Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Effect of Buzz Group Method on Student Learning Activity in Social Studies Class V at SDN Kebakalan Porong


Pengaruh Metode Buzz Group terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN Kebakalan Porong

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.2234

Keywords:

Buzz Group Method, IPS, Student Learning Activeness

Abstract

The buzz group method is one of the methods used in learning to solve problems. The material in social studies subjects is learning that contains topics about the social sciences of society, so it takes learning activeness to solve problems. This study aims to determine the effect of the buzz group method on learning activeness in social studies class V at SDN Kebakalan Porong. This study used a quantitative approach with Pre-Experimental research type with One Group Pretest-Posttest type. The used students totaling 32 people. Data collection techniques in the research conducted using questionnaires and documentation. Data analysis techniques used by researchers using normality tests and T tests using Paired Sample T-Test. Based on the results of the research data obtained, the average value of learning activeness in the pretest showed a result of 67% while the average value of learning activeness in the posttest showed an increase to 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Kamza, Husaini, and I. L. Ayu, “Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 4120–4126, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1347.

H. Bahning, “Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Metode Buzz Group,” IQRO J. Islam. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 187–206, 2019, doi: 10.24256/iqro.v2i2.990.

S. E. Lestari, I. Subarkah, and O. R. Trisnawati, “Implementasi Metode Buzz Group dengan Media Lidi sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Bilangan Cacah Kelas II di MI Ma’arif Kaligowong,” Tarbi J. Ilm. Mhs., vol. 1, no. 55, pp. 297–305, 2022.

Sitaman and Wahyuni, “Implementasi Metode Pembelajaran Buzz Group Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAN 3 Kota Bima,” J. Ilmu Sos. Dan Pendidik., vol. 5, no. 4, pp. 209–222, 2021, doi: 10.36312/jisip.v5i3.2623/http.

A. Sulistyani, S. Sugianto, and M. Mosik, “Metode Diskusi Buzz Group dengan Analisis Gambar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa,” UPEJ Unnes Phys. Educ. J., vol. 5, no. 1, pp. 12–17, 2016, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

I. P. Rahayu, S. Christian Relmasira, and A. T. Asri Hardini, “Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik,” J. Educ. Action Res., vol. 3, no. 3, p. 193, 2019, doi: 10.23887/jear.v3i3.17369.

P. Hollingsworth and G. Lewis, Pembelajaran Aktif : Meningkatkan Keasyikan Kegiatan di Kelas. Jakarta: PT Indeks, 2019.

Sinar, Metode Active Learning, 1st ed. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

N. Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

A. D. Prasetyo and M. Abduh, “Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar,” J. basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7174–7187, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Sulastri, “Metode Buzz Group Disertai Media Lidi upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II Pokok Bahasan Perkalian pada Bilangan Cacah Di SD Negeri Jembayat 02 Semester II,” Dialekt. P.Matematika, vol. 5, no. 1, pp. 13–23, 2018.

N. Mauizdati, I. Nurkholipah, and M. B. Group, “Pengaruh Penggunaan Metode Buzz Grup Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Matematika,” IBTIDA’ Media Komun. Has. Penelit. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 02, no. 02, pp. 106–116, 2021.

M. A. K. Budiyanto, Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL), Cetakan 1. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press, 2016.

A. Kurniawan, Metodologi Penelitian Pendidikan, Cetakan Pe. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D), Cetakan ke. Bandung: Alfabeta, 2017.

R. Ananda and M. Fadhli, Statistik Pendidikan ( Teori dan Praktik Dalam Pendidikan), Cet 1. Medan: CV Widya Puspita, 2018.

A. Helmi and M. H. Baysha, “Pengaruh Metode Pembelajaran Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Teknol. Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2019.

C. Marchanisyah and D. Novita, “Upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia saat ini direalisasikan oleh pemerintah dengan mengembangkan kurikulum pendidikan terbaru yang dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasion,” Unesa J. Chem. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 11–18, 2012.

Dimyati and Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

R. Harahap, “Efektivitas Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Buzz Group Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Xi Di Man 1 Takengon,” J. As-Salam, vol. 1, no. 3, pp. 30–40, 2017.

S. Zahara, C. Dhien N, Z. Zaharah, and M. Arif, “Metode Buzz Group Discussion Dengan Permainan Rolet Membentuk Kemampuan Kerjasama Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Mata Pelajaran Ips,” Rausyan Fikr J. Pemikir. dan Pencerahan, vol. 16, no. 1, pp. 14–22, 2020, doi: 10.31000/rf.v16i1.2419.

D. Nifu and H. G. Sakti, “Hubungan Metode Pembelajaran Diskusi Buzz Group dengan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu,” J. Teknol. Pendidik. J. Penelit. dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 144–149, 2020.

D. O. Puspitaningdyah and E. Purwanti, “Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas dan Keaktifan Belajar terhadap Hasil Belajar IPS SD,” Joyf. Learn. J., vol. 7, no. 1, pp. 39–47, 2018.

A. Rofek and L. Zehro, “Penerapan Metode Pembelajaran Buzz Group Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Ii Sd Negeri 2 Seletreng Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019,” J. IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, vol. 9, no. 1, p. 54, 2021, doi: 10.36841/pgsdunars.v9i1.1018.

Z. Nafisah, “Penerapan Metode Buzz Group dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika yang Memuat Operasi Hitung Bilangan Bulat dan Pecahan Pada Siswa Kelas VII-A Semester 1 SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung Tahun Pelajaran 2019 / 2020,” J. Terap. Pendidik. Dasar dan Menengah, vol. 2, no. 1, pp. 38–45, 2022.

D. A. Putri and T. Taufina, “Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Make A Match di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 3, pp. 610–616, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i3.403.

M. Maulidiya, B. Martati, and D. A. Putra, “Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Buzz Group Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa SD,” Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 7, no. 1, p. 393, 2023, doi: 10.35931/am.v7i1.1882.

N. S. Bona and Arifin, “Pengaruh Model Pembelajaran Diskusi Buzz Group Berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 7 Gaya dan Gerak Kelas IV SD Inpres Oebobo 1 Kota Kupang Tahun Ajaran 2022/2023,” Mimb. Pgsd Flobamorata, vol. 1, no. 1, 2023.

H. Suseno, “Penerapan Pembelajaran Buzz Group dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskes tentang Sepak Bola pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung Semester 1 Tahun Pelajaran 2022 / 2023,” J. Pembelajaran dan Ilmu Pendidik., vol. 3, pp. 131–138, 2023.

Posted

2023-08-11