Analysis of Early Childhood Literacy Skills through the GALERIA Programme at Kemala Bhayangkari 83 Sidoarjo Kindergarten
Analisis Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Melalui Program GALERIA di TK Kemala Bhayangkari 83 Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.9209Keywords:
Early Childhood, Literacy, GALERIA ProgramAbstract
This study aims to analyze the implementation of the GALERIA program (Gerakan Literasi Bhayangkari Ceria) and the achievement of early childhood literacy skills at TK Kemala Bhayangkari 83 Sidoarjo. A qualitative approach was applied with data collected through observation, interviews, and documentation. The analysis revealed that the GALERIA program is conducted regularly using play-based strategies such as storytelling with puppets, storytelling, reading storybooks, word guessing games, and role-playing. These activities effectively stimulated children’s development in language comprehension, language expression, and emergent literacy. The study concludes that the GALERIA program is an effective play-based literacy strategy for strengthening early childhood literacy foundations and is recommended for implementation in other early childhood education institutions.
Downloads
References
N. A. Amri, N. Amri, Hajerah, and Usman, “Pengembangan Media Busy Book Pada Aspek Literasi Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Dasar Flobamorata, vol. 4, no. 1, pp. 406–411, 2023, doi: 10.51494/jpdf.v4i1.838.
S. Wasis, “Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud),” Pedagog. J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 9, no. 2, pp. 36–41, 2022.
Y. Wulan, “Pentingnya Pendidikan Literasi Untuk Anak Usia Dini Di Era Society 5.0,” in Prosiding Dewantara Seminar Nasional Pendidikan, 2023.
N. Baiti, “Peran Orang tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Di Masa Covid-19,” PRIMEARLY J. Kaji. Pendidik. Dasar dan Anak Usia Dini, vol. VI, no. 2, pp. 113–127, 2020.
D. Amalia, “Optimalisasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Media Gawai,” Tinta Emas J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp. 23–32, 2023, doi: 10.35878/tintaemas.v2i1.743.
N. I. Purnamasari and H. Rohmawati, “Implementasi Kegiatan Bermain Huruf dalam Melatih Kemampuan Literasi Membaca Dasar Anak Usia Dini,” EL-BANAT J. Pemikir. dan Pendidik. Islam, vol. 13, no. 1, pp. 117–141, 2023.
R. A. H. Damayati, D. P. K. Dayu, and ..., “Upaya Peningkatan Literasi Membaca Melalui Metode Jigsaw Berbantuan Media Card Sort Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar,” Pros. Konf. …, vol. 3, pp. 1662–1668, 2022, [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/3155%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/viewFile/3155/2503
M. Shaleh, B. Batmang, and L. Anhusadar, “Kolaborasi Orang Tua dan Pendidik dalam Menstimulus Perkembangan Keaksaraan Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 4726–4734, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2742.
E. S. Kurniasih and N. Priyanti, “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Baca, Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini,” J. Ilm. Potensia, vol. 8, no. 2, pp. 398–498, 2023.
F. Fikriyah, T. Rohaeti, and A. Solihati, “Peran orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik sekolah dasar,” DWIJA CENDEKIA J. Ris. Pedagog., vol. 4, no. 1, pp. 94–107, 2020.
S. Hidayatullah, S. Syihabuddin, and V. Damayanti, “Analisis Kebutuhan Media Literasi Berbasis Digital pada Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 1190–1196, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1183.
Y. A. Rohman, R. Rahman, and V. S. Damayanti, “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 5388–5396, 2022.
N. Baiti, A. Zain, and I. Hasanah, “Pendidikan dan Ekonomi Orang Tua terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia Dini di Masa Pandemi,” Musamus J. Prim. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 59–68, 2021, doi: 10.35724/musjpe.v4i1.3878.
R. F. Kusumadewi and C. D. Irianti, “Hubungan pola asuh orang tua terhadap minat baca siswa sekolah dasar,” Edukasi J. Penelit. dan Artik. Pendidik., vol. 11, no. 1, pp. 33–42, 2019.
R. K. Siregar, E. R. Sibuea, and S. U. K. M. Siregar, “Sosialisasi pentingnya literasi dalam rangka mengurangi penggunaan gadget pada anak,” Kalandra J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 3, pp. 118–124, 2023.
U. Sidik, “Kesesuaian Bahan Bacaan Literasi Emergen Dengan Pembaca Sasaran,” Widyaparwa, vol. 48, no. 2, pp. 257–268, 2020, doi: 10.26499/wdprw.v48i2.609.
Y. B. Mulyadi, “Pendekatan Motivasional Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak,” DUNIA ANAK J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 68–79, 2022.
U. Setyaningsih and I. Indrawati, “Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, pp. 3701–3713, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i4.2340.
R. Fitri, “Peningkatan Kemampuan Guru TK Dalam Pembuatan Media Literasi Melalui Pelatihan Guru Inovatif Di Desa Laipandak Kecamatan Wulla Waijelu Kabupaten Sumba Timur: peningkatan kemampuan guru TK dalam pembuatan media literasi,” PAUD Teratai, vol. 13, no. 2, pp. 1–4, 2024.
N. D. Simatupang, S. Widayati, K. R. Adhe, and S. A. Sholichah, “Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, pp. 1130–1141, 2023.
D. N. Maulida, S. L. Kusna, and E. Puspitasari, “Pengembangan Media Pembelajaran Koper Literasi untuk Menstimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 568–579, 2023.
A. Dr. Nursapia Harahap, M, Penelitian Kualitatif. Sumatera Utara: Wal Ashri Publishing, 2020.
Ardiansyah, Risnita, and M. S. Jailani, “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif,” J. IHSAN J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2023, doi: 10.61104/ihsan.v1i2.57.
M. Saadah, Y. C. Prasetiyo, and G. T. Rahmayati, “Strategi dalam menjaga keabsahan data pada penelitian kualitatif,” Al-’Adad J. Tadris Mat., vol. 1, no. 2, pp. 54–64, 2022.
N. W. R. Dewi, “Membangun Komunikasi Dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng,” WIDYALAYA J. Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 101–108, 2020.
I. Azizi and R. Umi, “Program Literasi Sebagai Upaya Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini di RA Al Falah Dolopo Madiun,” Kindergarten J. Pendidik. Anak Usia Dini Indones., vol. 1, no. 1, pp. 26–40, 2022.
S. Hartati, E. Damayanti, M. Rusdi, D. Patiung, P. Piaud, and U. Alauddin Makassar, “Peran metode bercerita terhadap perkembangan bahasa anak usia dini,” J. PG-PAUD Trunojoyo J. Pendidik. Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, vol. 8, no. 2, pp. 74–86, 2021.
M. Muliyana and K. E. Wardhana, “Meningkatkan kemampuan berbahasa dengan bermain peran pada anak usia dini,” BOCAH Borneo Early Child. Educ. Humanit. J., vol. 1, no. 2, pp. 115–124, 2022.
N. Amini and S. Suyadi, “Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini,” Paudia, vol. 9, no. 2, pp. 119–129, 2020.
C. C. Novita and S. Suyadi, “Penggunaan mainan kartu kata membaca berputar berbasis teknologi untuk anak usia dini,” Aulad J. Early Child., vol. 3, no. 3, pp. 132–138, 2020.
N. U. Nikmah and Y. Darwati, “Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Buku Cerita Bergambar Pada Anak Usia Dini,” WISDOM J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, pp. 141–151, 2021.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
