Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

School Development Plan Based on the Public Relations Management Strategy at Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Permata Sunnah Sidoarjo

Rencana Pengembangan Sekolah Berbasis Strategi Manajemen Hubungan Masyarakat pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Permata Sunnah Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.8791

Keywords:

Publice Relations Management Strategy

Abstract

This study aims to describe the school development plan based on the public relations management strategy at PKBM Permata Sunnah, Sidoarjo. PKBM Permata Sunnah as a non-formal educational institution strives to have a role in improving the quality of human resources. This is reflected in the vision, mission, and goals of the school that have been set. For this reason, this study was compiled to understand the current public relations practices, identify the potential and challenges that are owned, and provide suggested solutions to face these challenges. Suggested solutions are compiled by adjusting to the school's current and future vision and mission. This development plan is expected to be implemented to improve the quality of education, the sustainability of educational programs, and strengthen the strategic position of PKBM Permata Sunnah in the community.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. A. Fahrudin and U. Halwati, “Implementasi Fungsi Pokok Managemen Humas Pada Yayasan Pendidikan,” J. Isema Islam. Educ. Manag., vol. 8, no. 1, pp. 91–100, 2023, doi: 10.15575/isema.v8i1.25456.

P. R. Ulumiyah and R. A. Gati, “HUMAS PEMERINTAHAN DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK PADA PORTAL WEBSITE PPID KEMENTERIAN”.

K. Karlis and D. Mulyanti, “Manajemen Pemasaran PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat),” Trending J. Manaj. dan Ekon., vol. 1, no. 3, pp. 14–20, 2023, [Online]. Available: https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Trending/article/view/1112

I. S. Wijaya and M. Al Amin, “Strategi Public Relations dalam Pengembangan Brand Image Sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Kota Samarinda,” Lentera, vol. 4, no. 2, pp. 152–169, 2020, doi: 10.21093/lentera.v4i2.3126.

Y. Al Farisi and M. B. A. Setiawan, “Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Branding Image di Madrasah Aliyah Nurul Jadid,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 12, pp. 10653–10663, 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i12.3407.

Humairoh et al., “Strategi Marketing Berbasis Customer Relation Management,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 1–245, 2023.

M. P. dan K. R. Indonesia, UU SISDIKNAS NO 20 2003, vol. 19, no. 8. 2003.

M. P. dan K. R. Indonesia, “PP No. 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan,” 2010.

M. Pendidikan, D. A. N. Kebudayaan, and R. Indonesia, “Menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia,” pp. 2013–2015, 2013.

Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tentang Standar Nasional Pendidikan, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan,” Lembaran Negara Republik Indones. Nomor 14 Tahun 2022, pp. 1–16, 2022, [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/196151/pp-no-4-tahun-2022

Kemendikbudristek, “SKL Permendikbud 5 tahun 2022,” vol. 1, no. 69, pp. 5–24, 2022.

Kemendikbudristek, “Salinan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah,” Kementeri. Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknol., p. 14, 2022.

Permendikbudristek, “Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah,” Peratur. Menteri Pendidik. Dan Kebud. Republik Indones. Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pendidik. Dasar Dan Menengah, vol. 1, no. 69, pp. 5–24, 2022.

Kemdikbud, “Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah,” Kementeri. Pendidik. dan Kebud. Ris. dan Teknol., p. 9, 2022.

Pemerintah Indonesia, “Permendikbudristek RI Nomor 32 Tahun 2022 tentang Standar Teknis Pelayanan Minimal Pendidikan,” Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknol. Republik Indones., pp. 1–65, 2022.

I. Menteri Pendidikan Nasional, Permendiknas No. 44 Tahun 2009. 2009.

Standar Nasional Indonesia dan Peraturan menteri, “Permendikbudristek RI Nomor 22 Tahun 2023 tentang Standar Sarana dan Prasarana pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah,” Jdih.Kemdikbud.Go.Id, pp. 1–14, 2023, [Online]. Available: https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=3274

Mendikbud, “Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 47 Tahun 2023 Tentang Standar pengelolaan Pendidikan,” Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknol. Republik Indones., pp. 1–16, 2023, [Online]. Available: https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20230810_163641_2023pmkemdikbud47.pdf

N. ,I Rajaloa, S. Hi Umar, and S. Yasim, “Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalan Membina Peserta Didik Yang Putus Sekolah (Studi Kasus di PKBM Mario Laha Kota Ternate Utara),” GeoCivic J., vol. 6, no. 1, pp. 43–52, 2023.

M. Wahyunto, D. Hidayati, and S. Sukirman, “Strategi branding Sekolah di era digital dalam meningkatkan animo masyarakat melalui pemanfaatan digital marketing,” Acad. Educ. J., vol. 15, no. 2, pp. 1260–1271, 2024, doi: 10.47200/aoej.v15i2.2419.

A. Winarto, E. Mahmud, and A. Muadin, “Manajemen Humas dalam Membangun Citra Lembaga: Studi Multisitus di STAI Sangatta dan STIPER Sangatta Kutai Timur,” Sustain. J. Kaji. Mutu Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 159–169, 2023, doi: 10.32923/kjmp.v6i1.3355.

R. Firdaus, “Strategi Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatan Mutu Lembaga Pendidikan di SMP Plus Cordova Banyuwangi,” AKSI J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 44–56, 2023, doi: 10.37348/aksi.v2i1.358.

S. Marigold and B. Di, “Strategi Analisis SWOT dalam Pengelolaan Media Pembelajaran Berbasis ICT untuk Pendidikan Non-Formal: Studi Kasus Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Jawa Barat,” E-Journal Stud. Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 1–8, 2021.

P. Desi, “Jurnal Pendidikan dan Konseling,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 1980, pp. 1349–1358, 2022.

Kemendikdasmen, “Data Sekolah Permata Sunnah,” Online, 23 Maret 2025.

K. P. D. Pitaloka, “Strategi Humas PDAM Kota Surabaya dalam Menangani Keluhan Pelanggan Melalui Media Sosial,” Commer., vol. 7, pp. 28–37, 2023.

S. Susanti, “Analisis Strategi Manajemen Kelembagan di PKBM Al-Ikhram,” vol. 2, no. 6, pp. 393–406, 2024.

Yuliati and T. N. Wahyudi, “Penerapan Strategi Marketing Lembaga Pendidikan Swasta di Era,” vol. 2503–4855, pp. 40–45, 2019.

N. Alamsyah and S. Firdausy, “Strategi Humas dalam Mempertahankan Citra Universitas Fajar,” J. Komun., vol. 17, no. 1, pp. 47–54, 2024.

A. Risnawati, Z. Zuraini, A. Asian, and Haryati, “Strategi Humas (Public Relation) Dalam Membentuk Citra Organisasi,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 6, no. 4, pp. 4139–4143, 2023.

Posted

2025-08-05