Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

The Influence of Perceived Benefits, Perceived Convenience, Service Features, and Trust on Decisions to Use "DANA" E-Money for "UMSIDA" Students


Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menggunakan E-Money "DANA" Bagi Mahasiswa "UMSIDA"

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.1702

Keywords:

Perceived Benefits, Perceived Convenience, Service Features, Trust, Decisions to Use

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of perceived usefulness, perceived convenience, service features, and trust in the decision to use "DANA" e-money for Umsida students. The approach used in this study was quantitative by distributing questionnaires to 100 respondents who were taken using one of the non-probability sampling techniques used, namely the accidential sampling technique. The data analysis technique uses multiple linear regression from the IBM SPSS version 22 software program. The results of this study indicate that perceived benefits influence the decision to use "DANA" e-money for "UMSIDA" students. Perceived convenience influences the decision to use "DANA" e-money for "UMSIDA" students. Service features affect the decision to use "DANA" e-money for "UMSIDA" students. Trust influences the decision to use "DANA" e-money for "UMSIDA" students

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwijaya, P. B. I. G. (2018). Kemudahan Penggunaan, Tingkat Keberhasilan Transaksi, Kemampuan Sistem Teknologi, Kepercayaan dan Minat Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking. 15(3), 135–153.Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13, Erlangga, Jakarta.2017

Ahmad, & Pambudi, B. S. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Ketersediaan Fitur Terhadapminat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Program Layanan Internet Banking Bri). 53(9), 1689–1699.

Anarjia, K., & Rante, J. Z. (2018). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik Sakuku Pt. Bank Central Asia, Tbk Kcu Cikarang. 1(2), 1–7.

Anendro, I. (2012). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI TERHADAP PENGGUNAAN E- MONEY. 53(9), 1689–1699.

Aritonang, Y. A. L., & Arisman, A. (2017). Pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap minat menggunakan E-Money (STUDI KASUS PADA PENGGUNA GO-PAY). Jurnal Akuntansi STIE Multi Data Palembang, x, 1–17.

Firdauzi, I. (2017). Pengaruh Finansial, Kemudahan dan Perilaku Konsumen Terhadap Minat Penggunan Uang Elektronik di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(1), 77–87.

Harlan, D. (2014). PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN DAN RISIKO PERSEPSIAN TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN E-BANKING PADA UMKM DI KOTA YOGYAKARTA. Universitas Negri Yogyakarta.

Juhri, K., & Dewi, C. K. (2017). Kepercayaan Dan Penerimaan Layanan Mobile Money T-Cash Di Bandung Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model ( Tam ). Jurnal Pro Bisnis, 10(1), 36–51.

Marchelina, D., & Pratiwi, R. (2017). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi risiko dan fitur layanan terhadap minat penggunaan e- money (studi kasus pada pengguna e-money kota palembang). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 1–17.

Pranidana, S. A. (2009). Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bank Bca untuk Menggunakan Klik-Bca. 1–54.

Pratama, A. B., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi, 27, 927.

Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN UANG ELEKTRONIK ( Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang ). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 1–9.

Rahayu, priestiani putri. (2019). PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEPERCAYAAN, DAN PERSEPSI KENYAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING (Studi Empiris pada Mahasiswa di Yogyakarta). 6(1), 5–10.

Romadloniyah, A. L., & Prayitno, D. H. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunaan E-Money Pada Bank Bri Lamongan. Jurnal Akuntansi, 3(3), 699.

Sari, ika. (2019). Pengaruh Kemudahan, Manfaat, Penggunaan Teknologi, Fitur Layanan dan Keamanan, Terhadap Minat Menggunakan E-Money dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna e-money Flazz BCA di Bank BCA Syariah Semarang). IAIN Salatiga.

Sumarwan, U. (2015). PERILAKU KONSUMEN. Ghalia Indonesia.

Vhistika, N. I., & Yushita, A. N. (2018). Pengaruh Tingkat Pemahaman dan Kemanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Pada Masyarakat Pemilik Uang Elektronik (e-money) di Wilayah Tanah Abang). 3.

Sartika, Dewi. 2021. Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 9, No. 3. DOI: https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i3.1102

Anggraeni, Dewi. 2020. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Penggunaan Iklan dan Fitur Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pengguna Aplikasi Mobile Traveloka. Repository Universitas Jember.

Siregar, Edison. 2022. Riset Dan Seminar Sumber Daya Manusia. 1st ed. Bandung: Widina Media Utama.

Jogiyanto. 2008. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Davis, F.D. 1989. Perceived Usefullness, Perceived Ease Of Use Of Information Technology. Management Information System Quartely. 13(3): 319-340

Bahrudin, Muhammad., Siti Zuhro. 2016. Pengaruh Kepercayaan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, Vol.3, No.3

Novitasari, Rinda., Supriyanto. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Ovo Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Ekonomi dan Pendidikan, Vol.17, No1.

Alistriwahyuni, Novia. 2019. Pengaruh Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan, Dan Fitur Layanan I-Saku Terhadap Keputusan Pembelian I-Saku Di Indomaret (Studi Pada Penggunai-Saku Indomaret Kecamatan Watulimo Trenggalek). Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Vol.7, No.2.

Posted

2023-07-14