Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Implementation of Lifeskills Learning at SDIT Nurul Fikri Sidoarjo

Implementasi Pembelajaran Lifeskill di SDIT Nurul Fikri Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.9463

Keywords:

Implementation, Learning, Life Skill

Abstract

Studi ini mengkaji implementasi pendidikan Kecakapan Hidup di SDIT Nurul Fikri Sidoarjo, yang mengadopsi model sekolah sehari penuh. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan siswa kelas 4, guru, dan kepala sekolah. Temuan menunjukkan bahwa pembelajaran Kecakapan Hidup mencakup keterampilan personal, sosial, intelektual, dan vokasional yang terintegrasi dalam kegiatan sehari-hari siswa. Perencanaan sangat ditekankan karena kurikulum dikembangkan secara mandiri oleh sekolah. Implementasinya selaras dengan rencana, dengan materi yang disesuaikan dengan jenjang kelas dan terintegrasi dengan mata pelajaran lain. Evaluasi dilakukan melalui observasi langsung dan tugas di rumah yang diverifikasi oleh orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Maritsa, U. Hanifah Salsabila, M. Wafiq, P. Rahma Anindya, and M. Azhar Ma’shum, “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan,” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, vol. 18, no. 2, pp. 91–100, 2021, doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.

A. H. Nur, “Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) di Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kemandirian Santri,” Empowerment, vol. 3, no. 2252, pp. 1–31, 2015.

N. Yuliwulandana, “Dosen Tetap Jurusan Tarbiyah STAIN Jurai Siwo Metro,” Pengembangan Muatan Kecakapan Hidup (Life Skill) Pada Pembelajaran Di Sekolah, p. 15, 2016.

D. K. Nisa and D. Rustyawati, “Implementasi Pendidikan Kecakapan Hidup Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam Di Sekilah Menengah Kejuruan,” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, vol. 3, no. 2, pp. 216–227, 2022, doi: 10.36671/andragogi.v3i2.222.

V. A. R. & A. Putri, “Pemikiran ki hadjar dewantara tentang pendidikan,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 3, no. 6, pp. 1514–1519, 2019.

M. Hasan, N. Azizah, N. Nurjannah, N. Nurdiana, and N. Arisah, “Pengembangan Pembelajaran Kecakapan Hidup Berbasis Karakter Kewirausahaan pada Jenjang Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 4299–4309, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2791.

J. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, L. Nursafitri, A. Kurniasih, D. Kurniawati, and S. Darussalam Lampung, “Konsep Pendidikan Life Skills Dan Penerapannya Pada Madrasah Ibtidaiyah,” INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 66–72, 2024.

Yuliati, “Konsep Pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup,” Falasifa, vol. 3, no. 1, pp. 1–25, 2017.

A. Nur Shaumi, “Pendidikan Kecakapan Hidup (LifeSkill) dalam Pembelajaran Sains di SD/MI,” Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, vol. 2, no. 2, pp. 240–252, 2015.

M. Pd. RAHAYU DWI UTAMI, SE., S.Pd., “Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Untuk Anak Usia Dini,” Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, vol. 3, no. 9, 2022, doi: 10.36418/jist.v3i9.489.

M. Mislaini, “Pendidikan Dan Bimbingan Kecakapan Hidup (Life Skill) Peserta Didik,” Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 1, no. 02, p. 88, 2017, doi: 10.32332/tarbawiyah.v1i02.974.

R. FUJIANA, EVALUASI PROGRAM KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DI SMPIT ALQUDWAH RANGKASBITUNG, vol. 75, no. 17. 2021.

D. D. Akhadiyah, N. Ulfatin, and D. E. Kusumaningrum, “Muatan Life Skills Dalam Kurikulum 2013 Dan Manajemen Pembelajarannya,” Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, vol. 2, no. 3, pp. 107–113, 2019, doi: 10.17977/um027v2i32019p107.

R. Reksiana, E. N. Rahmah, and N. N. Kamilah, “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Alam,” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 11, no. 02, pp. 529–546, 2022, doi: 10.30868/ei.v11i02.2426.

R. S. Nanda Irama , Ahmad Rifa’i Abun, “APLIKASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP ( LIFE SKILLS) BERBASIS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH (MA)MADARIJUL ULUM KELURAHAN BATU PUTUK KEC. TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG,” vol. 02, no. 03, pp. 234–239, 2023.

M. Saleh, “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Inklusi,” Hikmah: Journal of Islamic Studies, vol. 17, no. 2, p. 101, 2022, doi: 10.47466/hikmah.v17i2.198.

E. F. Arofah, “Evaluasi Kurikulum Pendidikan,” Jurnal Tawadhu, vol. 15, no. 2, pp. 1–23, 2016.

Elmi Masfufah, Erna Sari, Asshofarul Munafi’ah, and Heny Kusmawati, “Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Pembelajaran Yang Efektif Dan Efisien,” Journal of Student Research, vol. 1, no. 1, pp. 215–230, 2023, doi: 10.55606/jsr.v1i1.981.

I. Marzuki, T. Sholihah, and F. A. Imansyah, “Urgensi Aspek Penilaian dalam Evaluasi Pembelajaran,” Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 1–6, 2023, doi: 10.31000/jkip.v5i1.8634.

Posted

2025-09-23