaningsih, dan A. A. Purnomo, “Analisis Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas II SD Negeri 09 Batur Banjarnegara,” J. Fundadikdas (Fundamental Pendidik. Dasar), vol. 6, no. 1, hal. 27–36, 2023.

H. G. Tarigan, Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa, 2015.

W. B. Aditama, N. Widiani, S. Zohdi, dan A. Mukarromah, “Implementasi Strategi Active Learning dengan Metode Reading Aloud dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa SD,” J. Sci. Educ. Res., vol. 1, no. 1, 2022.

H. G. Tarigan, Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2008.

K. D. Padmawati, N. W. Arini, dan K. Yudiana, “Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,” J. Lesson Learn. Stud., vol. 2, no. 2, hal. 190–200, 2019, doi: 10.23887/jlls.v2i2.18626.

R. Pratiwi dan Zulfadewina, “Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Animaker Terhadap Hasil Belajar Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar,” J. Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 4, hal. 1247–1255, 2022, doi: 10.31949/jcp.v8i4.3069.

K. Perayani dan I. W. Rasna, “Pembelajaran Keterampilan Menyimak dengan Menggunakan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL),” J. Pendidik. dan Pembelajaran Bhs. Indones., vol. 11, no. 1, hal. 108–117, 2022, doi: 10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.741.

M. A. Sari, D. Hambali, dan Resnani, “Pengaruh Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Kelas V SD Negeri 68 Kota Bengkulu,” J. Ris. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 3, hal. 186–193, 2019, doi: 10.33369/juridikdas.2.3.186-193.

D. Aidilafitri dkk., “Pelatihan Menyimak Cerita melalui Media Audio Visual pada Siswa Kelas 3 SDN 3 Nagri Tengah,” Lentera Karya Edukasi J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, hal. 93–99, 2021, doi: 10.21070/2021/978-623-6292-33-4.

Y. Abidin, Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama, 2013.

N. S. Wulan, W. Mustikaati, E. Azizah, dan ..., “Pelatihan Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menyimak Cerita bagi Siswa Sekolah Dasar di Purwakarta,” Indones. J. Community Serv. Eng. Educ., vol. 2, no. 1, hal. 65–70, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/article/view/34270%0Ahttps://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/article/download/34270/19317

A. Arianto, “Penerapan Model Pembelajaran Terpadu untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas IX-2 SMPN 17 Kendari,” Al-Izzah J. Hasil-Hasil Penelit., vol. 13, no. 1, hal. 48, 2018, doi: 10.31332/ai.v13i1.879.

Y. A. Sidabutar dan L. M. E. Manihuruk, “Keefektifan Media Audio-Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, hal. 1923–1928, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2385.

Sapriyah, “Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. FKIP UNTIRTA, vol. 2, no. 1, hal. 45–56, 2019, doi: 10.35446/diklatreview.v3i1.349.

A. A. I. K. Dewi, “Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual,” J. Mimb. Ilmu, vol. 25, no. 3, hal. 449–459, 2020, doi: 10.23887/mi.v25i3.26388.

D. C. Sari, “Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Arab Bagi Siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung,” 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/14696/

D. Angreiny, M. Muhiddin, dan N. Nurlina, “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Bontoramba,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 4, no. 1, hal. 42–49, 2020, doi: 10.33487/edumaspul.v4i1.199.

L. Wardani, “Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya dan Keterampilan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo,” Indones. J. Basic Educ., vol. 2, no. 1, hal. 1–4, 2019, doi: 10.31004/basicedu.v1i1.11.

Z. Fauziyyah, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas III SDN Merjosari 2 Malang,” vol. 2, no. 1, hal. 1–19, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

M. B. U. B. Arifin dan Nurdyansyah, Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA Press, 2018. doi: 10.21070/2018/978-602-5914-19-5.

M. B. U. B. Arifin dan A. Aunillah, Buku Ajar Statistik Pendidikan. UMSIDA Press, 2021. doi: 10.21070/2021/978-623-6292-33-4.

H. H. Sukma dan M. F. Saifudin, Keterampilan Menyimak dan Berbicara: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit K-Media, 2021.

S. Aryani, R. Rodiyana, dan Mahpudin, “Media Audio Visual Untuk Keterampilan Menyimak Siswa,” Semin. Nas. Pendidikan, FKIP UNMA 2021, hal. 266–270, 2021.

R. K. Simarmata, “Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas V di SD,” J. Ilm. Aquinas, vol. 4, no. 2, hal. 230–239, 2021, doi: 10.54367/aquinas.v4i2.1242.

S. V. Susilo, “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar,” J. Cakrawala Pendas, vol. 6, no. 2, hal. 108–115, 2020, doi: 10.31949/jcp.v6i2.2100.

Posted

2023-08-23