Experimental Study of Inquiry Learning Model Based on Socio-Scientific Issues on Critical Thinking Skills
Studi Eksperimen Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Socio-Scientific Issue Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.9571Keywords:
Learning Model Inquiry, Socio-Scientific Issue, Critical Thingking SkillsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis Sosio-Saintifik Issue terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental kuantitatif dengan Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN di kabupaten Sidoarjo yang berjumlah 64 orang, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri berbasis Sosio-Saintifik Issue dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrumen penelitian adalah pretest dan posttest keterampilan berpikir kritis. Analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif (N-gain) dan statistik inferensial (paired T-test). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang signifikan lebih tinggi pada kelas eksperimen dengan nilai N-gain sebesar 0,72 pada kategori tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 0,60 pada kategori sedang. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen.
Downloads
References
A. Rahardhian, “Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat,” J. Filsafat Indones., vol. 5, no. 2, pp. 87–94, 2022, doi: 10.23887/jfi.v5i2.42092.
B. R. Fauzi, J. Pendidikan, G. Sekolah, and U. Peradaban, “Seminar Nasional Pendidikan Survey Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dsri Motivasi Belajar Siswa SD / MI Di Desa Seminar Nasional Pendidikan,” vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2023.
R. Wijayanti, “Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Sumber-sumber Energi,” J. Penelit. pembelajaran Fis., vol. 11, no. 1, pp. 109–113, 2020, doi: 10.26877/jp2f.v11i1.5533.
T. H. E. Effectiveness et al., “Jurnal Pendidikan IPA Indonesia THE EFFECTIVENESS USING INQUIRY BASED NATURAL SCIENCE MODULE WITH AUTHENTIC ASSESSMENT TO IMPROVE THE CRITICAL THINKING AND INQUIRY SKILLS OF JUNIOR HIGH,” vol. 5, no. 2, pp. 209–215, 2016, doi: 10.15294/jpii.v5i2.7681.
F. Dora, A. Afandi, A. B. Tenriawaru, W. Artika, and T. Titin, “Pengaruh Model Guided Inquiry disertai Socioscientific Issues terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa,” vol. 4, pp. 95–107.
I. Lestari, Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran, no. August. 2019.
I. Azmi, D. Sabda, and B. Prasetya, “Profil Berpikir Kritis Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA,” J. Classr. Action Res., vol. 7, no. 1, 2025, doi: https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10570.
Y. T. Akwantin et al., “Profil Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Materi Pemanasan Global,” J. Nat. Sci. Educ. Res., vol. 5, no. 1, pp. 20–30, 2022.
D. L. Kamsinah, . A., and . S., “Analysis of Critical Thinking Skills in Junior High School Students,” J. Adv. Educ. Philos., vol. 4, no. 6, pp. 234–237, 2020, doi: 10.36348/jaep.2020.v04i06.002.
D. Darmaji, A. Astalini, D. A. Kurniawan, A. P. Ningsi, D. D. Romadona, and R. W. Dari, “Regression of Science Process Skills On Critical Thinking Skills In Two Junior High Schools In Jambi City,” JIPF (Jurnal Ilmu Pendidik. Fis., vol. 5, no. 3, p. 177, 2020, doi: 10.26737/jipf.v5i3.1788.
S. N. Qamariyah, S. Rahayu, F. Fajaroh, and N. M. Alsulami, “The Effect of Implementation of Inquiry-based Learning with Socio- scientific Issues on Students ’ Higher-Order Thinking Skills,” vol. 4, no. July, 2021, doi: 10.17509/jsl.v4i3.30863.
P. Inkuiri and B. S. Issues, “BIOCHEPHY : Journal of Science Education,” vol. 4, no. 1, pp. 447–457, 2024, doi: 10.52562/biochephy.v4i1.1190.
M. T. Shoba, R. D. Hardianti, and S. D. Pamelasari, “Penerapan Pendekatan Socio-Scientific Issue (Ssi) Berbantuan Modul Elektronik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” Semin. Nas. IPA XIII “Kecermelangan Pendidik. IPA untuk Konserv. Sumber Daya Alam,” no. 571, pp. 571–579, 2023.
S. Selpiyanti, Pengembangan Modul Ipa Berbasis Socio-Scientific Issue (Ssi) Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Kelas Vii Smp. 2022. [Online]. Available: https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results%0Amuhammadkahfi16060474066@mhs.unesa.ac.id
Anik Fitriyani & Enny Susiyawati, “Pembelajaran Ipa Berbasis Socio-Scientific Issues Untuk Meningkatkan Kemampuan Scientific Literacy Siswa Smp,” vol. 9, no. 2, pp. 257–267, 2024.
