Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Environmental Concern, Lifestyle and Product Uniqueness Factors Driving Public to Purchase Intention in Electric Motorcycles


Kepedulian Lingkungan, Gaya Hidup serta Keunikan Produk Menjadi Faktor dalam Mendorong Minat Beli Masyarakat terhadap Sepeda Motor Listrik

##article.authors##

  • Muchammad Erdin Taslich Masra Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Herlinda Maya Kumala Sari

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.1450

Keywords:

Environmental Concern, Lifestyle, Product Uniqueness, Electric Motorcycle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat beli konsumen pada produk sepeda motor listrik melalui Kepedulian Lingkungan, Gaya Hidup dan Keunikan Produk di Sidoarjo. Penelitian menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Random Sampling dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat statistik SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepedulian Lingkungan, Gaya Hidup dan Keunikan Produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada produk sepeda motor listrik di kota Sidoarjo

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Sadya, “Polri Catat 152,51 Juta Kendaraan Di Indonesia Pada 2022,” Dataindonesia.Id, Jan. 02, 2023. Https://Dataindonesia.Id/Sektor-Riil/Detail/Polri-Catat-15251-Juta-Kendaraan-Di-Indonesia-Pada-2022 (Accessed Feb. 04, 2023).

S. Sudarti, Y. Yushardi, And N. Kasanah, “Analisis Potensi Emisi Co2 Oleh Berbagai Jenis Kendaraan Bermotor Di Jalan Raya Kemantren Kabupaten Sidoarjo,” Jurnal Sumberdaya Alam Dan Lingkungan, Vol. 9, No. 2, Pp. 70–75, Aug. 2022, Doi: 10.21776/Ub.Jsal.2022.009.02.4.

D. T. Rezeki And F. S. Islami, “Analisis Interrelationship Antara Ipm Dan Polusi Lingkungan Di Indonesia,” Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol. 2, No. 1, Jan. 2022.

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, “Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik, Kemenperin Terapkan Peta Jalan Pengembangan Kblbb,” Kemenperin.Go.Id, Oct. 05, 2021. Https://Kemenperin.Go.Id/Artikel/22889/Bangun-Ekosistem-Kendaraan-Listrik,-Kemenperin-Terapkan-Peta-Jalan-Pengembangan-Kblbb (Accessed Feb. 04, 2023).

H. Dan K. R. I. Kementrian Koordinator Bidang Politik, “Kemenperin: Pemerintah Finalkan Aturan Insentif Kendaraan Listrik,” Kemenperin.Go.Id, 2022. Https://Kemenperin.Go.Id/Artikel/23790/Pemerintah-Finalkan-Aturan-Insentif-Kendaraan-Listrik (Accessed Mar. 18, 2023).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, “Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi - Subsidi Kendaraan Listrik Berbasis Baterai Dimulai 20 Maret 2023,” Menpan.Go.Id, Mar. 06, 2023. Https://Www.Menpan.Go.Id/Site/Berita-Terkini/Berita-Daerah/Subsidi-Kendaraan-Listrik-Berbasis-Baterai-Dimulai-20-Maret-2023 (Accessed Mar. 18, 2023).

Y. Suparmadi, S. Riyadi, And D. W. Junaidy, “Indonesian Consumer Preference On Electric Motorcycle Design With Kansei Engineering Approach,” Journal Of Visual Art And Design, Vol. 13, No. 1, Pp. 1–17, Jul. 2021, Doi: 10.5614/J.Vad.2021.13.1.1.

H. Dan K. R. I. Kementrian Koordinator Bidang Politik, “Peluang Meraup Cuan Dari Kendaraan Listrik,” Polkam.Go.Id, Oct. 31, 2022. Https://Polkam.Go.Id/Peluang-Meraup-Cuan-Dari-Kendaraan-Listrik/ (Accessed Feb. 05, 2023).

R. B. Lestari And Kardinal, “Minat Beli Produk Hijau Pada Generasi Milenial,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, Vol. 9, No. 2, Pp. 117–124, 2018.

S. P. Sari, “Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen,” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 8, No. 1, P. 147, 2020, Doi: 10.30872/Psikoborneo.V8i1.4870.

A. F. Gandajati And L. P. Mahyuni, “Kendaraan Listrik Di Mata Gen Y: Faktor Apa Yang Menjelaskan Minat Belinya?,” Forum Ekonomi, Vol. 24, No. 4, Pp. 717–723, 2022, Doi: 10.30872/Jfor.V24i4.10436.

