Preprint / Version 1

Implementation of Moral Values in the Animated Film Nussa and Rara: An Analysis of Supporting and Inhibiting Factors in the Development of Children’s Social Character at Cemeng Bakalan 1 Sidoarjo

Implementasi Nilai Akhlak pada Film Animasi Nussa dan Rara: Analisis Aspek Penunjang dan Penghambat dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak di SDN Cemeng Bakalan 1 Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.9238

Keywords:

Moral Values, Student Character, Animated Films

Abstract

Penurunan moral siswa meningkat dalam beberapa dekade terakhir, sesuai analisis KPAI dan observasi di SD Negeri Cemengbakalan 1 Sidoarjo. Solusi efektif yang diterapkan ialah pemanfaatan film animasi Nussa dan Rara sebagai penunjang penelitian. Tujuan penelitian ini: (1) menganalisis penerapan nilai akhlak dalam film animasi anak, (2) menganalisis aspek penunjang dan kendala implementasinya. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, serta analisis Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa episode Nussa dan Rara mengajarkan nilai akhlak seperti saling mengingatkan dalam kebaikan, menghormati, meminta maaf tulus, dan berbahasa sopan. Keberhasilan ditunjang alur cerita mudah dipahami, animasi menarik, serta antusiasme siswa. Kendala muncul dari kurangnya dukungan orang tua dan pengaruh lingkungan sosial yang kurang mendukung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurdyansyah, " "Peningkatan Moral Berbasis Islamic Math Character"," Universitas Muhammadiyah Sidoarjo , 2018.

N. Nurdyansyah and T. Fitriyani, "Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap hasil belajar pada Madrasah Ibtidaiyah.," Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2018.

U.-U. R. Indonesia, Sistem Pendidikan Nasional, 2003, 2003.

Firmansyah, A, "Konsep Pendidikan Islam Menurut Mahmud Yunus dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional," (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN)., 2022.

R. Analiya T.R & Arifin, "Perlindungan Hukum Bagi anak Dalam Kasus Bullying Menurut Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak di Indonesia.," Journal Of Gender And Social Inclusion In Muslim Societies, pp. 35-54, 2022.

Pusat Data dan Informasi KPAI, "Kasus Kekerasan terhadap anak pada satuan pendidikan terus terjadi," Pusat data dan Informasi KPAI , 2024.

Hartono, U., "Kekerasan dan Perlindungan Anak. Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial," Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial, vol. 43(2), pp. 177-186, 2019.

W. Nurkamilasari, " Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film Kartun Upin dan Ipin pada Episode Tema Ramadhan Karya Moh Nizam Bin Abd Razak " Doctoral dissertation, 2019.

Z. Ilmiyah, "nilai-nilai pendidikan karakter religius dalam serial animasi nussa dan rara serta relevansinya dengan pembelajaran akidah akhlak di madrasah ibtidaiyah," Doctoral Dissertation, IAIN Ponorogo, 2021.

I. A. Pratama, "Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Serial Animasi Nussa Dan Rara Serta Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak Kelas VII Madrasah Tsanawiyah," (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo)., 2023.

N. Ikhwatika, "Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Taisirul Kholaq serta Relevansinya dengan Nilai Akhlak dalam Animasi Riko The Series," Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo, 2023.

Nurani .S &. Helmanto F, "Representation of Islamic Children's Song Themes in Omar Hana," LADU: Journal of Languages and Education, vol. 2(1), pp. 29-40, 2021.

Y. Fatmawati, "Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Prof. Kh. Saifuddin Zuhri Purwokerto," 2022.

W. F. Jumadi, "Analisi Pesan komunikasi Islam Dalam Film Animasi Nusa Dan Rara Pada Media Youtube," Doctoral dissertation, IAIN Ambon.

U. Rosyada, "Implementasi pesan akhlak melalui film Nussa dan Rara," 2021.

Astuti R, Maslikhatun N, dkk "Animated video as a media for learning science in Elementary School.," Animated video as a media for learning science in Elementary School., vol. 1779, 2021.

Fitri N & Astuti R "The Role of Peers on Learning Motivation of Elementary School Students: Peran Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.," 2023.

B. E. Cahyono & Jatmiko, "Analisis Nilai Karakter Peduli Sosial Pada Perkumpulan Kelompok Siswa Sdn 01 Bono Tulungagung," Jurnal Pendidikan Tambusai, 2023.

Astuti R , Harmiyanti, "Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Sekolah Dasar," Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 1, 2024.

Sugiyono, "Metode Penelitian Kualitatif," Alfabeta, 2020.

S. Syahrizal, dkk "Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif.," QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, vol. 1 (1), pp. 13-23., 2023.

S. D. Pahleviannur, dkk "Metodologi penelitian kualitatif," Pradina Pustaka., 2022.

M. (. Maulida, "Teknik pengumpulan data dalam metodologi penelitian.," Darussalam, vol. 21(2)..

S. Sarosa, Analisis data penelitian kualitatif., 2021.

N. Safarudin, dkk "Penelitian kualitatif," Innovative:Journal Of Social Science Research, vol. 3(2), pp. 9680-9694, 2023.

M. M. Ahmad, "Memahami teknik pengolahan dan analisis data kualitatif," Ahmad, A., & Muslimah, M. (2021, December). MeIn Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS) , Vols. (Vol. 1, No. 1)., 2021.

Kementerian Pendidikan, "Panduan Implementasi Profil Pelajar Pancasila.," Jakarta: Kemendikbudristek. .

H. F. Maisaroh, "Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Moral dan Agama Anak Usia Dini dalam Kitab Kuning.," Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 4(1), pp. 29-39, 2024.

