DOI of the published article https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33078
Analysis of the Implementation of Tilawati Recitation on the Quality of Memorization of Students at the Muhammadiyah Al Fattah Ngantang Memorization Islamic Boarding School
Analisis Penerapan Bacaan Tilawati Terhadap Kualitas Tahfidz Santri Pondok Pesantren Tahfidz Muhammadiyah Al Fattah Ngantang
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.9462Keywords:
, Tilawati Method, rost song, Islamic boarding schoolAbstract
Penelitian ini mengkaji penerapan metode Tilawati yang menggunakan lagu Rost untuk meningkatkan kualitas bacaan dan hafalan Al-Quran santri di Pondok Pesantren Tahfidz Muhammadiyah Al-Fattah, Malang. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya metode yang efektif dan menyenangkan untuk memotivasi santri.
Metode Tilawati dipilih karena mengintegrasikan tajwid, makharijul huruf, dan tartil dengan pendekatan musikal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lagu Rost dalam metode Tilawati berhasil meningkatkan kemampuan membaca santri sesuai kaidah tajwid. Selain itu, irama lagu juga membantu santri mempercepat proses hafalan dan meningkatkan daya ingat. Pembelajaran terstruktur dan evaluasi juga mendukung keberhasilan program tahfidz di pesantren tersebut.
metode Tilawati juga memberikan kontribusi signifikan dalam mencapai target hafalan dan membentuk karakter santri yang Qur'ani. Oleh karena itu, metode ini dinilai layak untuk dikembangkan lebih lanjut dalam pendidikan tahfidz.
Downloads
References
U. Karimah, D. Mutiara, M. Farhan, M. Jakarta, and G. Depok, “Pondok Pesantren dan Tantangan : Menyiapkan Santri Salah satu pondok pondok pesantren yang memiliki keunikan dalam program pondok pondok pesantren dengan pendidikan mengenai berwirausaha sebagai bekal santriwan dan santriwati untuk mencari nafkah di dunia,” pp. 42–59.
Rudi Iswanto, “Pengaruh metode tilawatih terhadap kemampuan membaca permulaan Al-qur’an Anak usia 5-6 tahun di TPA Al-Kautsar Desa Purwodadi Kecamatan Trimurjo,” Pharmacogn. Mag., vol. 75, no. 17, pp. 399–405, 2021.
Feni Nikmatul Masykuroh, “Analisis Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Program Unggulan Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Wates Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang,” 2021.
R. Khoriyah, C. Cholifah, and N. L. Nadhiro, “Implementasi Metode 3T+1M Program Tahfidh Juz Amma Untuk Meningkatkan Motivasi Menghafal Peserta Didik Di Sdn 2 Tawangrejo Lamongan,” Pionir J. Pendidik., vol. 11, no. 3, pp. 16–30, 2022, doi: 10.22373/pjp.v11i3.14853.
Anita Sari Lubis, “Analisis Pembelajaran Tahfidz Al-qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Wadi Al-qur’an Kota Padangsimampun,” pp. 1–13, 2022.
EvaFatmawati, “Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an,” vol. 4, no. 1, pp. 25–38, 2019, doi: 10.15575/isema.v3i2.5255.
Hasna, N. L. Inayati, V. Rossi, and A. Rosyida, “Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al- Qur ’ an di TPA Lingkar Qur ’ an Al -Ikhlash Surakarta,” Didakt. J. Kependidikan, vol. 13, no. 2, pp. 1913–1924, 2024.
S. R. Ummah, “Metode Tahfidz Kolaboratif: Mitigasi Kelemahan Hafidz Di Akhir Zaman,” J. Intelek Dan Cendikiawan Nusant., no. September, pp. 4956–4969, 2024.
S. Amir, M. R. Fauzi, and M. Isomudin, “Problematika Pembelajaran Tahfidz di Pondok Pesantren,” J. At-Tadbir Media Huk. dan Pendidik., vol. 31, no. 2, pp. 108–119, 2021, doi: 10.52030/attadbir.v31i2.108.
