Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Influence of Promotion and School Image on Parents' Decision in Choosing a School at SMP Muhammadiyah Merauke

Pengaruh Promosi dan Citra Sekolah terhadap Keputusan Orang Tua dalam Memilih Sekolah di SMP Muhammadiyah Merauke

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.9511

Keywords:

School Promotion, School Image, Parents'Desicion

Abstract

This study aims to analyze the influence of school promotion and school image on parents’ decision to choose SMP Muhammadiyah Merauke. The research focuses on three questions: (1) the effect of promotion on parents’ decision, (2) the effect of school image on parents’ decision, and (3) the simultaneous effect of promotion and school image. A quantitative approach was employed using a survey of 123 parents of seventh-grade students selected through probability sampling. Data were analyzed using simple and multiple linear regression. The results show that promotion has no significant effect, while school image has a positive and significant effect on parents’ decision. Simultaneously, both variables contribute, with school image as the dominant factor. These findings highlight that, in the context of Merauke, educational marketing strategies are more determined by school quality and reputation rather than promotional intensity.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rohati, K. Imhati, and M. Ashari, “Analisis Pengaruh Media Sosial Sebagai Media Promosi dalam Menarik

Minat Peserta Didik Baru,” Inform. Teknol. dan Sains, vol. 6, no. 2, pp. 330–336, 2024.

T. Elmi and Amaliyah, “Pengaruh Promosi Digital dan Citra Sekolah Terhadap Keputusan Memilih Sekolah di

SMPIT Madani Tanjung Redeb,” J. Manaj., vol. 12, no. 3, pp. 46–58, 2025.

I. Setiawan, A. Prianto, E. Sukarya, D. Mulyana, I. Komala, and M. Sapruwan, “Pengaruh Promosi, Lokasi dan

Pelayanan Terhadap Keputusan Orang Tua Murid Memilih SMP Presiden Jababeka yang Dimediasi oleh Minat

Beli,” J. EMAS Ekon. Manaj. Akunt. Kewirausahaan, 2022.

F. D. W. Ismoyo, “Pengaruh Citra Sekolah dan Promosi Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah di MAN

Jombang,” IAIN Kediri, 2021. [Online]. Available: https://etheses.iainkediri.ac.id/3940/

F. L. Arofah and Suwandi, “Pengaruh Citra Sekolah dan Strategi Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Memilih

Sekolah di MTsN 6 Jombang,” Al Muaddib ; J. Kaji. Ilmu Pendidik., vol. 06, no. 04, pp. 878–897, 2024.

R. E. Desiyani, L. D. Agustiansyah, and P. Maelani, “Pengaruh Keunikan Produk, Harga Dan Promosi

Terhadap Keputusan Memilih Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Husada Pratama,” J. Valuasi J. Ilm. Ilmu

Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 1, pp. 99–111, 2022, doi: 10.46306/vls.v2i1.73.

A. Krisbiyanto and I. Nadhifah, “Pengaruh Lokasi dan Citra Sekolah Terhadap Keputusan Siswa Memilih

Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri,” Acad. J. Teach. Learn., vol. 1, no. 1, pp. 20–31, 2022, doi:

59373/academicus.v1i1.4.

F. K. Mahnunah and E. Roesminingsih, “Hubungan Antara Promosi Dan Citra Sekolah Dengan Keputusan

Siswa Memilih Madrasah Aliyah Negeri Di Kabupaten Gresik,” Hub. antara promosi dan citra Sekol. dengan

keputusan, vol. 1, no. 2, p. 21, 2019.

DaftarSekolah.net, “DaftarSekolah.net.” [Online]. Available: https://daftarsekolah.net/

S. M. M. Administrator, “Visi dan Misi,” https://www.smpmuhmrk.sch.id. [Online]. Available:

https://www.smpmuhmrk.sch.id/

A. P. Putra, Yetri, and S. M. Ayu, “Implikasi Marketing Mix dan Citra Sekolah terhadap Keputusan Orang Tua

Memilih Sekolah Anak,” Tapis J. Penelit. Ilm., vol. 4, no. 2, pp. 192–201, 2020.

F. Erinawati and A. Syafarudin, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi Terhadap Keputusan,” J.

Valuasi J. Ilm. Ilmu Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 1, no. 1, pp. 130–146, 2021, doi: 10.46306/vls.v1i1.10.

S. Latifah, “Strategi Promosi Jasa Pendidikan dalam Upaya Meningkatkan Citra di SMPIT Al-Hikmah Jakarta

Selatan,” Repository.Uinjkt.Ac.Id, p. 124, 2021, [Online]. Available:

https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/63692%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstrea

m/123456789/63692/1/11150182000041-Sifa Latifah - Erna Priyana.pdf

Y. N. A. Wati, “Pengaruh Strategi Produk dan Promosi Pendidikan Terhadap Keputusan Orang Tua Siswa

Memilih Sekolah MI Miftahul Akhlaqiyah,” Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2022.

S. Najmah and Jasmani, “Pengaruh Promosi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Orang Tua Memilih Sekolah

Taman Kanak-Kanak PAUD Rahayu di Kabupaten Bogor,” J. Ekon. dan Bisnis, 2025.