Permatasari, dkk "Keterlibatan Anak dalam Kegiatan Sosial Keluarga sebagai Sarana Pendidikan Karakter.," Jurnal Ilmu Pendidikan , vol. 28(3), p. 211–220. , 2022.

D. Apriliastuti, "PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA TERHADAP GURU DI KELAS 4 B MI AL-IKHSAN MEDARI SLEMAN," (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)., 2019.

M. Mustari, " Nilai Karakter, Refleksi untuk Pendidikan Karakter," Laksbang Pressindo, p. 157, 2011.

Berkowitz, dkk " Research-Based Character Education.," Journal of Character Education, vol. 16(1), pp. 1-12, 2020.

Putri, dkk" Pengaruh Media Digital terhadap Pola Komunikasi Anak Usia Sekolah Dasar," Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Karakter, vol. 4(1), pp. 35-45, 2022.

Y. Gunawan, dkk"Strategi Menumbuhkan Toleransi dan Empati Siswa.," Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 10(1), pp. 35-47, 2020.

B. J. Zimmerman, "The Role of Self-Regulated Learning in Educational Psychology.," . Contemporary Educational Psychology, vol. 65(1), 2021.

Fitriyani, dkk "Mengembangkan Kecakapan Sosial Melalui Penyelesaian Konflik Damai pada Anak Sekolah Dasar.," Jurnal Pendidikan Anak, 2022.

H. Ni’mah, dkk " Analisis nilai-nilai karakter pada anak usia dini dalam film animasi nusa dan rara.," Jurnal Buah Hati, vol. 9 (2), pp. 109-117, 2022.

Lickona, dkk "Smart and Good Schools: A New Paradigm for Character Education.," Washington DC: CEP Press. , 2020.

Hasanah, dkk " Pembiasaan Bahasa Sopan sebagai Pembentuk Interaksi Sosial Anak Usia Dini.," Jurnal pendidikan Karakter Anak, vol. 8(1), pp. 45-60, 2023.

F. Putri, dkk "Etika Komunikasi Verbal dan Dampaknya terhadap Relasi Sosial Anak di Lingkungan Sekolah..," Jurnal Psikologi Perkembangan, vol. 5(2), p. 112–124., 2022.

I. Wulansari, "efektivitas penggunaan media film animasi untuk menyampaikan pesan dakwah pada anak (analisis film animasi nusa dan rara)," (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO), 2021.

E. B. Johnson, "Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It's Here to Stay (Revised ed.).," Thousand Oaks, CA: Corwin Press., 2020.

W. Anjani, dkk "Pengaruh media animasi terhadap pemahaman nilai moral anak usia sekolah dasar.," Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 13(1), pp. 45-55, 2023 .

P. Anggy Widia Ramadanti, "Pengaruh Film Animasi Nussa dan Rara dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini.," PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6(01), pp. 95-102, 2022.

Ramadhani, dkk "Efektivitas film animasi islami terhadap pembentukan karakter religius dan sosial anak usia 7–10 tahun.," Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Anak,, vol. 5(2), pp. 67-78, 2023.

D. H. Schunk, " Learning Theories: An Educational Perspective," Pearson Education. , 2020.

M. . Ismail, "Pendidikan karakter berbasis literasi media dalam keluarga.," Jurnal Pendiikan Anak Usia Dini, vol. 6(2), pp. 89-97, 2022.

N. Noviyanti, "Penerapan Nilai-Nilai Akhlak pada Film Animasi Nusa dan Rara terhadap pembentukan karakter peserat didik kelas 3 SD Negeri 4 Kota Parepare," Doctoral dissetation, IAIN Parepare, 2022.

Ramadhani, dkk "Efektivitas film animasi islami terhadap pembentukan karakter religius dan sosial anak usia 7–10 tahun.," Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Anak, vol. 5(2), pp. 67-78, 2023.

R. E. Mayer, "Multimedia Learning (3rd ed.).," Cambridge: Cambridge University Press. , 2021.

Susanti, dkk "Media audiovisual sebagai strategi pembelajaran nilai akhlak pada anak usia sekolah dasar.," Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 24(3), pp. 99-109, 2022.

M. Ismail, "Pendidikan karakter berbasis literasi media dalam keluarga.," Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 6(2), pp. ¬89-97, 2022.

D. Pulungan, " Implementasi nilai-nilai akhlak pada film animasi Nussa dan Rara dalam pembentukan karakter generasi muda di Lingkungan RT. 07/RW. 01 Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak," (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan), 2024.

Fitriani, dkk "Keterlibatan Orang Tua dalam Penguatan Karakter Anak di Era Digital.," Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 3(1), pp. 28-37, 2021.

I. Ahmad, dkk "Menumbuhkan Karakter Positif Siswa Melalui Tayangan Inspiratif di SDN Inpres Nanga Ni’u Desa Karampi.," eL-Muhbib jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar, pp. 119-131, 2023.

Suyudi, dkk "Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Siswa," QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, vol. 12, pp. 195-205, 2020.

Kemendikbudristek., " Laporan Survei Nasional Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar.," Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan. , 2022.

Intania, dkk "Aspek pendukung dan penghambat implementasi profil pelajar pancasila di kelas IV SD Negeri Pesantren," Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 6(3), pp. 629-646, 2023.

Arifah, dkk " Penerapan Teori Ekologi Bronfenbrenner dalam Konteks Pendidikan Karakter di SD.," Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 8(2), p. 76–83, 2023 .

D. Yulianto, "Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Anak di Sekolah Dasar," Jurnal Psikologi dan Pendidikan, vol. 4(4), p. 220–228., 2021.

U.-U. r. Indonesia, Sistem Pendidikan Nasional, 2003, 2003.

Posted

2025-08-29