Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

The Effect of Animation Learning Media using Powtoon on Student Learning Outcomes


Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Menggunakan Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.2175

Keywords:

Application of Animated Learning Media, Student Learning Outcomes, social science

Abstract

Animated learning media is one example of the many existing learning media, which can be applied by every teacher in overcoming student learning outcomes that do not achieve learning outcomes. The application of this learning media was carried out in one of the schools in Sidoarjo, namely Muhammadiyah 5 Porong Elementary School, and was implemented in grade 5 students, totaling 17 students. The use of animated learning media with the powtoon application is applied to social studies subjects about the appearance of natural, artificial, and territorial divisions in Indonesia. By using the pretest and posttest techniques as a tool to compare the value of student learning outcomes. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Oleh, “Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif,” J. TEKNOIF, vol. 1, no. 2, pp. 20–25, 2013.

S. Nugraha, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Format Swf Terhadap Hasil Belajar Memahami Dasar-Dasar Mesin Siswa …,” vol. VI, pp. 26–34, 2017, [Online]. Available: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23643%0Ahttp://digilib.unimed.ac.id/23643/9/9. NIM 5122122009 CHAPTER I.pdf

I. Awalia, A. S. Pamungkas, and T. P. Alamsyah, “Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD,” Kreano, J. Mat. Kreat., vol. 10, no. 1, pp. 49–56, 2019, doi: 10.15294/kreano.v10i1.18534.

W. Alannasir, “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa,” J. EST, vol. 2, no. 3, pp. 81–90, 2016.

T. Hasil, B. Subtema, B. Tunggal, and D. A. N. Campuran, “Diterima Karena T,” Jtiee, vol. 3, no. 1, pp. 46–53, 2019.

E. A. Lomban, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI POWTOON PESERTA DIDIK merupakan metode pengajaran yang peraturan seperti pembatasan sosial proses,” vol. 4, no. 2, pp. 107–122, 2022, doi: 10.30762/factor.

N. Q. Panjaitan, E. Yetti, and Y. Nurani, “Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, p. 588, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v4i2.404.

S. Asvinia, “Pengaruh Teknik Skimming Terhadap Pemahaman Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 5 Porong,” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2017.

T. Winarsunu, “Winarsunu, Tulus. Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan. Vol. 1. UMMPress, 2017.,” in Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan., 2017.

D. Sugiyono, Sugiyono, Dr. “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.” (2013). Bandung, 2013.

N. Sandjojo, “Skripsi, Statistik, Uji Reliabilitas, Uji Validasi,” Skripsi, Stat. Uji Reliab. Uji Validasi, 2013.

R. Sidabutar, “Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Classroom Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa,” J. Ilm. Aquinas, vol. 4, no. 2, pp. 344–352, 2021, doi: 10.54367/aquinas.v4i2.1308.

U. B. Harsiwi and L. D. D. Arini, “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 1104–1113, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.505.

M. E. Simbolon and Y. Fitriyani, “Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Adi Widya J. Pendidik. Dasar, vol. 6, no. 1, p. 34, 2021, doi: 10.25078/aw.v6i1.1810.

H. Pujiastutik, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran I terhadap Hasil Belajar Mahasiswa,” J. Teladan J. Ilmu Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 25–36, 2019.

E. Fatmawati, Karmin, and R. S. Sulistiyawati, “Influence of Video-Based Learning Media to Student Learning Outcomes,” J. Pendidik., vol. 12, no. 1, pp. 24–31, 2018.

M. Ulfa and H. Saputra, “fect of Macromedia Flash Learning Media With RePengaruh Media Pembelajaran Makromedia Flash dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Hasil Belajar Siswa The Efalistic Mathematics Approach to Student Learning Outcomes To cite this article : Pengaruh Med,” Triple S, vol. 2, no. 1, pp. 12–21, 2019.

H. Hisbiyati and L. Khusnah, “Penerapan Media E-Book Berekstensi Epub Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Smp Pada Mata Pelajaran Ipa,” J. Pena Sains, vol. 4, no. 1, p. 16, 2017, doi: 10.21107/jps.v4i1.2775.

R. Agustina, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI,” vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2015.

N. T. A. Kartini, Ketut Sepdyana., Putra, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Ketut Sepdyana Kartini 1 dan I Nyoman Tri Anindia Putra 2,” J. Pendidik. Kim. dan Ilmu Kim., vol. 3, no. 02, pp. 8–12, 2020.

Posted

2023-08-14