Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Factors Determining Purchasing Decision in the Marketplace


Faktor - faktor penentu Keputusan Pembelian terhadap Marketplace

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.1349

Keywords:

Product Quality, Review, Price, Purchase Decision

Abstract

The purpose of this study was to analyze, find out, prove whether product quality, reviews and prices  have   an influence on purchasing decisions on the Shopee marketplace for UMSIDA students. By using a quantitative approach, the sample used in this study was 200  respondents obtained using the purposive sampling method. Data collection was taken using a questionnaire via Google from. Calculation of data using SPSS 26 software. The results of the study include: Product quality has a significant effect on purchasing decisions. Reviews have a significant effect on Purchasing Decisions. Prices have a significant effect on purchasing decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Romindo, Muttaqin, Didin Hadi Saputra, Deddy Wahyudi Purba, M. Iswahyudi, Astri Rumondang, Aditya Halim Perdana Kusuma, Faried Effendy, Oris Krianto Sulaimandan Janner Simaratama. (2019). E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis, 2019. Available: https://www.researchgate.net/publication/344203023_E-Commerce_Implementasi_Strategi_dan_Inovasinya/link/607897558ea909241e020b01/download

Devi, Lenggang Kurnia Intan. (2019). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Place (Studi Kasus pada Mahasiswa di Surabaya),” Manajemen, Pp. 1–114.

Sari, Dhinin Bella Ira dan Kumara Adji Kusuma. (2023). “Analysis of the Convenience and Usefulness of Commercial Electronic Marketplaces for Students,” Acad. Open, vol. 8, pp. 1–21, doi: 10.21070/acopen.8.2023.3789.

Cindy Mutia Annur, “Situs E-Commercee dengan Kunjungan Terbanyak di Indonesia (Agustus 2022),” databoks, 2022. https://databoks.katadata.co.id//datapublish/2022/09/20/ini-situs-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-per-agustus-2022

Zayusman dan Fani dan Whyosi Septrizola. (2019). “Pengaruuh Hedonis Shoping Value dan Shoping Lifestyle Terhadap Impulse Buyiing pada Pelagan Tokopedia di Kota Padang,” Vol. 01, Pp. 360–368.

Probadi, Toto dan Winarso dan Sampurno. (2016). “Pengaruh Motivasi Hedonis , Browsing dan Gaya Belanja terhadap Pembelian Impulsif pada Toko Online Shop (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta),” J. Manaj. Bisnis, Vol. 6, no. 1, Pp. 255–270.

Rohmanto, Fajar dan Ari Susanti. (2021). “Pengaruh Literasi Keuangan, Lifestyle Hedonis, Dan Sikap Keuangan Pribadi Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa,” Ecobisma (Jurnal Ekon. Bisnis Dan Manajemen), Vol. 8, no. 1, Pp. 40–48, doi: 10.36987/ecobi.v8i1.2057.

Bali, Asri Yani. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening,” J. Akuntansi, Manaj. dan Ekon., vVl. 1, No. 1, Pp. 1–14, doi: 10.56248/jamane.v1i1.7.

Nasution, Siti Lam'ah dan Cristine Hermawati Limbong dan Denny Ammari Ramadhan. (2020). “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu),” Ecobisma (Jurnal Ekon. Bisnis Dan Manajemen), Vol. 7, no. 1, Pp. 43–53, doi: 10.36987/ecobi.v7i1.1528.

Servanda, Intan Ratu dan Putri Reno Kemala Sari dan Nova Adhitya Ananda. (2019). “Peran Ulasan Produk Dan Fot Produk Yang Ditampilkan Penjual Pada Marketplace Shopee Terhadap Minat Beli Pria Dan Wanita,” J. Manaj. dan Bisnis, Vol. 2, no. 2, Pp. 69–79, doi: 10.37673/jmb.v2i2.526.

Shafa, Pradika Muthiya dan Jusuf Hariyanto. (2020). “Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Bekasi),” J. Sekol. Tinggi Ilmu Ekon. Indones., Pp. 1–1.

Wulandari, Hartini Prasetyo dan Asih Endah Subandiyah. (2020). “Pengaruh Ulasan Produk, Harga dan Pembayaran Non Tunai (Shopee paylater) terhadap Keputusan Pembelian pada Market Place Shopee di Yogyakarta,” J. Bisnis, Manajemen, dan Akunt., Vol. 9, no. 2, Pp. 80, doi: 10.54131/jbma.v9i2.138.

