Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Leadership Style, Lecturer Motivation, and The Pentahelix Model in Supporting the Implementation of the Merdeka Belajar Kampus Merdeka Curriculum (Study at Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)


Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dosen, dan Model Pentahelix dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Studi di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.953

Keywords:

Implementation MBKM, Leadership Style, Lecturer Motivation, The Pentahelix Model

Abstract

The principle of ‘Merdeka Belajar’ is expected to accelerate the process of education reform in Indonesia. Rigid, linear, and bureaucratic education is not suitable for an era where technology is developing rapidly. Curriculum that is responsive to the times, adaptive and innovative is the answer. The purpose of the study is to determine the role of leadership style, lecturer motivation, and the pentahelix model in supporting the implementation of Merdeka Belajar Kampus Merdeka’s Curriculum at Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. The research falls into the category of qualitative research with an interpretive paradigm, and uses several data collection techniques, including interviews, observation, and documentation. The results showed that leadership style, lecturer motivation, and the pentahelix model played a role in the implementation of MBKM at Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. In the scientific field, it is hoped that the results of this study will be used as a reference for further research.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. R. Abdullah, “Konsep Dasar Kampus Merdeka,” dalam Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, Malang, CV Literasi Nusantara Abadi, 2022.

C. E. Setyawan, “Peluang dan Tantangan Kampus Merdeka,” dalam Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, Malang, CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

A. Widyastuti, Merdeka Belajar Kampus Merdeka Tantangan dan Strategi Implementasinya Pendidikan TInggi di Era Baru 4.0, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2022.

N. F. Imtinan, “Gaya Kepemimpinan dalam Menghadapi Era Society 5.0,” Jurnal Kependidikan Islam 11 Nomor 2, 2021.

S. Purwaningrum, “Kemerdekaan dan Kemandirian dalam Belajar,” dalam Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, Malang, CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Fridiyanto, “Konsep Merdeka Belajar,” dalam Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, Malang, CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

A. R. Abdullah, “Kurikulum Merdeka Belajar di SD, SMP, SMA Sederajat,” dalam Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, Malang, CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

A. Farih, “Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi,” dalam Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, Malang, CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

F. Rosi, “Guru Penggerak dan Sekolah Penggerak,” dalam Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, Malang, CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI, 2020.

D. Townsend dan Butterworth, Your Child's First School A Handbook for Parents, Walker & Co., 1992.

N. Arafah dan S. Bahri, “Peningkatan Human Capital dalam Proses Pembelajaran di Era New Normal,” Jurnal Manajemen Bisnis, 2020.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan dan Motivasi, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2011.

A. Wahyudi, “Kinerja Karyawan Ditinjau dari Gaya Kepemimpinan dan Sistem Upah pada PT. Safari Salatiga,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.

D. Daswati, “Implementasi Peran Kepemimpinan dengan Gaya Kepemimpinan Menuju Kesuksesan Organisasi,” Jurnal Academica , 2012.

I. R. Y. Sinambela, S. G. Cibro dan M. J. Lubis, “Gaya Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah pada Era Pandemi Covid-19,” Jurnal Inovasi Penelitian Volume 2 , 2022.

W. S. Jaya, “Kinerja Guru Ditinjau dari Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja,” Jurnal Obsesi Volume 6 Issue 3, 2022.

K. Davis dan J. Nestrom, Human Behaviour at Work : Organizational Behaviour (7th Edition), McGraw Hill, 1985.

M. S. Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi, Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2020.

R. Supomo dan E. Nurhayati, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Penerbit Yrama Widya, 2019.

E. Krisnanik, Q. Saphira dan I. H. Indriana, “Desain Model MBKM dan Kolaborasi Kerja Sama Model Pentahelix Guna Meningkatkan Daya Saing Lulusan,” Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK), 2021.

J. Dzisah dan H. Etzkowitz, “Triple Helix Circulation : The Heart of Innovation and Development,” International Journal of Technology Management and Sustainable Development, 2008.

Rosmiati, I. Putra dan A. Nasori, “Pengukuran Mutu Pembelajaran di FKIP UNJA dalam Upaya Membangun Generasi Economic Citizen yang Mengelaborasi Program MBKM Kemendikbud,” Jurnal Ilmu Pendidikan (Edukatif), vol. 3, no. 6, 2021.

I. Soemaryani, “Pentahelix Model To Increase Tourist Visit To Bandung And Its Surrounding Areas Through Huan Resource Development,” Academy of Strategic Management Journal Volume 15 Special Issues 3, 2016.

M. Rozikin, “Kolaborasi Antar Stakeholders Penta Helix dalam Pengembangan Kota Kreatif (Studi di Kota Malang),” Jurnal Ilmiah Kajian Perencanaan Pembangunan Volume 2 Nomor 2, 2019.

S. Hermawan, “Makna Intellectual Capital Perspektif The Role Theory and The Resource Based Theory,” Ekuitas : Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 2012.

H. Aribowo, A. Wirapraja dan Y. D. Putra, “Implementasi Model Pentahelix dalam Rangka Mengembangkan Potensi Pariwisata di Jawa Timur serta Meningkatkan Perekonomian Domestik,” Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2018.

