DOI of the published article https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/1076
Analysis of Brand Reputation, E-Service Quality, and Electronic Word of Mouth on Tokopedia Consumer Purchase Interest in Sidoarjo
Analisis Reputasi Brand, E-Service Quality, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Tokopedia di Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.9328Keywords:
Reputasi Brand, E-Service Quality, Electronic Word of MouthAbstract
Advances in information technology have encouraged companies to utilize digital platforms to reach consumers more effectively, including in marketing activities. This study aims to analyze the influence of Brand Reputation, E- Service Quality, and Electronic Word of Mouth (e-WOM) on consumer purchase intent for Tokopedia in Sidoarjo. The approach used is quantitative, with data collected through questionnaires and analyzed using inferential statistical methods. The results of the study indicate that all three independent variables significantly influence consumer purchase intent. Brand Reputation builds trust, E-Service Quality enhances convenience, and e-WOM strengthens purchasing decisions. These findings underscore the importance of consumers' perceptions of brand image, service quality, and digital reviews in driving the success of e-commerce marketing strategies..
Downloads
References
M. G. Sono, E. Erwin, and M. A. Muhtadi, “Strategi Pemasaran Digital dalam Mendorong Keberhasilan Wirausaha di Era Digital,” J. Ekon. dan Kewirausahaan West Sci., vol. 1, no. 04, Oct. 2023, doi: 10.58812/jekws.v1i04.712.
A. L. Saputra and T. Aprilia, “Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen,” J. Innov. Manag. Account. Bus., vol. 2, no. 1, pp. 1–7, Mar. 2023, doi: 10.56916/jimab.v2i1.344.
L. P. Satriawan and A. Saputra, “Pengaruh Brand Image, Kreativitas Iklan dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Kaum Milenial Pengguna Shopee Di Kota Batam,” Dyn. Manag. J. ISSN, vol. 7, no. 1, pp. 2580–2127, 2023, doi: 10.31000/dmj.v7i1.
K. J. Miharta and Khusnudin, “Pengaruh dari Reputasi, Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Nasabah mengambil Produk Pembiayaan Murabahah pada Bank Muamalat KC Kediri,” NISBAH J. Perbanka Syariah, vol. 8, no. 1, pp. 57–65, Jun. 2022, doi: 10.30997/jn.v8i1.6000.
M. Indartini and N. Rachma, “ANALISIS PENGARUH WEBSITE DESIGN QUALITY, E-SERVICE QUALITY DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA E-COMMERCE SOCIOLLA,” JAMER J. Akunt. Merdeka, vol. 4, no. 1, pp. 11–21, Jun. 2023, doi: 10.33319/jamer.v4i1.94.
F. L. Latief, A. Firman, and D. Dirwan, “Keputusan Pengguna Gopay dari Aspek E-Service Quality, Promosi dan Harga,” EKOMBIS Rev. J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 11, no. 1, Jan. 2023, doi: 10.37676/ekombis.v11i1.3060.
D. DI KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WIZZMIE SURABAYA Reza Leovina and S. Budi Utomo, “PENGARUH KUALITAS SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA (STIESIA) SURABAYA”.
Y. Mahardika and H. M. Jumhur, “PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA,” Publik J. Manaj. Sumber Daya Manusia, Adm. dan Pelayanan Publik, vol. 10, no. 2, pp. 401–411, May 2023, doi: 10.37606/publik.v10i2.594.
V. F. H. Nst, “Pengaruh E-WOM terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Citra Merek dan Kepercayaan Merek pada Indomaret Cabang Mandala By Pass,” 2023.
R. Agustina, H. T. Hinggo, and H. Zaki, “Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo,” no. 1, 2023.
M. Fadhli Nursal, M. R. Rianto, H. Rohaeni, and F. Saputra, “Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Pada Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Bekasi,” J. Manaj. dan Pemasar. Digit., vol. 1, no. 3, pp. 111–118, 2023, [Online]. Available: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
C. W. Pramesti and A. A. Setyawan, “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan E-WOM terhadap Minat Beli Produk Ramah Lingkungan,” vol. 17, no. 1, 2024.
F. Sari and S. Iskandar, “Analisis Pengaruh eWOM terhadap Minat Beli yang Dimediasi oleh Brand Image (Studi Kasus Pengguna iPhone di Kota Padang),” vol. 01, no. 04, 2024.