S. Jayasingh, T. Girija, And S. Arunkumar, “Factors Influencing Consumers’ Purchase Intention Towards Electric Two‐Wheelers,” Sustainability (Switzerland), Vol. 13, No. 22, Nov. 2021, Doi: 10.3390/Su132212851.

A. Ahdira, “Bukan Kebutuhan, Tren Mobil Listrik Di Indonesia Disebut Hanya Ikut-Ikutan,” Pikiran-Rakyat.Com, Jan. 28, 2021. Https://Www.Pikiran-Rakyat.Com/Otomotif/Pr-016170951/Bukan-Kebutuhan-Tren-Mobil-Listrik-Di-Indonesia-Disebut-Hanya-Ikut-Ikutan (Accessed Feb. 05, 2023).

Polestar Press, “Polestar Cars Finds Majority Of Us Drivers Don’t Purchase Electric Vehicles For Environmental Reasons,” Media.Polestar.Com, Jul. 26, 2022. Https://Media.Polestar.Com/Us/En/Media/Pressreleases/656722 (Accessed Feb. 05, 2023).

M. J. Ismail, “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah,” Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 4, No. 1, Pp. 59–68, 2021, Doi: 10.31970/Gurutua.V4i1.67.

T. Bhalla, “The Influence Of Environmental Concerns And Knowledge On The Consumers Purchase Intention Of Environmentally Friendly Products In India,” Turkish Online Journal Of Qualitative Inquiry, Vol. 12, No. 7, Pp. 9209–9216, 2021.

Adelia And H. Tunjungsari, “Pengaruh Kepedulian Lingkungan Dan Kesadaran Kesehatan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Ramah Lingkungan,” Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, Vol. 7, Pp. 151–163, Jan. 2023, Doi: 10.24912/Jmbk.V7i1.22478.

A. F. Nadiya And A. Ishak, “Analisis Niat Beli Dan Perilaku Konsumen Terhadap Produk Perawatan Kulit Ramah Lingkungan,” Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, Vol. 01, No. 03, Pp. 186–204, 2022.

R. Nurfidina, “Pengaruh Pengetahuan Lingkungan Dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sma N 2 Bandarlampung Terhadap Perilaku Vandalisme Di Pusat Kota Bandarlampung,” 2019.

A. Farhanah And A. E. Kusumastuti, “Kesadaran Produk Ramah Lingkungan Sebagai Mediasi: Kepedulian Lingkungan Dan Efektivitas Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian,” Econbank: Journal Of Economics And Banking, Vol. 2, No. 1, Pp. 65–80, 2020.

M. Yusuf, “Pengaruh Promosi, Gaya Hidup, Dan Persepsi Risiko Terhadap Niat Beli Motor Listrik Menggunakan Metode Sem - Pls,” G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, Vol. 6, No. 2, Pp. 241–248, Sep. 2022, Doi: 10.33379/Gtech.V6i2.1685.

Charta Politika Indonesia, “Laporan Survei Nasional Survei Preferensi Sosial Dan Politik Masyarakat Tahun 2022,” In Charta Politika, Jakarta: Chartapolitika.Com, Sep. 2022, P. 29. Accessed: Mar. 18, 2023. [Online]. Available: Https://Www.Chartapolitika.Com/Hasil-Rilis-Survei-Nasional-Kondisi-Sosial-Politik-Dan-Peta-Elektoral-Pasca-Kenaikan-Harga-Bbm/

F. Maulidah And I. Russanti, “Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Pakaian Bekas,” Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol. 4, No. 2, Pp. 508–516, 2021.

B. E. Tae And J. L. Bessie, “Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Minat Membeli Ulang (Repurchase Intention)(Survei Pada Pelanggan The Kings Resto Kupang),” Jurnal Transformatif Unkriswina Sumba, Vol. 10, No. 1, 2021.

B. Somantri, R. Afrianka, And F. Fahrurrazi, “Pengaruh Gaya Hidup Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone,” Cakrawala Repositori Imwi, Vol. 3, No. 1, Pp. 1–10, 2020.

S. S. Elida, T. Wahyuarini, And E. Sofiana, “Kebutuhan Konsumen Untuk Keunikan, Pengetahuan Lingkungan, Sikap, Minat Pembelian Mobil Listrik,” Forum Bisnis Dan Kewirausahaan, Vol. 11, No. 2, Pp. 324–337, Mar. 2022.

F. A. Said, H. Adiluhung, And Y. Pujiraharjo, “Perancangan Sepeda Motor Listrik Untuk Masyarakat Urban Diperkotaan,” Eproceedings Of Art & Design, Vol. 9, No. 1, 2022.