Mey Nur Haliza, “Penerapan Program Tilawatih, Tahfidz, Muroja’ah (TTM) dalam meningkatkan hafalan Al-qur’an siswa di sekolah menengah pertama Al qolam Muhammadiyah Gemolong,” 2022.
S. F. Rohmah, I. N. Y. Pesha, and R. Triwoelandari, “Implementasi metode Tilawati dengan nada Rost terhadap kualitas tahfizh juz Amma,” Tawazun J. Pendidik. Islam, vol. 16, no. 2, pp. 333–348, 2023, doi: 10.32832/tawazun.v16i2.9820.
Chasanah, “Penggunan Metode Tilawah Evaluasi Sederhana Dalam Meningkatkan Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Tahfidz Kali,” 2023.
D. Hermawan, Roup, and A. Jurjani, “Efektifitas Metode Tilawati Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SDIT Bintang Tangerang Selatan,” J. Konseling Pendidik. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 168–187, 2021, doi: 10.32806/jkpi.v2i1.35.
Salma Nadhifa Asy-Syahida, “Studi Komparasi Metode Talaqqi dan Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-qur’an,” J. Pendidik. Islam Indones., vol. 4, no. 1, pp. 15–22, 2019, doi: 10.35316/jpii.v4i1.166.
S. Alfarisyi, “Problematika Pembelajaran Tahfidz Qur’an di Pondok Pesantren Darul Qur’an Desa Bandar Klipa,” EdumanioraJurnal Pendidikandan Hum., vol. 01, no. 02, pp. 181–190, 2022.
Tia Meliyanti, “Implementasi Metode Tahsin Tilawatih dalam meningkatkan kualitas bacaan dan hafalan Al-Qur’an santri akhwat ma’had Al-quran wal lughah Bogor,” 2024.
E. Nala, Pengembangan Kurikulum Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur (PPME) Nurul Islam 2 Mangli Jember Tahun Ajaran 2022. 2022.
M. A. Sari, Y. Suryana, and U. Faqih, “Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Pada Siswa Kelas VII Di SMP IT An-NuurCikadu Palabuhanratu,” Al-Murid J. Pemikir. MahasiswaAgama Islam, vol. 1, no. 1, pp. 31–48, 2023.
M. Saleh, “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Inklusi,” Hikmah J. Islam. Stud., vol. 17, no. 2, p. 101, 2022, doi: 10.47466/hikmah.v17i2.198.
Aninda Tri Safinatun Najah, “Evaluasi Program Kelas Tahfidz Al qur’an Dengan Model CIPP (Context, Input, Process Dan Product) Di Pondok Pesantren Tahfidz Muhammadiyah AL FATTAH Ngantang Kabupaten Malang,” no. Table 10, pp. 4–6, 2024.
Z. Anisah, “Optimalisasi Otak Kanan Dalam Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Melalui Metode Tilawati Di Sekolah Dasar,” vol. 4, no. 2, pp. 83–88, 2020, doi: 10.21070/madrosatuna.v4i2.93.
A. Irchamni and L. Kusdiana, “Penerapan Metode Tilawatih Dalam Meningkatkan Kemamppuan Membaca Alqur’an Pada Anak Usia Dini,” vol. 01, no. 01, 2025.
N. Anggraini and N. Amirudin, “Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santri Madrasah Diniyah Darussalam Gresik,” J. Pendidik. Islam, vol. 9, no. 2, pp. 1–7, 2023, doi: 10.37286/ojs.v9i2.193.
A. Tricahyudin and anita puji Astutik, “Penerapan Lagu Rost Untuk Pembelajaran Membaca Al-,” Model. J. Progr. Stud. PGMI, vol. 11, no. 1, pp. 866–879, 2024.
R. Nafiah, Marlina, and Romdloni, “Penerapan Metode Tahfidz Dan Takrir Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri Madrasah Quran Asrama Al-Umami,” Al-I’tibar J. Pendidik. Islam, vol. 9, no. 2, pp. 59–67, 2022, doi: 10.30599/jpia.v9i2.1702.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
