The The Influence of the School Environment and Reading Interest on the Reading Skills of Class III Students at SDN Kedungsolo in the Indonesian Language Subject
Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Minat Membaca terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III SDN Kedungsolo pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.2417Keywords:
Reading Skills, School Environment, Interest in ReadingAbstract
Reading is one of the fundamental activities, especially in Indonesian language subjects. The researcher intends to find out how the influence of the school environment and reading interest on the reading skills of class III students at SDN Kedungsolo in the Indonesian language subject. The population chosen was class III, totaling 28 students and samples were taken using saturated sampling technique. The instruments used were questionnaires and test/assessments. Data analysis used multiple linear regression analysis which previously carried out validity & reliability tests, as well as classical assumption tests. The results of this study indicate that there is a significant influence of the school environment on students' reading skills, a significant effect of interest in reading on students' reading skills, and there is a significant influence of the school environment and interest in reading on students' reading skills. The value of the coefficient of determination is known to be 22.9%.
Downloads
References
Kementerian Agama RI. 2018. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya: Halim Publishing & Distributing.
Wahyuni. 2020 “Urgensi Belajar dalam Perspektif Islam (Kajian Tafsir Qur’an Surat Al-Mujadalah Ayat 11),” Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Rahim. F. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Marsih. T. & Sunarti. 2021 “Pengaruh Sarana Belajar, Lingkungan Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap Prestasi Belajar IPS,” Jurnal Sosialita, Program Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta, vol. 15, no. 1.
Alex & Achmad. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.
Harjasujana. A. S. 1997. Tata Bahasa dalam Membaca: Pengaruh Panjang Kalimat dan Kompleksan Kalimat terhadap Kecepatan Efektif Membaca. Makalah, Disajikan pada Temu Ilmiah Ilmu-Ilmu Sasdtra PPs Unpad di Hotel Panghegar.
Catarina. 2011. “Pengembangan Pembelajaran Keterampilan Membaca Melalui Penerapan Teknik Tari Bambu,” Jurnal llmiah Guru “COPE”, no. 12.
Thoha. C. 1996. Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mustafa. F. 2005. Agar Anak Anda Gemar Membaca. Bandung. Bandung: Hikmah.
Harjasujana dan Mulyati. 1995. Membaca dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Shaleh. A. R. & Wahab. M. A. 2004. Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Hakim. R. 2013. Prinsip Dasar Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmawati. 2020. “Komunitas Baca Rumah Luwu sebagai Inovasi Sosial untuk Meningkatkan Minat Baca di Kabupaten Luwu,” DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, vol. 4, no. 2.
Wulandari. M. 2014. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar untuk Anak Kelompok B di TK Arjuna Dayu Gadingsari Sanden Bantul,” Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Bungin. B. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Format-format Kualitatif dan Kuantitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen dan pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan RnD, Cetakan Ke-27. Bandung: Alfabeta.
Pranatawijaya. V. H. W, Widiatry, Priskila. R. & Putra. P. B. A. A. 2019. “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” JSI, vol. 5, no. 2, hlm. 128–137.
Thalib. S. B. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.
Safari. 2002. Pengujian dan Penilaian Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: PT Kartanegara.
Arikunto. S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
“Hasil Olahan Data.” IBM SPSS Statistics 25, 2023.
Al Adawiyah. A. 2017. “Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Minat Baca terhadap keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas VB di MIN Paju Ponorogo,” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Enteding. A. 2019. “Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Minat Baca Peserta Didik di SMP Negeri 4 Batui Kabupaten Banggai,” Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 1.
Ricko. F. P, Irma. S. dan Larlen. 2022. “Pengaruh Minat Baca terhadap Kemampuan Membaca Teks Fabel pada Siswa Kelas VII SMPN 30 Muaro Jambi,” Lintang Aksara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Jambi, vol. 1, no. 1.
Azhad. Moch. S, Ysh. A. Y. S. & Listyarini. I. 2022. “Pengaruh Minat Baca terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV SD Negeri Padaran Kecamatan Rembang,” Jurnal Wawasan Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, vol. 2, no. 2,
Tarigan. H. G, Saifullah. A. R. & Harnas K. A. 1990. Membaca dalam Kehidupan. Bandung: Angkasa.
Sari. C. P. 2018. “Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV,” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 32 Tahun ke-7, Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.