Saragih, Bongsu (2018). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian,” J. Manaj. Bisnis Krisnadwipayana, Vol. 6, no. 3, Pp. 26–33, doi: 10.35137/jmbk.v6i3.220.

T. Haryati, “Analisis Kebiasaan Online Shop Mahasiswa Pendidikan Sejarah STKIP Taman Siswa Bima,” J. Pendidik. IPS, vol. Vol. 12, no. 2, Pp. 39–48, 2022. Available: https://doi.org/10.37630/jpi.v12i1.617

Mayani, kurnianty dan Muchlisin. (2021). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Umsu ),” Fak. Ekon. Dan Bisnis Univ. Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Pp. 7–28. Available: http://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/moluccamed

Aurelia, Nadia dan Supardi Thalib dan Aulia Keiko Hubbansyah. (2022). “Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Beruang Bearbrand Pada Saat Pandemi Covid-19 (Studi Empiris Pada Pelanggan Marketplace Shopee Di Desa Sindangagung Kuningan Jawa Barat),” JIMP J. Ilm. Manaj. Pancasila, Vol. 2, no. 1, Pp. 53–69. Available: https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP/article/view/3113

Pramono, Agung dan Acyhyar Eldine dan Lenny Muniroh. (2020). “Pengaruh Harga, Ulasan, Dan Tampilan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online,” Manag. J. Ilmu Manaj., vol. 3, no. 3, p. 421, doi: 10.32832/manager.v3i3.3909.

Muktafin, Elik Hari dan Kusrini dan Emha Taufiq Luthfi. (2020). “Analisis Sentimen pada Ulasan Pembelian Produk di Marketplace Shopee Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing,” J. Eksplora Inform., Vol. 10, no. 1, Pp. 32–42, doi: 10.30864/eksplora.v10i1.390.

Hemawan, Rizka Adhiyta. “Analisis Pengaruh Harga, Keragaman Produk, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Online,” NAMIRA OUTLET”. Skripsi, SI Fak. Ekon. 2014.

Nasution, Asrizal Efendy dan Muhammad Taufik Lesmana. (2018). “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan ),” Vol. 5, no. 1, Pp. 2654-6493.

Anwar Hidayat. “Purposive Sampling – Pengertian, Tujuan, Contoh, Langkah, Rumus,” Statistikian, 2017. https://www.statistikian.com/2017/06/penjelasan-teknik-purposive-sampling.html (accessed May 05, 2023).

Andrean, Andrean, dan Ngajudin Nugroho dan Fauzi Akbar Maulana Hutabarat dan Dewi Anggraini dan Supriyatno. (2021)“Keterkaitan Harga , Promosi , dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan,” Pp. 240–244.

Angela, Veliana dan Eristia Lidia Paramita. (2020). “Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z,” Vol. 10, Pp. 248–262.

Astutik, Irma Dwi dan Umar Yeni Suryanto dan Ika Purwanti dan Sri Yaumi. (2022). I “Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee : Analisis Harga dan Kualitas Produk dimoderasi Kepercayaan Konsumen,” Pol. 5, no. 2, Pp. 2169–2184.

Nurul, Muhammad dan Noorlailie Soewarno dan Isnalita. (2019). “Pengaruh Jumlah Pengunjung, Ulasan Produk, Reputasi Toko Dan Status Gold Badge pada Penjualan Dalam Tokopedia,” E-Jurnal Akunt., Vol. 28, no. 3, Pp. 1855, doi: 10.24843/eja.2019.v28.i03.p14.

Ilmiyah, Kafidatul dan Indra Krishernawan. (2020). “Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto,” Mak. J. Manaj., Vol. 6, no. 1, Pp. 31–4, doi: 10.37403/mjm.v6i1.143.

Sri Mulyana. (2020). “Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online,” J. Manaj. dan Bisnis Equilib., vol. 6, no. 2, pp. 195–210, doi: 10.47329/jurnal_mbe.v6i2.431.

Erni Setyowati. (2017). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi,” J. Manaj. Dayasaing, Vol. 18, no. 2, Pp. 102–112, doi: 10.23917/dayasaing.v18i2.4507.

Nur Laili Hidayati. (2018). “Pengaruh Viral Marketing , Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya,” Vol. 06, Pp. 77–84.

Yoeliastuti, Eko Sugianto dan Evalina Darlin. (20210. “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Penjualan Online Shopee,” vol. 10, pp. 212–223, doi: 10.34127/jrlab.v10i2.425.

Posted

2023-05-30