Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Augmented Reality Application for Learning Butterfly Metamorphosis


Aplikasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Metamorfosis Kupu-Kupu

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.2293

Keywords:

Augmented Reality, butterfly metamorphosis, application

Abstract

Banyak sekolah dasar (SD) yang masih menggunakan teknik visual (gambar) untuk mengajarkan IPA, terutama pada pembelajaran tranformasi kupu-kupu yang membuat pelajaran IPA kurang menarik bagi anak-anak. anak-anak melihat mata pelajaran ini kurang menarik dan terkesan monoton. menanggapi permasalahan tersebut, peneliti akan mencoba mengajukan aplikasi alat praga praktikum Augmented Reality yang dapat membantu proses belajar mengajar serta mengajak siswa lebih mengenal metamorfosis kupu-kupu secara lebih nyata.. Penelitian ini menggunakan metodologi MDLC, Vuforia Engine dan Unity 3D digunakan dalam pembuatan aplikasi. Proyek ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa sekolah dasar pada metamorfosis kupu-kupu menggunakan media pembelajaran alternatif yang disebut Augmented Reality. Aplikasi ini diuji menggunakan pengujian Black Box. Pengujian aplikasi di antara basis pengguna yang besar, khususnya siswa Sekolah Dasar (SD), menghasilkan jawaban dan persentase yang sangat positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. Ningsih, L. Rusdiana, and Rudini, “Analisis Dan Desain Aplikasi Pembelajaran Metamorfosis Kupu-Kupu Berbasis Augmented Reality,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, pp. 118–123, 2019, doi: 10.31598/sintechjournal.v2i2.390.

P. G. Rahayu, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP LINGKUNGAN SEKITAR SISWA KELAS IV SDN PETOK MOJO IMPROVING POP-UP TEACHING MEDIA OF METAMORPHOSIS OF BUTTERFLY ON CYCLE-LIFE OF ANIMAL MATERIAL IN THE ENVIRONMENT AROUND FOURTH GRADE STUDENTS OF Oleh :,” vol. 01, no. 03, pp. 1–7, 2017.

D. K. Lado and M. Rosanensi, “Media Pembelajaran Pengenalan Metamorfosis Sempurna Dan Tidak Sempurna Menggunakan Augmented Reality,” J. SASAK Desain Vis. dan Komun., vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.30812/sasak.v2i1.752.

F. G. Becker et al., “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” Syria Stud., vol. 7, no. 1, pp. 37–72, 2015, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625

S. Nofiadi, T. Listyorini, and A. Susanto, “AnimasiMetamorfosis Kupu-Kupu,” J. Simetris, vol. 8, no. 1, pp. 299–308, 2017.

T. Darsono, D. Devi, and Y. Yoannita, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Dengan Unity 3D Untuk Proses Metamorfosis Katak,” no. x, 2012, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/35319079.pdf

E. N. Qorimah, W. C. Laksono, and Y. M. Hidayati, “Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality ( AR ) pada Materi Rantai Makanan,” vol. 5, no. 1, pp. 57–63, 2022.

L. Hakim, “Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality,” Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 21, no. 1, pp. 59–72, 2018, doi: 10.24252/lp.2018v21n1i6.

O. P. Y. Meishanti and Z. Roziqo, “AUGMENTED REALITY PADA METAMORFOSIS LEBAH (APIS SP.) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN,” SAINTEKBU, vol. 13, no. 01, pp. 19–27, 2021, doi: 10.32764/saintekbu.v13i01.1077.

I. Bagus and M. Mahendra, “Implementasi Augmented Reality ( Ar ) Menggunakan Unity 3D Dan Vuporia Sdk,” J. Ilm. ILMU Komput. Univ. Udayana, vol. 9, no. 1, pp. 1–5, 2016.

M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 121, 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.139.

I. Y. Sumendap, V. Tulenan, S. Diane, and E. Paturusi, “Pembuatan Animasi 3 Dimensi Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (Studi Kasus : Tarian Dana Dana Daerah Gorontalo),” Pembuatan Animasi 3 Dimens. Menggunakan Metod. Multimed. Dev. Life Cycle (Studi Kasus Tarian Dana Dana Drh. Gorontalo), vol. 14, no. 2, pp. 227–234, 2019.

Mochamad Nasir, B. Surarso, and G. Vincent, “Metode Topsis dan Borda dalam Sistem Pendukung Kelompok Seleksi Personil,” Senapati, pp. 128–133, 2015.

P. Pujianto, M. Mujito, D. Prabowo, and B. H. Prasetyo, “Pemilihan Warga Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan User Acceptance Testing (UAT),” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 5, no. 3, p. 379, 2020, doi: 10.32493/informatika.v5i3.6671.

I. K. Suabdinegara, G. A. Ayu Putri, and I. M. S. Raharja, “Reengineering Proses Bisnis Toko Oleh-Oleh Menggunakan Enterprise Resource Planning Odoo 13 dengan User Acceptance Test sebagai Metode Pengujian Sistem,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 4, p. 1488, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i4.3271.

Posted

2023-08-15