Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Prediction of Factors Affecting Hypertension using Data Mining Method to Improve Healthcare Services at the Ngoro Community Health Center


Prediksi Faktor yang Mempengaruhi Hipertensi dengan Metode Data Mining untuk meningkatkan Pelayanan Kesehatan di UPT Puskesmas Ngoro

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.2268

Keywords:

Hypertension, Data Mining, Prediction

Abstract

Predicting Hypertension Factors at Puskesmas Ngoro, Mojokerto. Hypertension remains a local public health concern. Patients need continual treatment and lifelong management. Predictive strategies are crucial to enhance healthcare. This study employs preliminary research, data collection, problem formulation, data processing, and logistic regression and naïve Bayes algorithms for predictions. The aim is to improve services and medication availability. Results categorize patients and assess risk factors, like age, gender, smoking, alcohol, and BMI. Logistic regression effectively predicts risk factors, including age, gender, smoking, alcohol, and BMI. Conclusion: Over 60 years, female, ideal BMI, non-smoker, non-drinker are Ngoro Puskesmas' hypertension risk factors. Logistic regression aids prediction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

“manajemen kesehatan: teori dan praktik di puskesmas - endang sutisna sulaiman - google books.”

n. M. Wibowo, “strategi pengembangan pelayanan rawat inap puskesmas berbasis service delivery system,”

z. A. Basith dan g. N. Prameswari, “pemanfaatan pelayanan kesehatan di puskesmas,”

“hipertensi pada wanita menopause.pdf.”

“8821.pdf.” Diakses: 24 januari 2023.

“penerapan kompres hangat dan tarik nafas dalam mengatasi nyeri akut pasien hipertensi | abdisoshum: jurnal pengabdian masyarakat bidang sosial dan humaniora.”

y. Mangendai, s. Rompas, dan r. S. Hamel, “faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan berobat pada pasien hipertensi di puskesmas ranotana weru,”

s. Putra, “pengaruh gaya hidup dengan kejadian hipertensi di indonesia (a: systematic review),”

“profil kesehatan 2021 jatim.pdf.”

“1669263516-4409.pdf.”

m. Y. Indriarini, “analisis faktor resiko yang berhubungan dengan kejadian hipertensi di rumah sakit swasta bandung periode januari – desember 2015”.

s. Damanik dan l. N. Sitompul, “hubungan gaya hidup dengan hipertensi pada lansia di klinik tutun sehati tahun 2019,”

r. T. Kuswardhani dan d. Geriatri, “penatalaksanaan hipertensi pada lanjut us1a,” vol. 7, 2006.

k. A. Oktavia, “asuhan keperawatan pada penderita jantung koroner dengan masalah intoleransi aktivitas di desa pohgedang, pasrepan”.

“penerapan data mining dalam pengelompokkan data nilai siswa untuk penentuan jurusan siswa pada sma tamora menggunakan algoritma k-means clustering | syahra | jurnal saintikom (jurnal sains manajemen informatika dan komputer).”

“data mining penjualan produk dengan metode apriori pada indomaret galang kota | syahdan | jurnal nasional komputasi dan teknologi informasi (jnkti).”

“implementasi data mining pada modul analisis data penjualan di finance chikoisme system menggunakan algoritma apriori | jurnal teknologi informasi dan komunikasi.”

“literature review: hubungan pengetahuan dengan kepatuhan lansia hipertensi dalam menjalani pengobatan | fitri | journal of borneo holistic health.”

“implementasi data mining untuk memprediksi penyakit jantung menggunakan metode k-nearest neighbor dan logistic regression | jurnal tekinkom (teknik informasi dan komputer).”

f. R. Suprihati, “analisis klasifikasi sms spam menggunakan logistic regression,”

a. Damuri, u. Riyanto, h. Rusdianto, dan m. Aminudin, “implementasi data mining dengan algoritma naïve bayes untuk klasifikasi kelayakan penerima bantuan sembako,”

p. R. A. Sangging dan m. R. N. Sari, “efektivitas teh daun sirsak (annona muricata linn) terhadap hipertensi,”

v. N. Amalia dan u. Sjarqiah, “gambaran karakteristik hipertensi pada pasien lansia di rumah sakit islam jakarta sukapura tahun 2020,”

d. P. Jingga dan s. Indarjo, “gaya hidup yang mempengaruhi hipertensi pada usia produktif di puskesmas andalas,” 2022.

j. E. Kristantio dan s. Halim, “hubungan indeks massa tubuh dengan tekanan darah pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas tarumanagara 2017,” vol. 1, no. 3, 20

Posted

2023-08-21