Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Effect of Hand Puppet Media on the Speaking Skills of Class III Students at SD Muhammadiyah 11 Randegan Tanggulangin


Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III di SD Muhammadiyah 11 Randegan Tanggulangin

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.1200

Keywords:

Effect size, Speaking Skill, Hand Puppet , T Test

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya “Pengaruh Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III di SD Muhammadiyah 11 Randegan Tanggulangin”. Media Boneka tangan dipilih karena pada dasarnya anak senang mendengarkan cerita. Jenis penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest Posttest. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas III SD Muhammadiyah 11 Randegan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes, dimana ada pretest (tes awal) dan postest (tes akhir). Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila sekurang-kurangnya 80% dari jumlah anak mendapat mendapat nilai baik. Data yang diperoleh nilai thitung (16.040) ttabel (2,008). Sedangkan hasil dari uji signifikan Effect size diperoleh hasil 0,64 yang berartinya terdapat pengaruh yang tidak begitu besar antara Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III di SD Muhammadiyah 11 Randegan Tanggulangin.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Dhieni, Metode Pengembangan Bahasa. 2018.

Nur Tanfidiyah and Ferdian Utama, “Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita,” Golden Age J. Ilm. Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, vol. 4, no. 3, pp. 9–18, 2019, doi: 10.14421/jga.2019.43-02.

N. F. Anggraini, “Peningkatan Keterampilan Bercerita Menggunakan Media Boneka Tangan Improving Telling Skills Using Hand Puppet Media,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 1, p. 629, 2016.

R. Asyhar, Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta, 2012.

Robin and Round, “Peningkatan Keterampilan Berbicara Aspek Kebahasaan The Improvement Of Students Speaking Skills Through Cooperatif Learning,” 2018.

M. Ilham, Keterampilan Berbicara : Pengantar Keterampilan Berbahasa. 2020.

P. P. Lestari and P. Rintayati, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Boneka Tangan Berbasis Musik pada Peserta Didik Kelompok B TK Marsudisiwi Jajar Laweyan Surakarta tahun ajaran 2014/2015,” J. FKIP UNS, vol. 2, 3AD.

R. D. T. Widoyoko, “Faktor Percaya Diri dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara”.

K. D. Padmawati, N. W. Arini, and K. Yudiana, “Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,” J. Lesson Learn. Stud., vol. 2, no. 2, pp. 190–200, 2019, doi: 10.23887/jlls.v2i2.18626.

R. Sundayana, Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. 2016.

D. D. Chrisyarani, “Pengembangan Media Boneka Tangan dengan Metode Bercerita untuk Siswa Kelas V SDN Sudimoro 2 Kabupaten Malang,” J. Bid. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 1, p. 57, 2018, doi: 10.21067/jbpd.v2i1.2199.

M. P. Sari Jaya, “Pengaruh Media Boneka Tangan Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di Tk Aba 3 Kota Prabumulih Tahun Ajaran 2018/2019,” PERNIK J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, pp. 168–175, 2019, doi: 10.31851/pernik.v2i01.3114.

Y. Izzati, L., & Yulsyofriend, “Pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap perkembangan kognitif anak usia dini,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 1, pp. 472–481, 2020.

E. P. Permana, “Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar,” Profesi Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 2, pp. 133–140, 2015, doi: 10.23917/ppd.v2i2.1648.

S. Mariana and E. Zubaidah, “Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V Sd Se-Gugus 4 Kecamatan Bantul,” J. Prima Edukasia, vol. 3, no. 2, p. 166, 2015, doi: 10.21831/jpe.v3i2.6538.

Posted

2023-05-30