J. Steven and A. H. Ramli, “E-Service Quality, E-Wallet Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Pada Pengguna Pembayaran Non Tunai Aplikasi Shopee,” J. Ilm. Manaj. Kesatuan, vol. 11, no. 2, Sep. 2023, doi: 10.37641/jimkes.v11i2.1997.
Islamiyati, “Pengaruh Brand Ambassador, Harga dan Reputasi Merek terhadap Minat Beli Body Lotion Scarlett Whitening,” Univ. Pelita Bangsa, 2024.
N. Sabila, S. Komariah Hildayanti, and M. Bahrul Ulum, “Pengaruh Discount Framing, Brand Reputation Dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Konsumen Marketplace Shopee,” J. Ekon. Bisnis, Manaj. dan Akunt., vol. 4, no. 1, pp. 291–301, Feb. 2024, doi: 10.47709/jebma.v4i1.3643.
F. Alicia Prasasti, I. Ratnasari, and R. Fathan Muhammad, “PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP MINAT BELI PADA E-COMMERCE BLIBLI.COM DI KOTA BEKASI,” J. Manag. Student, vol. 2, no. 2, pp. 18–26, Apr. 2022, doi: 10.35706/jfms.v2i2.7605.
S. Kusuma, “PENGARUH PROMOSI DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT BELI PADA SITUS BELANJA ONLINE LAZADA,” Organ. Behav. Hum. Decis. Process., vol. 3, no. 1, pp. 96–104, 2022.
I. N. Idris, R. S. Hamid, and E. Maszudi, “Peran E-wom Konten Marketing dan Lifestyle Dalam Meningkatkan Kepercayaan Dan Minat Beli Generasi Milenial Pada Tokopedia,” J. Manaj. dan Bisnis Indones., vol. 9, no. 1, pp. 90–103, Jun. 2023, doi: 10.32528/jmbi.v9i1.241.
N. Adjidin, “Pengaruh profit sharing dan brand image terhadap minat nasabah non muslim menggunakan produk bank syariah dengan reputasi sebagai variabel moderating (Studi pada Bank Syariah Indonesia KC Palu Wolter Monginsidi),” 2023.
R. Reggina, D. Anggraini, and F. Sulaiman, “Pengaruh Reputasi Merek dan Kesadaran Merek terhadap Loyalitas Konsumen Starbucks,” INVESTASI Inov. J. Ekon. dan Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, Feb. 2024, doi: 10.59696/investasi.v2i1.30.
D. N. Handayanti and M. R. Indarto, “Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Dengan E-Satisfaction Sebagai Intervening Pada Pengguna E-Commerce Shopee,” vol. 4, 2023.
W. J. Pratiwi, “PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN INFORMATION QUALITY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN DARING DI APLIKASI SHOPEE (STUDI PADA KONSUMEN SHOPEE DI KOTA JAMBI),” vol. 12, no. 01, 2023.
A. E. T. Sinurat, A. H. Ramli, and S. H. Purnomo, “Pengaruh E-Service Quality, E-Trust, E-Customer Satisfaction Terhadap E-Customer Loyalty Pada Marketplace Shopee,” vol. 5, no. 3, 2024.
B. Satriyo, Y. Indriana, and M. Ridlo, “Pengaruh Social Media Marketing, E-Service Quality, dan Review Content terhadap Minat Beli pada UMKM Produk Organik,” J. Ilmu Manaj., vol. 9, no. 4, pp. 1563–1571, Dec. 2021, doi: 10.26740/jim.v9n4.p1563-1571.
R. V. S. Kusuma, L. Listyawati, and D. S. Lestari, “PENGARUH E-WOM DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET DANA DI KABUPATEN JOMBANG,” vol. 2, no. 1, 2024.
N. D. Anjani and H. Setiawan, “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA TIKTOK LIVE SHOPPING,” 2023.
R. A. Erafasa and E. Budiarti, “PENGARUH SALES PROMOTION DI MEDIA SOSIAL, E-WOM, DAN BRAND AWARENES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JADE PERFUME DI SIDOARJO,” vol. 8, no. 3, 2024.
F. Saputra, N. Khaira, and R. Saputra, “Pengaruh User Interface dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Literature),” J. Komun. dan Ilmu Sos., vol. 1, no. 1, pp. 18–25, Jan. 2023, doi: 10.38035/jkis.v1i1.115.
H. Handayani, “Implementasi Sosial Media Influencer terhadap Minat Beli Konsumen: Pendekatan Digital Marketing,” Jesya, vol. 6, no. 1, pp. 918–930, Jan. 2023, doi: 10.36778/jesya.v6i1.1023.
