An Analysis Of The Impact Of Role-Playing Method On Adaptive Behaviour At Tk Aisyiyah3 Bulu Sidokare
Analisis Dampak Metode Bermain Peran Terhadap Perilaku Adaptif di TK Aisyiyah 3 Bulu Sidokare
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.9190Keywords:
Role Play, Adaptive strategy, Macro, kindergartenAbstract
This study aims to analyze the impact of the role-playing method on adaptive behavior in early childhood and to identify the types of role-playing activities that have a positive influence at Aisyiyah 3 Bulu Kindergarten, Sidokare, Sidoarjo. A descriptive qualitative approach was used, involving 35 children aged 5–6 years, class teachers, and parents. Data were collected through direct observation, interviews, and documentation, and analyzed using an interactive model. The results show that the role-playing method, especially macro role-play, enhances children’s adaptability, social skills, and critical thinking. Activities such as simulated shopping, cooking, and museum visits help children interact positively, adapt well, and demonstrate cooperative behavior. The success of this method is supported by the teacher’s role as a facilitator, availability of adequate play facilities, environmental support, and children's enthusiasm. However, challenges such as limited facilities and other constraints need to be addressed to achieve more optimal outcomes.
Downloads
References
F. L. T. A, “LOKALISASI GUYANGAN ( Studi Kasus pada Anak Usia 5-6 Tahun )”.
F. Fuadaturrahmah et al., “Manajemen Perilaku Adaptif Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Di Yayasan
Pendidikan Anak Cacat Kota Medan Sumatera Utara,” J. Pengabdi. Masy. Bangsa, vol. 2, no. 4, pp. 1081–
, 2024, doi: 10.59837/jpmba.v2i4.949.
H. R. Damanik, A. Telaumbanua, U. Nias, and K. S. Siswa, “PENGARUH PERILAKU ADAPTIF
TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 1 MANDREHE UTARA,” vol. 12, no.
, 2024.
H. D. Hediati and N. A. F. Nawangsari, “Perilaku Adaptif Mahasiswa Rantau Fakultas Psikologi UniversitasAirlangga,” Dr. Diss. Univ. AIRLANGGA, no. 2014, pp. 1–11, 2020.
R. Ratu Balqis, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Adaptif Anak Usia Dini,” Auladuna J. Prodi
Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 3, no. 1, pp. 85–90, 2021, doi: 10.36835/au.v3i1.511.
W. S. Hertinjung, Partini, Lusi Nuryanti, Nisa Rahmah Nur Anganthi, Intan Pramesti Rochana, and Mahasri
Shobabiya, “Promosi Kesehatan Mental melalui Pelatihan Keterampilan Sosial pada Warga Pondok
pesantren,” War. LPM, vol. 27, no. 1, pp. 81–89, 2024, doi: 10.23917/warta.v27i1.2818.
T. Carina and S. Supriyadi, “Studi Korelasi Perilaku Adaptif Dan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi
Belajar Pada Siswa Underachiever Di Bali,” J. Psikol. Udayana, vol. 3, no. 1, pp. 35–44, 2016, doi:
24843/jpu.2016.v03.i01.p04.
R. A. Pratiwi, “Modelling Untuk Meningkatkan Perilaku Adaptif Siswa Kelas Viii C,” vol. 6, no. 1, 2021.
N. Meliana, A. Kenedi, and M. N. L. Irawan, “Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan
Empati Pada Anak Di Tk Al Azhar 6 Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan,” J.
Kegur. dan Ilmu Pendidik., no. Halifah 2020, pp. 1–10, 2023.
K. Berbicara, “Penerapan Metode Bermain Peran ( Role Playing ) Dalam Meningkatkan Kemampuan
Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas XII TKJ 2 SMK Negeri 2 Selong Tahun
Pelajaran 2018 / 2019,” 2019.
T. Sayekti, S. Khosiah, and E. Endah, “Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Peningkatan Perilaku
Prososial.,” Misykat Al-Anwar J. Kaji. Islam Dan Masy., vol. 5, no. 2, 2022.
Yunari, “Pengembangan Metode Bermain Peran Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini
Abstrack Abstrak,” SENDIKA Semin. Nas. FKIP UAD, vol. 2, no. 1, p. 269, 2018.
I. F. Novia and Nurhafizah, “Penggunaan metode bermain peran dalam pengembangan kemampuan sosial
anak usia dini,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 2, pp. 1080–1090, 2020.
M. Ismaya, “BERMAIN PERAN BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU
ADAPTIF DALAM BERKOMUNIKASI ANAK AUTIS”.
H. Hadis Purba, “Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional
Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Mukhlisin Kec. Medan Denai,” J. Raudhah, vol. 10, no. 1, 2022, doi:
30829/raudhah.v10i1.1654.
M. Siti and M. N. Hafizah, “Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Anak Usia Dini dengan Metode
Bermain Peran,” J. Usia Dini, vol. 9, no. 2, p. 184, 2023, doi: 10.24114/jud.v9i2.52434.
K. JASMINE, “済無No Title No Title No Title,” Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat Dan
Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, vol. 10, no.
September, pp. 826–833, 2014.
P. Agama, I. Di, and M. A. N. Medan, “Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan,” J. Penelitian, Pendidik. dan
Pengajaran JPPP, vol. 3, no. 2, pp. 147–153, 2022, doi: 10.30596/jppp.v3i2.11758.
A. Masruroh and T. Permatasari, “Dampak Perilaku Anak terhadap Kegiatan Bermain Peran (Roleplay):
Kajian Literatur Tentang Hubungan Antara Perilaku dan Aktivitas Bermain Peran pada Anak,” J. …, vol. 5,
pp. 273–280, 2023.
S. Halifah, “Pentingnya Bermain Peran Dalam Proses Pembelajaran Anak,” JISIP (Jurnal Ilmu Sos. dan
Pendidikan), vol. 4, no. 3, pp. 35–40, 2020, doi: 10.58258/jisip.v4i3.1150.
L. F. Cristanti and D. Miranda, “Peningkatan Perilaku Prososial Anak Melalui Metode Bermain Peran
Makro Pada Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Immanuel …,” J. Pendidik. dan Pembelajaran …, pp.
–9, 2011.
N. Nirwana, “Penerapan Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kemampuan Berbicara,” Instruksional,
vol. 1, no. 1, p. 9, 2019, doi: 10.24853/instruksional.1.1.9-16.
N. Fauziah, E. Elan, and S. Mulyadi, “Metode Bermain Peran Makro Sebagai Upaya Meningkatkan
Keterampilan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun : Tinjauan Pustaka,” J. Paud Agapedia, vol. 4, no. 2, pp. 219–228,
, doi: 10.17509/jpa.v4i2.30441.
P. T. Vygotsky, P. Materi,, and A. Tubuh, “zone of proximal development . Zone of proximal developmnet,”
pp. 27–42.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
