Preprint / Version 1

The Influence Of Brand Image, Product Quality, Promotion On Consumer Purchase Interest Of Batik Benang Raja Sidoarjo

Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk , Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Batik Benang Raja Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.8749

Keywords:

brand image, product quality, Promotion, purchase intention

Abstract

Batik is one of Indonesia's cultural heritages that has high artistic and economic value. Along with the times, batik is not only worn in formal events, but has also become part of a fashion trend that is favored by various groups. This has triggered the growth of the batik industry in various regions, including in Sidoarjo, East Java. One company that has a leading Brand Image, product quality, and Promotion in the Indonesian batik industry is the Batik Benang Raja company, known for its quality products at affordable prices. This study will collect samples using the questionnaire method. The researchers plan to conduct several surveys of consumers of batik benang raja Sidoarjo. The data analysis used in this study uses a component-based Structural Equation Modeling (SEM) approach using the Partial Least Squares (PLS) analysis tool. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Deppy Nurshinta Putri, “BATIK MOTIF KEMBANG TELON DIPADUKAN,” 2020.

kundharu sadhono, “Pengembangan Desain Dan Motif Dalam Mendukung,” pp. 336–349.

K. Mere, M. Hery Santoso, H. Utami Rahmawati, and M. Ade Kurnia Harahap, “Peran Ekonomi Kreatif Dalam Menggerakkan Pertumbuhan Ekonomi Lokal,” Communnity Dev. J., vol. 4, no. 6, pp. 12324–12329, 2023.

minhatul ma’arif rizal fauzi, “EKSPRESI KEBUDAYAAN DALAM BATIK : ANALISIS PENULISAN DAN MOTIF CULTURAL EXPRESSION IN BATIK : AN ANALYSIS OF WRITING AND MOTIFS,” vol. 4, no. September, pp. 43–54, 2024.

N. K. P. K. Anastasya Selly Harjanto Putri1, Fakhirani Putri Herrizona2, “Pengaruh Tren Mode Berkain Pada Generasi Z terhadap Upaya Revitalisasi dan Aktualisasi Identitas Budaya dalam Perspektif Etika,” vol. 10, no. 14, pp. 243–252, 2024.

A. Ramadhanty, N. Chandra, E. Ardianto, and A. Budiman, “Simbol dan Makna Berkain dalam Kalangan Pecinta Wastra,” Kaji. Brand. Indones., vol. 5, no. 2, p. 127, 2023, doi: 10.21632/kbi.5.2.127-139.

Y. Febrianty, D. Pitoyo, F. A. Masri, M. A. Anggreni, and Z. Abidin, “Peran Kearifan Lokal dalam Membangun Identitas Budaya dan Kebangsaan,” El-Hekam J. Stud. Keislam., vol. 7, no. 1, pp. 168–181, 2023.

A. N. Safitri, “Pengaruh brand image, persepsi harga dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang pada Lazada,” Entrep. Bisnis Manaj. Akunt., vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2021, doi: 10.37631/e-bisma.v1i1.212.

A. R. P. D. Jaya, I. A. Maruta, and N. M. I. Pratiwi, “PengarJaya, Aulia Ramadhani Putri Diah Maruta, IGN. Anom Pratiwi, Ni Made Idauh Brand Equity, Brand Image dan Suasana Toko (Store Armosphere) Terhadap Minat BPengaruh Brand Equity, Brand Image dan Suasana Toko (Store Armosphere) Terhadap Minat Beli Pada T,” J. Manaj. Bisnis, pp. 66–80, 2020.

I. Z. Rohman, “Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang,” Manaj. Dewantara, vol. 6, no. 1, pp. 53–60, 2022, doi: 10.26460/md.v6i1.11846.

M. Janah, D. Suhaeli, and M. Muhdiyanto, “Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris Konsumen Kosmetik Wardah),” UMMagelang Conf. Ser., pp. 546–556, 2024, doi: 10.31603/conference.12040.