E. A. Abdalla, “Analisis Kinerja Sepeda Motor Listrik Berdesain Klasik,” Jurnal Mirai Management, Vol. 7, No. 2, Pp. 278–282, 2022.

M. R. Adonis And Y. B. R. Silintowe, “Desain Produk, Kualitas Produk, Citramerek Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Y,” Jurnal Capital, Vol. 4, No. 1, Pp. 118–138, 2021.

Sry Lestari Samosir, “Menciptakan Keunggulan Unik Produk Dan Menceritakannya – Ukm Indonesia,” Ukmindonesia.Id, 2022. Https://Ukmindonesia.Id/Baca-Deskripsi-Posts/Menciptakan-Keunggulan-Unik-Produk-Dan-Menceritakannya (Accessed Feb. 20, 2023).

P. D. Andriani, “Peran Citra Merek Dan Negara Asal Produk Dalam Hubungan Kausal Antara Kualitas Produk Dan Kesediaan Pengguna Untuk Melakukan Komunikasi Getok-Tular (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta Pengguna Smartphone Android Merek Samsung),” S1, Uajy, 2014. Accessed: Apr. 06, 2023. [Online]. Available: Https://E-Journal.Uajy.Ac.Id/6707/

Y. Khasanah, “Pengaruh Keunikan Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Study Kasus Di Cor Kuningan Mojoagung),” Stie Pgri Dewantara Jombang, 2017.

Eng Asep Sofyan, “Sustainable Development Goals (Sdgs) Di Indonesia - Ecoedu.Id,” Ecoedu.Id, Sep. 06, 2022. Https://Www.Ecoedu.Id/Sdgs/ (Accessed Mar. 23, 2023).

Liputan6.Com, “Tujuan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif, Kenali Perbedaannya,” Liputan6.Com, Mar. 08, 2021. Https://Www.Liputan6.Com/Hot/Read/4500971/Tujuan-Penelitian-Kualitatif-Dan-Kuantitatif-Kenali-Perbedaannya (Accessed May 05, 2023).

Zulfa Ardhini, “Pengertian Skala Likert, Metode, Dan Contohnya Untuk Penelitian,” Detik.Com, Mar. 08, 2023. Https://Www.Detik.Com/Bali/Berita/D-6607480/Pengertian-Skala-Likert-Metode-Dan-Contohnya-Untuk-Penelitian (Accessed Mar. 23, 2023).

Andiana Moedasir, “Random Sampling Adalah: Jenis Dan Teknik Pengambilannya,” Majoo.Id, Dec. 19, 2022. Https://Majoo.Id/Solusi/Detail/Random-Sampling-Adalah (Accessed May 06, 2023).

D. Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D,” 2013.

G. C. Callista, “Analisis Pengaruh Karakteritsik Bisnis Startup Terhadap Keputusan Investasi,” 2019.

L. Amanda, F. Yanuar, And D. Devianto, “Uji Validitas Dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang,” Jurnal Matematika Unand, Vol. 8, No. 1, P. 179, 2019, Doi: 10.25077/Jmu.8.1.179-188.2019.

Lms-Spada Indonesia, “Inferensial Statistik,” Lmsspada.Kemdikbud.Go.Id, Mar. 2020. Https://Lmsspada.Kemdikbud.Go.Id/Pluginfile.Php/559849/Mod_Folder/Content/0/Pertemuan%205%20uji%20asumsi%20klasik.Pdf (Accessed May 06, 2023).

M. Saragih, “Uji Asumsi Klasik Pada Model Regresi Linear,” Sekolah Statistics And Data Analytics, Aug. 14, 2022. Https://Sekolahstata.Com/Uji-Asumsi-Klasik/ (Accessed May 06, 2023).

A. Heryana, “Hipotesis Penelitian,” Journal Eureka Pendidikan, Vol. 3 No.1, Pp. 17–23.

A. Muhson, “Teknik Analisis Kuantitatif,” Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, Pp. 183–196, 2006.

L. M. Nasution, “Statistik Deskriptif,” Hikmah, Vol. 14, No. 1, Pp. 49–55, 2017.

I. Ghozali, “Aplikasi Multivariate Lanjutan Dengan Program Spss,” Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang, 2011.

L. Yuliawati, L. M. Christy, N. Layliya, J. J. Thenarianto, And I. R. Salim, Pertolongan Pertama Pada Waktu Kuantitatif (P3k) Panduan Praktis Menggunakan Software Jasp. Penerbit Universitas Ciputra, 2019.

Posted

2023-06-20