Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Analysis of Storytelling Method for Language Development of Children Aged 4-5 Years at Aisyiah Bebekan Sepanjang

Analisis Metode Bercerita untuk Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiah Bebekan Sepanjang

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.9501

Keywords:

Storytelling Method, Language Development, Early Childhood, Vocabulary, Listening Skills

Abstract

This study aims to analyze the application of storytelling methods to develop the language skills of 4-5-year-old children at Aisyiyah Bebekan-Sepanjang Kindergarten. The research method used a qualitative descriptive approach through observation, interviews, and documentation. The results showed that storytelling activities conducted routinely for 15-20 minutes at the beginning of the lesson can improve listening skills, increase vocabulary, and train children's courage to speak and construct more coherent sentences. The use of media such as picture books, picture cards, and audio-visuals creates a fun, interactive learning environment and effectively stimulates language development and self-confidence in early childhood.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. R. Amalia, A. Rahmawati, dan S. Farida, “Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode bercerita,” Ikhac, vol. 1, no. 1, hal. 1–12, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://doi.org/10.31219/osf.io/kr5fw

U. HASANAH dan N. FAJRI, “Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini,” EDUKIDS J. Inov. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, hal. 116–126, 2022, doi: 10.51878/edukids.v2i2.1775.

M. A. Putri, F. Arifin, dan A. Hadziq, “Stimulasi Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita,” J. Islam. Early Child. Educ., vol. 1, no. 1, hal. 55–71, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://oldjournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/abna/article/view/3264

Hajrah, “Pengembangan Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini,” Adm. Pendidik. Kekhususan PAUD, no. 1, hal. 4, 2018, [Daring]. Tersedia pada: http://eprints.unm.ac.id/11249/1/Jurnal Hajrah.pdf

S. Habibatullah, A. Darmiyanti, dan D. S. Aisyah, “Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita,” PAUD Lect. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 02, hal. 1–7, 2021, doi: 10.31849/paud-lectura.v4i02.5315.

F. Karimah dan A. C. Dewi, “Analisis Perkembangan Bahasa Melalui Bercerita Jurnal Pagi Dan Story Telling Pada Anak Usia 4-5 Tahun,” PAUDIA J. Penelit. dalam Bid. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 10, no. 2, hal. 321–336, 2021, doi: 10.26877/paudia.v10i2.9239.

R. R. JR, A. Luthfi, dan M. Fauziddin, “Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini,” Aulad J. Early Child., vol. 1, no. 1, hal. 39–51, 2018, doi: 10.31004/aulad.v1i1.5.

K. Pegasing, K. A. Tengah, dan A. S. Sitorus, “Penerapan Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di TK Pembina Pegasing ,” no. 4, hal. 136–146, 2024.

A. Prasiwi, “Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini (Penelitian pada kelompok A TK Pertiwi Rejowinangun Selatan Kota Magelang),” Eprint Repsitory Softw., 2018.

E. Khofifah, D. S. Farida, dan S. Sukawati, “Analisis Kemampuan Anak Dalam Menyusun Kalimat Berdasarkan Media Gambar,” Parol. (Jurnal Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 1, no. 20, hal. 551–562, 2018.

A. P. Nurjanah, “Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Ilm. Potensia, vol. 5, no. 1, hal. 1–7, 2020, [Daring]. Tersedia pada: www.jleukbio.org

R. A. Rahayu, Ratmiati, dan Y. Andriyani, “Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Tangan di Taman Kanak Kanak,” J. Pendidik. Terintegrasi, vol. 3, no. 2, hal. 98–107, 2023.

Dara dan Ichsan, “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak TK,” J. Golden Age, Univ. Hamzanwadi, vol. 5, no. 2, hal. 294–303, 2021.

Afifah dan A. Chandra, “Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun (Ditinjau dari Pemerolehan Semantik dan Fonetik) dengan Menggunakan Kegiatan Bercerita Jurnal Pagi dan Cerita Sehari-hari di TK Muslimat NU Masyitoh 19 ‘ANNISA’ Jenggot,” Ijes, vol. 1, no. 1, hal. 45–58, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://journal.upgris.ac.id/index.php/ijes

C. Jhon, W, “Penelitian Kualitatif & Desain Riset,” Mycol. Res., vol. 94, no. 3, hal. 522, 2015.

M. Nukman, M. Nursalim, dan D. Rahmasari, “Dampak Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini: Literature Review,” JRPPJurnal Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 7, no. 1, hal. 284–289, 2024.

J. Pendidikan, I. Anak, dan U. Dini, “A s - S A B I Q U N,” vol. 6, no. November 2024, hal. 1119–1132.

A. Rijali, “Analisis Data Kualitatif,” Alhadharah J. Ilmu Dakwah, vol. 17, no. 33, hal. 81, 2019, doi: 10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

P. Agama, I. Di, dan M. A. N. Medan, “Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan,” J. Penelitian, Pendidik. dan Pengajaran JPPP, vol. 3, no. 2, hal. 147–153, 2022, doi: 10.30596/jppp.v3i2.11758.

F. Joice, P. Sitohang, R. U. Sitohang, dan Y. B. Manalu, “Melalui Metode Bercerita Developing Early Childhood Speaking Skills Through,” hal. 5564–5573, 2025.

S. M. Vidya dan J. Barat, “Upaya Mengenalkan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Metode Storytelling Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Smv,” vol. 9, no. 1, hal. 13–19, 2025.

S. W. Asti, “Analisis Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Menyimak Anak,” ECEJ Early Child. Educ. J., vol. 1, no. 1, hal. 14–19, 2023, doi: 10.62330/ecej.v1i1.11.

Posted

2025-09-25