Khusniyah, “Implementasi Model Pentahelix sebagai Landasan Pengembangan Potensi Pariwisata di Kabupaten Kediri,” dalam Prosiding Seminar Nasional Kahuripan I, 2020.

F. Suzuda dan Z. Kisman, “Dampak Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Trilogi,” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah Volume 7 Nomor 2, 2022.

Y. Laga, R. V. Nona, L. Langga dan M. E. Jamu, “Persepsi Mahasiswa terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 1, 2022.

N. Sintiawati, S. R. Fajarwati, A. Mulyanto, K. Muttaqien dan M. Suherman, “Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” Jurnal Basicedu Volume 6 Nomor 1, 2022.

K. D. P. Meke, R. B. Astro dan M. H. Daud, “Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia,” Jurnal Ilmu Pendidikan (Edukatif) Volume 4 Nomor 1, 2022.

S. Triatri, Keni, Rasji, R. M. Idulfilastri, N. Solikhah dan J. T. Beng, “Perspektif Dosen, Mahasiswa Tendik mengenai Implementasi MBKM di Universitas Tarumanegara,” Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, vol. 6, no. 1, 2022.

R. H. S. Ajil dan M. H. I. Putra, “Role Model Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar,” Salam Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i Volume 8 Nomor 6, 2021.

S. Priatmoko dan N. I. Dzakiyyah, “Relevansi Kampus Merdeka Terhadap Kompetensi Guru Era 4.0 dalam Perspektif Eksperimental Learning Theory,” At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2020.

D. Sopiansyah, S. Masruroh, Q. Yuliati, Zaqiah dan M. Erihadiana, “Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka),” Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal Volume 4 Nomor 1, 2022.

M. R. Baharuddin, “Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi),” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Volume 4 Nomor 1, 2021.

R. A. Cahdriyana dan R. Ricardho, “Esensialisme dan Perspektifnya terhadap Program Merdeka Belajar Kampus,” Literasi Volume XII Nomor 2, 2021.

N. Siregar, R. Sahirah dan A. A. Harahap, “Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0,” Fitrah : Journal of Islamic Education, 2020.

E. Simatupang dan I. Yuhertiana, “Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi : Sebuah Tinjauan Literatur,” Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi Volume 2 Nomor 2, 2021.

T. M. Fuadi, “Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) : Aplikasinya dalam Pendidikan Biologi,” Prosiding Seminar Nasional Biotik.

B. M. Nehe, “Analisis Konsep Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di MasaPendemik di STKIP Setia Budhi Rangkasbitung 2021,” Prosiding Seminar Nasional Setiabudhi Volume 1 Nomor 1, 2021.

Nasrulhaq, A. Harakan, Syukri, S. R. Arfah, N. Khaerah, N. Tahir dan N. Wahid, “Diseminasi Kebijakan Pendidikan melalui Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah,” Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 5 Nomor 1, 2022.

R. Yanuarsari, R. Romansyah, E. D. Latifah, D. Wahidin dan H. S. Muchtar, “Potret Kepemimpinan dan Mutu Pendidikan di Era MBKM Studi Deskriptif pada Perguruan Tinggi Swasta,” Jurnal Ilmu Pendidikan (Edukatif) Volume 4 Nomor 3, 2022.

B. A. Putra, A. I. Salsabila, K. R. Nabila, F. Ikbal dan R. Zakiah, “Peluang dan Tantangan Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka pada Prodi Ilmu Komunikasi,” Edu Cendikia : Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 2 Nomor 1, 2022.

S. Hermawan dan A. , Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, Malang: Media Nusa Creative, 2016.

A. Strauss dan Corbin, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar, 2003.

D. Nelson, “A Framework for Developing Knowledge Maps for a Not-for-Profit Firm: A Case Study Dissertation,” Robert Morris University, USA, 2007.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Penerbit Alfabeta, 2020.

M. B. Miles dan A. M. Huberman, Qualitative Data Analysis, USA: Sage Publication, Inc, 1984.

S. Riyadi, R. S. Harimurti dan J. Ikhsan, “Dampak Implementasi MBKM terhadap Pengembangan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menuju Research Excellence University,” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 1, 2022.

S. M. Juhro, Transformational Leadership, Jakarta: Bank Indonesia Institute, 2020.

M. Hasan, C. A. Kamaruddin, N. S. P. dan F. A. Sasmita, “Model Kolaborasi Triple Helix untuk Mendukung MBKM,” Universitas Negeri Makassar, Makassar, 2022.

K. Naqy dan L. P. E. Hajrizi, “Responsible Innovation in Support of Society 5.0-Aspects of Audit and Control,” 2020.

D. Kodrat, “Industrial Mindset of Education in Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Policy,” Jurnal Kajian Peradaban Islam, 2021.

D. Aswita, “Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) : Inventarisasi Mitra dalam Pelaksanaan Magang Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,” dalam Prosiding Seminar Nasional Biotik, 2022.

Posted

2023-04-28