DOI of the published article https://doi.org/10.37606/publik.v9i4.440
The Quality of Public Services in Entalsewu Village Government, Buduran District, Sidoarjo Regency
Kualitas Pelayanan Publik di Pemerintah Desa Entalsewu Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.239Keywords:
quality, Public Service, Village GovernanceAbstract
Abstract. The purpose of the study was to analyze and describe the quality of public services in the Entalsewu Village Government, Buduran District, Sidoarjo Regency. The research method was carried out qualitatively with a case study approach. Collecting data by interview, observation and documentation. Data processing with reduction, data presentation and conclusion drawing. The validity of the data with credibility test through triangulation of sources and techniques. The results showed: (1) the ability of human resources: first, skilled in compiling and storing public service files. Second, have a good knowledge of filing and administering services. Third, have a disciplined attitude to work, friendly and fair in service. (2) the facilities and infrastructure used: computers, handtrees,, waiting rooms. (3) service procedures: starting from the head of the neighborhood unit or residents, continued at the village office and other government offices (4) types of public services, namely the management of police records
Downloads
References
Marliani, L. Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(4), 2018, 17–21. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/1743/1407
Rukayat, Y. Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 2017, 2,
Albari.. Pengaruh Dimensi Keadilan Pelayanan Terhadap Minat Berperilaku Ulang. Jurnal Siasat Bisnis, 17(2), 2013, 117–130.
Astutik, M. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jombang. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Perbankan), 2(2), 2016, 121–140. https://doi.org/10.21070/jbmp.v2i2.1098
Bazarah, J., Jubaidi, A., & Hubaib, F. Konsep Pelayanan Publik Di Indonesia (Analisis Literasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia). Dedikasi, 22(2), 2021, 105–122. https://doi.org/10.31293/ddk.v22i2.5860
Fikri, S., Wiyani, W., & Suwandaru, A. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 2016, 120– 134.
Hafizh, M., & Nelisa, M. Sistem Penyimpanan Arsip Di Kantor Camat Koto XI Tarusan Pesisir Selatan. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6(2), 2018, 19– 26
Halim, C. N., & Suryani, T. Pengaruh Keramahan, Kredibilitas Dan Citra Karyawan Terhadap Kedekatan Karyawan Dan Kepuasan Nasabah Produk Tabungan Bank Konvensional Di Surabaya. Journal of Business and Banking, 3(1), 2013, 81–92. https://doi.org/10.14414/jbb.v3i1.256
Haryanto. Dampak Perubahan Status Desa Menjadi Kelurahan Terhadap Pelayanan Publik Di Kelurahan Paringin Kota Kabupaten Balangan. Ilmu Politik Dan Pemerintahan Lokal, I(2), 2012, 137–147.
Hutagalung, G. S. Peningkatan Mutu Pelayanan Publik Dalam Rangka Mewujudkan Good Governance Di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Ptsp). Jurnal JURISTIC, 2(1), 2021, 99–115. http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/JRS/article/view/2141
Irawan, A. Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi Pemerintah Desa Dalam Penyelenggaraan Tugas Pembantuan Dari Pemerintah Kabupaten/Kota Ditinjau Dari Peraturan Perundang- Undangan Di Indonesia. Jurnal Yuridis Unaja, 1(2), 2018, 54–67.
Iswandi, N., Nazifah, N. A., Khotimah, H., Anggraini, M., & Okshi, J. Sistem Manajemen Arsip di MTS Aulia Cendikia Palembang. Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan, 2(2), 2019, 1–10. https://doi.org/10.22146/diplomatika.42038
Khoiron. Pelayanan Publik Dan Keadilan Sosial. PUBLISIA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 2017, 8–14. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Kurniawan, R. C. Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. FIAT JUSTISIA:Jurnal Ilmu Hukum, 10(3), 2016, 569–586. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v10no3.794
Kurniawan, R. C. Tantangan Kualitas Pelayanan Publik pada Pemerintah Daerah. Administratio: Jurnal Ilmiah Administrasi Publik Dan Pembangunan, 7(1), 2016, 15–25.
Maryam, N. S. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, VI(1), 2016, 1–18.
Laila, N., & Mirmani, A. Pelaksanaan Pemberkasan Arsip Di Pusat Administrasi Universitas Indonesia: Studi Kasus Bidang Perencanaan, Keuangan, Dan Fasilitas. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, Dan Kearsipan, 22(2), 2020, 81–89. http://jipk.ui.ac.id/index.php/jipk/article/view/163/46
Mu’alim, I., Djatmiko, A., & Ningrum, E. Penggunaan Dana Desa Di Luar Prioritas Dana Desa (Pembangunan Balai Desa Di Desa Adipasir Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara). Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 2020, 123–132. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl- 20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-
%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884- z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/inde x.php/IJAST/article
Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pedoman Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan di Desa dan Kelurahan
Permatasari, A. Pelaksanaan Pelayanan Publik Yang Berkualitas. DECISION: Jurnal Administrasi Publik, 2(1), 2020, 51–56.
Pratama, A. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Wisata Angkasa Permai. Jurnal Semarak, 3(2), 2020, 1–11. http://library.gpntb.ru/cgi- bin/irbis64r/62/cgiirbis_64.exe?C21COM=S&I21DBN=RSK&P21DBN=RSK&S21FM T=fullwebr&Z21ID=&S21STN=1&S21REF=10&Z21MFN=41368
Rahardian, R., & Zakariya, Z. Kualitas Pelayanan Publik Dalam Memenuhi Kepuasan Masyarakat Di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 3(1), 2017, 584–591. https://doi.org/10.30996/jpap.v3i1.1226
Rezha, F., Rochmah, S., & siswidianto. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Depok). Jurnal Administrasi Publik , 1(5), 2013, 981–990.
Riani, N. K. Strategi Peningkatan Pelayanan Publik. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2021, 2443–2452.
Rianti, S., Rusli, Z., & Yiliani, F. Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 15(3), 2019, 412–419. https://doi.org/10.36917/japabis.v1i1.7
Abdussamad, J. Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Gorontalo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 6(2), 2019, 73–82. https://doi.org/10.37606/publik.v6i2.6.
Hidayah, D. D. Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Cipatujah KabupatenTasikmalaya). Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 2020, 28–34. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/3260
Fahmi, I. N., Alaydrus, A., & Budiman. Studi Tentang Pengelolaan Kearsipan Dalam Menunjang Pelayanan Publik (Perbandingan di Kantor Kelurahan Rawamakmur dan Kantor Kelurahan Teluk Lerong Ulu ). EJournal Ilmu Pemerintahan, 6(4), 1565–1578. ejournal.ipfisip-unmul.ac.id, 2018
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
