Resilience in Student Workers
Resiliensi Mahasiswa yang Bekerja
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.1656Keywords:
Resilience, Student WorkerAbstract
This research method is quantitative with a population of 4,435 active students of Muhammadiyah Sidoarjo University who are working. Determination of the sample using purposive sampling technique with a sample size of 323 based on Isaac and Michael's table with a tolerance of 5%. The variable in this study is resilience. Data collection in this study used a psychological preparation scale Likert scale model adopted from previous research. Data analysis in this study used descriptive statistical tests with the help of Microsoft Excel. The results of the analysis show that most students have resilience in the moderate category 59% with a total of 209 students, a small percentage of 19% of students are in the high category with a total of 66 students and a small percentage of 22% of students are in the low category with a total of 79 students.
Downloads
References
B. A. Setiawan and M. Legowo, “Kerja paruh waktu mahasiswa universitas negeri surabaya (studi fenomenologi pada pengemudi ojek online omahku "ojek mahasiswa ketintang UNESA,” vol. 3, no. 2, pp. 54–67, 2018.
R. T. Perdani, “Hubungan antara motivasi berprestasi akademik dan prokastinasi akademik pada mahasiswa yang bekerja,” Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, 2015.
K. Abdul, “Hubungan antara stres pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja dengan motivasi belajar di mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Jakarta Raya,” Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, 2015.
A. Hipjillah, “Konsumsi dan prestasi akademik ( studi pada mahasiswa bekerja paruh waktu di uno board game cafe ),” J. Ilm., 2015.
J. Apriawal, “Resiliensi pada karyawan yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK),” J. Ilmu Psikol. dan Kesehat., vol. 1, no. 1, pp. 27–38, 2022.
R. Hamidi, “Hubungan Optimisme dan Resiliensi pada Mahasiswa yang Menempuh Skripsi.” University of Muhammadiyah Malang, 2017.
Y. R. Ningrum, “Resiliensi Pada Mahasiswa Kerja Shift,” in Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018, 2019, vol. 1, no. 1, pp. 141–151.
N. G. Kusumaningtyas, “Gambaran sumber-sumber resiliensi pada mahasiswa yang bekerja part time,” Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2016.
L. Yuliani, “Resiliensi mahasiswa yang kuliah sambil bekerja jurusan BKPI fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Antarsari Banjarmasin,” 2021.
H. C. Prasetyo, “Hubungan antara Religiusitas dan Resiliensi pada Individu yang Gagal dalam Seleksi Kepolisisan di Surakarta.” Program Studi Psikologi FPSI-UKSW, 2016.
L. H. Utami, “Bersyukur dan resiliensi akademik mahasiswa,” no. 105, pp. 1–21, 2020.
V. Missasi and I. D. C. Izzati, “Faktor–faktor yang mempengaruhi resiliensi,” in Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 2019, pp. 433–441.
P. Amelasasih, S. Aditama, and M. R. Wijaya, “Resiliensi akademik dan subjective well-being pada mahasiswa,” in Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018, 2019, vol. 1, no. 1, pp. 161–167.
A. V. M. Rini, “Resiliensi siswa SMA Negeri 1 Wuryantoro,” 2016.
D. U. Chasanah, “Hubungan antara strategi self regulated learning dengan resiliensi akademik pada mahasiswa kelas sore program studi teknik informatika dan teknik elektro Universitas Muhammadiyah Gresik yang bekerja.” Universitas Muhammadiyah Gresik, 2019.
T. Septiani and N. Fitria, “Hubungan antara resiliensi dengan stres pada mahasiswa sekolah tinggi kedinasan,” J. Penelit. Psikol., vol. 7, no. 2, pp. 59–76, 2016.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D). Bandung, 2015.
S. Azwar, Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
L. Usroh and Y. R. Ningrum, “Resiliensi pada mahasiswa kerja shift,” Proceeding Natl. Conf. Psikol. UMG, p. 141, 2018.
K. Khotimah, A. N. Budiono, and W. Wahyuni, “Hubungan Motivasi Belajar dengan Resiliensi Akademik Siswa,” J. Consulen. J. Bimbing. Konseling Dan Psikol., vol. 5, no. 2, pp. 180–189, 2022.
O. D. Anggraini, E. N. Wahyuni, and L. T. Soejanto, “Hubungan antara efikasi diri dengan resiliensi menghadapi ujian pada siswa kelas XII SMAN 1 Trawas,” J. Konseling Indones., vol. 2, no. 2, pp. 50–56, 2017.
M. Rais and M. S. Lamada, “Pengembangan model project based-learning (MPBL): Suatu upaya meningkatkan prestasi akademik mahasiswa jurusan teknik mesin,” 2010.
E. Sujadi, “Stres akademik dan motivasi belajar mahasiswa mengikuti pembelajaran daring selama pandemi covid-19,” Educ. Guid. Couns. Dev. J., vol. 4, no. 1, pp. 29–41, 2021.
Y. Yuliasih and S. Z. Akmal, “Peran Wisdom dan Knowledge terhadap Resiliensi pada Mahasiswa yang Mengalami Stres Akademik,” Intuisi J. Psikol. Ilm., vol. 9, no. 2, pp. 1–15, 2017.
A. Kirana, A. Agustini, and E. Rista, “Resiliensi dan Stres Akademik Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi di Universitas X Jakarta Barat,” Provitae J. Psikol. Pendidik., vol. 15, no. 1, pp. 27–50, 2022.
S. Anggraini, “Resiliensi akademik ditinjau dari jenis kelamin pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19,” Empower. J. Mhs. Psikol. Univ. Buana Perjuangan Karawang, vol. 2, no. 1, pp. 64–69, 2022.
M. N. Prihartono, T. Sutini, and E. Widianti, “Gambaran resiliensi mahasiswa tahun pertama program a2016 Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran,” J. Keperawatan BSI, vol. 6, no. 1, 2018.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.