Z. H.Pasaribu, “Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Sales Promo
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,” 2nd ed., Bandung: Alfabeta, 2020.
M. H. Setiawan, R. Komarudin, and D. N. Kholifah, “Pengaruh Kepercayaan, Tampilan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Aplikasi Marketplace,” vol. 4, no. 2, 2022.
Sugiyono, “Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D mix method,” 2nd ed., Bandung: Alfabeta, 2021.
R. Satria and D. C. Imam, “Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bahtera Adi Jaya Periode 2018-2022,” Al-Kharaj J. Ekon. Keuang. Bisnis Syariah, vol. 6, no. 7, Jul. 2024, doi: 10.47467/alkharaj.v6i7.3020.
M. Rosmayanti, “Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mixue,” J. Educ., vol. 5, no. 3, pp. 8126–8137, Feb. 2023, doi: 10.31004/joe.v5i3.1600.
A. Wulandari, Aryandi, and A. Babelia, “PENERAPAN METODE REGRESI LINEAR BERGANDA TERHADAP PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN HARIAN PADA PENJUALAN JAJANAN PASAR DENGAN SOFTWARE SPSS,” Fraction J. Teor. dan Terap. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 18–25, Dec. 2021, doi: 10.33019/fraction.v1i1.3.
N. Purnomo, “PENGARUH GREEN MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN,” vol. 14, no. 1, pp. 1–15, 2025.
A. Miko Putra Gunanda and K. Alifiyah Rahmawati, “Pengaruh Brand Awareness Terhadap Minat Beli Cokelat Silverqueen Pada Konsumen Minimarket Di Berbagai Wilayah Tangerang,” Penelit. Manaj. Dan Inov. Ris., vol. 3, pp. 186–199, 2024, doi: 10.61132/lokawati.v3i1.1483.
D. Febrianda and H. Saputra, “Analisis Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Minat Beli Layanan Internet Indihome Di Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua,” J. Soc. Sci. Res., vol. 5, no. 2, pp. 1184–1199, 2025.
A. Wulandari, W. Kuntari, and N. Penulis:, “Pengaruh Brand Awareness dan Branding Melalui Instagram terhadap Minat Beli (Studi Kasus Cv Subang Aqiqah),” JIMU, 2025.
D. Ambiyah, M. I. P. Putri, and L. Yuliana, “Analisis Reputasi Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Merek iPhone,” Indo-Fintech Intellectuals J. Econ. Bus., vol. 4, no. 5, pp. 1723–1737, Sep. 2024, doi: 10.54373/ifijeb.v4i5.1992.
P. Omas, M. Kurniawan, and F. Lorensia, “Pengaruh E-Service Quality Terhadap Minat Beli Pada Situs E-Commerce (Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak),” 2022.
N. Nita and I. Ratnasari, “Pengaruh E-Service Quality terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening pada Marketplace Shopee,” J-MAS (Jurnal Manaj. dan Sains), vol. 7, no. 2, p. 867, Oct. 2022, doi: 10.33087/jmas.v7i2.510.
N. F. Habibah and N. Fikriyah, “PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT BELI PRODUK FASHION DI SHOPEE (Studi kasus konsumen Toko Adilla.Id),” J. Bus. Financ. Econ., vol. 3, no. 2, 2022, [Online]. Available: https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jbfe
A. L. Hanum, “PENGARUH E-SERVICE QUALITY, ONLINE CUSTOMER REVIEW, DAN RATING TERHADAP MINAT BELI (Studi pada Milenial Pengguna Shopee di Solo Raya),” Sukoharjo, Feb. 2023.
I. Safitri and N. Indra, “Pengaruh Harga dan E-WOM (Electronic Word Of Mouth) Melalui Media Sosial TikTok Terhadap Minat Beli Produk Skincare Skintific,” Pus. Publ. Ilmu Manaj., vol. 2, no. 3, pp. 193–206, 2024, doi: 10.59603/ppiman.v2i3.449.
Dimas Bayu Anggoro and Murwanto Sigit, “Pengaruh Pemasaran Media Sosial Instagram Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli,” MASMAN Master Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 01–09, Dec. 2023, doi: 10.59603/masman.v2i1.249.
A. William and K. I. Tjiptodjojo, “Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan Brand Image terhadap Purchase Decision,” J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 553–558, 2025, [Online]. Available: http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
