The Influence of E-Service Quality, Price, and Advertising on Customer Satisfaction of Go-Jek Application Transportation Services for Students of Muhammadiyah University of Sidoarjo
Pengaruh E-Service Quality, Harga, dan Iklan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Aplikasi Go-Jek pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.1547Keywords:
E-Service Quality, Price, Advertising, Customer Satisfaction.Abstract
This study aims to determine the effect of the quality of E-Service Quality, price, and advertising on customer satisfaction of Go-Jek application transportation services to students of Muhammadiyah University of Sidoarjo. This research uses quantitative research with hypothesis testing. The sample used in this study were 100 users of the Go-Jek application for students at the Muhammadiyah University of Sidoarjo. The main data in this study came from a questionnaire. The results of this study prove that E-Service Quality has an effect on customer satisfaction with the Go-Jek application for transportation services to students at the Muhammadiyah University of Sidoarjo. Price has an effect on customer satisfaction of Go-Jek application transportation services to students of Muhammadiyah University of Sidoarjo. Advertisements have an effect on customer satisfaction of Go-Jek application transportation services to students of Muhammadiyah University of Sidoarjo.
Downloads
References
Bellezza, M. (2020). Pengaruh Nilai Pelanggan, E-Service Quality Terhadap Minat Pembelian Ulang Dan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Shopee (Doctoral Dissertation, Universitas Hasanuddin).
Rahmalia, P., & Chan, S. (2019). Pengaruh Service Quality dan E-Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Yang Dimediasi Oleh Perceived Value Pada Pelanggan Pt Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Inovasi, 10(1).
Akbar, N. F. A. (2020). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitasproduk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Pada Furniture Di Rangga Jaya Mebel Jepara (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Hidayat, D. R., & Peridawaty, P. (2021). Analisis Faktor-Faktor Perilaku Pembelian Online (E-Commerce) Konsumen Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Palangka Raya. Jemba: Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen Dan Bisnis, Akuntansi, 1(2), 64-74.
Thsanobari, R., Wasito, S. E., & MSIE, P. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey Pada Konsumen Susu Lembang KPSBU Jabar) (Doctoral Dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unpas).
Gulla R, George Dan Roring F. (2015). Analisis Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Grace Inn, Jurnal Emba, Vol 3, No 1, Maret 2015, H 1313-1322.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 2nd ed. Bandung: Alfabeta
Evita Rahayu (2018). “Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Customer Satisfaction dan E-Customer Loyalty pada Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Pengguna Toko Online Shopee)”. Jakarta
Kotler, Philip. (2012). Manajemen Pemasaran edisi kesebelas. Jilid 2, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Indeks
Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Tjiptono, Fandy. (2017). Service Management-Mewujudkan Layanan Prima Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.
Wibisono, Y. H. (2012). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian dengan Perilaku Niat Sebagai Variabel Intervening Pada Situs Kaskus. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen. Vol. 1. No.5 (1– 8)
Ghozali, Imam, dan Hengky Latan. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. Semarang
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. 9th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Juhria, A., Meinitasari, N., Fauzi, F. I., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh e-service quality terhadap kepuasan pelanggan di aplikasi e-commerce shopee. Jurnal manajemen, 13(1), 55-62.
Salsabila, K. Q. A., & Sari, D. (2022). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Layanan ShopeeFood. YUME: Journal of Management, 5(2), 265-272.
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran (Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global). Bandung: Alfabeta.
Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta
Syahidin, S., & Adnan, A. (2022). Analisis Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon. Gajah Putih Journal of Economics Review, 4(1), 20-32.
Edi, Hendy Tannady,Yohanes Totok Suyoto, dan Purwanto Adhika Ibnu Anugrah (2022). "Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan First Media di Pondok Aren Tangerang Selatan." Jurnal Kewarganegaraan 6.2
Julinda, R. (2020). Pengaruh Iklan, Daya Tarik Wisata, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Wisatawan di Wisata Goa Seplawan Purworejo). VOLATILITAS, 2(6).
Sopiyan, Pipih. (2020) "Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen sepeda Motor Honda PT Helmi Hendra Motor Maja Majalengka)." Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan 1.2 133-146.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.