Underground Mix Band Marketing Strategy in Mojokerto City (Case study on the band Rulls and The Sun Goes Down)
Strategi Marketing Mix Band Underground di Kota Mojokerto (Studi kasus pada band Rulls dan The Sun Goes Down)
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.1320Keywords:
marketing, Digital MarketingAbstract
Dengan adanya era digital seperti saat ini, media sosial menjadi salah satu alternatif untuk menjadi media promosi yang lebih efektif dan terjangkau. Dalam perkembangannya musik underground mulai memiliki banyak peminat di sebagian kalangan masyarakat, termasuk di kota Mojokerto. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 4 macam yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasigabungan dari tiga pengumpulan data (observasi,wawancara dan dokumentasi).Dalam penerapanya strategy marketing yang digunakan oleh kedua band underground di kota mojokerto. Menggunakan Strategy Marketing Mix 4P (Promotion, Price, Place,Product) Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi digital marketing yang digunakan oleh kedua band underground yang berada di Mojokerto dapat dikatakan berhasil. Karena strategi digital marketing yang mereka lakukan dapat menyebar ke masyarakat luas dengan menggunakan metode marketing mix dan direct marketing. Marketing mix yang dilakukan oleh kedua band dapat di bilang sukses dikarenakan dapat melebihi target.
Downloads
References
T. Vicky Andrew, R. Maslan Sihombing, and H. Aziz Ahmad, “MUSIK, MEDIA, DAN KARYA: PERKEMBANGAN INFRASTRUKTUR MUSIK BAWAH TANAH (UNDERGROUND) DI BANDUNG (1967-1997) MUSIC, MEDIA, AND WORKS; INFRASTRUCTURE DEVELOPMENT UNDERGROUND MUSIC IN BANDUNG (1967-1997),” 2017.
“PEMANFAATAN NEW MEDIA OLEH BAND INDIE DI KOTA MALANG (STUDI KASUS PADA WEBSITE IHEARTGIGS).”
V. P. Fauzi, “PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI SOCIAL MEDIA MARKETING ER-CORNER BOUTIQUE DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS DI KOTA PEKANBARU,” 2016. [Online]. Available: http://www.beritateknologi.com,
C. Septia and D. Rd Siti Sofro Sidiq, “STUDENT SELF PRESENTATION ON INSTAGRAM ACCOUNTS (ANALYSIS OF FISIP UNRI STUDENTS WHO HAVE TWO INSTAGRAM ACCOUNTS).”
T. A. Nugroho1 and F. Citra Azzahra2, “PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI SOCIAL COMMERCE USAHA BRO.DO,” vol. 5, no. 1, p. 136, 2022.
D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House),” 2019.
Y. R. Muhammad and A. Rachman, “MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI KARYA MUSIK DI ERA INDUSTRI 4.0 (STUDI KASUS PADA BAND SENDAU GURAU DI SEMARANG SOCIAL MEDIA AS A PROMOTION OF MUSIC WORKS IN THE INDUSTRIAL ERA 4.0 (CASE STUDY OF THE SENDAU GURAU BAND IN SEMARANG),” vol. 2, 2020, doi: 10.7592/musikolastika.v2i1.35.
Azmi Fida Muhammad, Suharyono, and Sunarti, “86445-ID-pengaruh-bauran-pemasaran-terhadap-keput”.
F. M. A. Poluan, S. L. Mandey, and I. W. J. Ogi, “STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI PADA MINUMAN KESEHATAN INSTANT ALVERO) MARKETING MIX STRATEGY IN INCREASING SALES VOLUME (STUDY ON ALVERO INSTANT HEALTH DRINKS),” vol. 7, no. 3, pp. 2969–2978, 2019.
P. E. Regina Mamesah Program Studi Administrasi Bisnis and J. Ilmu Administrasi, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Lucky Inn Manado.”
“METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN”.
Hs. Umar, Mp. Rustiyarso, and Mp. HSyahwani Umar, “STRATEGI COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IX MTs NEGERI KETAPANG Mengetahui, Dekan FKIP UNTAN Ketua Pengelola Pasca Sarjana TEP.”
PUTRA BRINANDA LUCKY, “PEMANFAATAN NEW MEDIA OLEH BAND INDIE DI KOTA MALANG (STUDI KASUS PADA WEBSITE IHEARTGIGS).”
“STRATEGI MARKETING MIX DALAM PERSPEKTIF SYARIAH.”
D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House),” 2019.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.