D. Setiadi and E. P. Putra, “Pengembagan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP,” Indones. J. Math. Nat. Sci. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 126–134, 2021, doi: 10.35719/mass.v2i2.73.
Nur Rezki Pranoto and Sudiyanto Sudiyanto, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik,” J. Akuntan Publik, vol. 2, no. 2, pp. 128–145, 2024, doi: 10.59581/jap-widyakarya.v2i2.3617.
I Made Tri Pramana Putra, “Kajian Literatur Sistematis: Integrasi Model Inkuiri Berbasis Socioscientific Issues pada Pembelajaran IPA,” J. Pendidik. Mipa, vol. 12, no. 3, pp. 919–928, 2022, doi: 10.37630/jpm.v12i3.704.
E. H. FD Devi, “Pembelajaran Materi Perubahan Iklim dengan Model Guided Inquiry Menggunakan Pendekatan Socio Scientific Issues (SSI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA,” J. Ilmu Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 16–24, 2024, doi: https://doi.org/10.58706/jipp.v3n1.p16-24.
T. Wijaya, W. Wahidmurni, and S. Susilawati, “Efektivitas Strategi Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7627–7636, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3606.
K. B. Kritis, S. Widianjani, and L. Patimah, “Jurnal Didactical Mathematics Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan,” vol. 5, no. 1, pp. 81–86, 2023, doi: https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4938.
dan L. H. M. N. Fihani, V. yaumul Hikmawati, “PENDEKATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE ( SSI ) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA,” Semin. Nas. Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 186–192, 2021.
I. Mahanani, S. Rahayu, and F. Fajaroh, “the Effect of Inquiry Based Learning With Socioscientific Issues Context on Critical Thinking Skills and Scientific Explanation,” J. Kependidikan Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 53–68, 2020, doi: 10.21831/jk.v3i1.20972.
N. Ni’mah, “Analisis Indikator Berpikir Kritis Terhadap Karakter Rasa Ingin Tahu dalam Kurikulum 2013,” Anterior J., vol. 22, no. Special-1, pp. 118–125, 2022, doi: 10.33084/anterior.v22ispecial-1.3220.
S. Zakiyah, “Metodologi Penelitian Quasi Eksperimen,” Pendidik. dan Penelit. Quasi, vol. 1, no. 1, pp. 25–36, 2017.
Khoirun Nisah Lubis, Nurmala Sari, and Gusmaneli Gusmaneli, “Konsep Dasar Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction),” Guruku J. Pendidik. dan Sos. Hum., vol. 2, no. 2, pp. 60–70, 2024, doi: 10.59061/guruku.v2i2.638.
I. Abraham and Y. Supriyati, “Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 8, no. 3, pp. 2476–2482, 2022, doi: 10.58258/jime.v8i3.3800.
M. I. Sukarelawan, T. K. Indratno, and S. M. Ayu, N-Gain vs Stacking. 2024.
A. N. M. F. Ummu Salamah, “Implementasi Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Pada Materi IPA,” Edu-Sains, vol. 14, no. 1, pp. 1–14, 2025, [Online]. Available: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28459981/%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.resenv.2025.100208%0Ahttp://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps:
D. L. Zeidler, “Socioscientific Issues: Theory and Practice,” J. Elem. Sci. Educ. • Spring, vol. 21, no. 2, pp. 49–58, 2019.
T. D. Sadler, “Informal reasoning regarding socioscientific issues: A critical review of research,” J. Res. Sci. Teach., vol. 41, no. 5, pp. 513–536, 2004, doi: 10.1002/tea.20009.
U. Usman et al., “Kurikulum Berbasis Teknologi Dalam Pembelajaran Biologi,” BIOCHEPHY J. Sci. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 618–626, 2025, doi: 10.52562/biochephy.v5i1.1610.
A. A. Nugroho, Sajidan, Suranto, and M. Masykuri, “the Effects of Socio-Scientific Inquiry Based Learning on Students’ Problem-Solving Skills,” J. Balt. Sci. Educ., vol. 24, no. 1, pp. 149–168, 2025, doi: 10.33225/jbse/25.24.149.
U. Usmadi, “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas),” Inov. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 50–62, 2020, doi: 10.31869/ip.v7i1.2281.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