A. M. Putra, P. N. Kencana, U. Pamulang, T. Selatan, U. Pamulang, and T. Selatan, “Pengaruh promosi dan

biaya pendidikan terhadap keputusan orang tua dalam memilih sekolah penerbangan difasc jakarta di serpong

tangerang,” JORAPI J. Res. Publ. Innov., vol. 2, no. 4, pp. 2970–2981, 2024.

Dian Sudiantini, Kardinah Indrianna Meutia, Bintang Narpati, and Farhan Saputra, “Hubungan Kualitas

Pelayanan, Citra Sekolah, Loyalitas Siswa Dan Keputusan Memilih Sekolah,” J. Ekon. Manaj. Pariwisata dan

Perhotelan, vol. 2, no. 1, pp. 404–408, 2023, doi: 10.55606/jempper.v2i1.881.

Y. I. Setyaningsih, T. A. Karnawati, and J. Dura, “Pengaruh kualitas layanan, promosi, dan citra sekolah

terhadap keputusan siswa memilih SMA Strada Thomas Aquino,” J. Sci. Soc. Res., vol. 4307, no. 1, pp. 396–

, 2025.

Nuraisah, V. Ristanti, I. Arif, and F. Ariyani, “Pengaruh Citra Sekolah Dan Promosi Media Sosial Terhadap

Keputusan Orang Tua Siswa Dalam Memilih Sekolah di SMK Nusa Bangsa,” JIMAPAS J. Ilmu Manaj. dan

Pemasar., vol. 2, no. 2, pp. 55–67, 2024.

H. J. Putri, R. Mardiana, and A. Juhari, “Pengaruh Citra Sekolah Dan Harga Terhadap Keputusan Orang Tua

Siswa Dalam Memilih Sekolah Lanjutan di Smpit Luqman Al Hakim,” J. Ilm. Manaj. Dan Kewirausahaan, vol.

, no. 1, pp. 1–12, 2024.

M. A. Mahbub, “Pengaruh Citra Sekolah Terhadap Keputusan Orang Tua Memilih Sekolah di SDIT Zaid bin

Tsabit,” 2022.

E. Setiawan and Haryantini, “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Orang Tua

Dalam Memilih Sekolah Pada Smp Katolik Sang Timur Di Tangerang,” JORAPI J. Res. Publ. Innov., vol. 2,

no. 1, pp. 537–547, 2024.

Florencia, T. A. Karnawati, and J. Dura, “Pengaruh Lokasi, Religiusitas dan Citra Sekolah Terhadap

Pengambilan Keputusan Orang Tua dalam Memilih SMP Bukit Sion,” J. Sci. Soc. Res., vol. 8, no. 2, pp. 1507–

, 2025.

N. R. Harahap, I. K. Rachmawati, and Y. Handoko, “Pengaruh Biaya Pendidikan , Lokasi , dan Citra Sekolah

Terhadap Keputusan Orang Tua Memilih Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Citra Berkat Surabaya,” JUBIS ;

J. Ekon. Manaj. dan Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 140–151, 2024.

H. F. Rizka Zulfikar, Fifian Permata Sari, Anggi Fatmawati, Kartika Wandini, Tati Haryati, Sri Jumini,

Nurjanah, Selvi Annisa, Oktavy Budi Kusumawardhani, Rif’atul Mutiah, Alexander Indrakusuma Linggi,

Metode Penelitian Kuantitatif, Teori, Metode dan Praktik, vol. 7, no. 2. Kabupaten Bandung: Widina Media

Utama, 2024.

Purwanto, Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

D. Wijaya, Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta Selatan: Salemba Empat, 2012.

F. F. Maulyan, D. Yuniati Drajat, R. Y. Angliawati, and D. Sandini, “Pengaruh Service Excellent Terhadap

Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan: Theoretical Review,” J. Sains Manaj., vol. 4, no. 1, pp. 8–17, 2022,

doi: 10.51977/jsm.v4i1.660.

U. Sumarwan, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 2015.

B. Bungin, Metodologi Penelitian Kuantitatif : Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu

Sosial Lainnya. Depok: Prenadamedia Group, 2018.

S. Azwar, Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Undip, 2018.

M. B. Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku

Media, 2017.

I. W. dan P. L. M. Widana, Uji Persyaratan Analisis. Lumajang: Klik Media, 2020.

B. dan L. M. J. Prasetyo, Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

P. Kotler and K. L. Keller, Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga, 2009.

Sutisna, Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

B. Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta, 2016.

P. Kotler, H. Kartajaya, and I. Setiawan, Marketing 3.0: From Products to Customers to the Human Spirit.

Wiley, 2010.

BPS Papua Selatan, “Kabupaten Merauke dalam Angka 2023,” 2023.

B. S. Yunarti, “Pencapaian Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Merauke,” J. Masal.

Pastor., vol. 7, no. 2, pp. 74–88, 2019, doi: 10.60011/jumpa.v7i2.96.

Posted

2025-09-30