M. S. miftachul jannah, Dr. Mudjito, Ak., “MANAJEMEN PROGRAM PENILAIAN HASIL BELAJAR BERBASIS Pada era globalisasi , perkembangan teknologi dapat memberi berbagai kemudahan bagi kehidupan manusia . Namun manusia tidak pernah puas dengan apa yang telah dimilikinya . Sehingga teknologi yang dianggap,” no. 3.

L. B. k silaen, “Strategi Pemasaran Digital Untuk meningkatkan Penjualan Produk Lokal Diera Online,” vol. 2, no. 3, pp. 1072–1079, 2024.

Desi Puput Aryanti, “MANAJEMEN INOVASI BUNGA PAPAN MELALUI ANALISIS SWOT UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus di Toko Andis Flower Kebumen),” vol. 4, no. 2, pp. 1–23, 2023.

Setianingsih A, “Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Brand Image Dan Minat Beli Produk Kosmetik E-Commerce,” vol. 2, no. 1, pp. 1110–1120, 2021.

M. R. R. Siti Nur Cahyani1, “Pengaruh Brand image dan Promosi terhadap Kualitas produk Batik Danar Hadi,” vol. 5, no. 6, pp. 671–683, 2022.

W. U. Linda, “PENGARUH GREEN MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT MEMBELI BATIK DI BENANG RATU,” 2022.

S. Pranata and C. Lukita, “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (BATIK TRUSMI),” vol. 01, no. 01, pp. 10–15, 2023.

Morissan, PERIKLANAN:KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU. Perpustakaan nasional:katalog dalam terbitan (KDT), 2010.

Irwan and K. Adam, “Metode Partial Least Square (Pls) Dan Terapannya,” Teknosains, vol. 9, no. 1, pp. 53–68, 2020.

K. S. Gunawan, “G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan Mining Company,” Pengukuran Qual. Serv. Facil. terhadap Cust. Satisf., vol. 7, no. 3, pp. 1026–1036, 2023.

R. Z. Azzahrona, “PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL USAHA MIKRO KECIL MENENGAH ( UMKM ) DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR,” vol. 2, no. 3, pp. 572–584, 2022.

M. F. Busti and H. A. Rivai, “Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis Pengaruh Beban Kerja dan Resiliensi terhadap Job Burnout dengan Stres Kerja sebagai Variabel Mediasi,” vol. 5, pp. 632–640, 2023, doi: 10.37034/infeb.v5i2.566.

E. Sulistyono, “Jurnal Ilmiah Manajemen , Ekonomi dan Bisnis Model Pengukuran Working Out Loud ( WOL ) Terhadap Adopsi Enterprise Social Networks ( ESNs ),” vol. 2, pp. 22–36, 2023.

S. N. Azizah, B. Permatasari, and E. Suwarni, “PENGARUH PENERAPAN ABSENSI FINGERPRINT TERHADAP DISIPLIN KERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA BAGIAN PENGADAAN BARANG / JASA SEKRETARIAT KOTA BANDAR LAMPUNG,” vol. 2, no. 1, pp. 67–77, 2022.

D. R. Rahadi, Pengantar Partial Least Squares Structural Equation Model (PLS-SEM) 2023, no. Juli. Tasikmalaya, Jawa Barat. 2023.

C. S. Ningsih and L. Anah, “Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Universitas Hasyim Asy’ari Jombang),” BIMA J. Bus. Innov. Manag., vol. 3, no. 2, pp. 165–184, 2021, doi: 10.33752/bima.v3i2.5480.

Allya Ramadhina and M. Mugiono, “Pengaruh Desain Kemasan, Variasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen,” J. Manaj. Pemasar. dan Perilaku Konsum., vol. 1, no. 1, pp. 59–67, 2022, doi: 10.21776/jmppk.2022.1.1.21.

A. Muid and J. Souisa, “Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepatu Aerostreet,” Ekono Insentif, vol. 17, no. 2, pp. 107–122, 2023, doi: 10.36787/jei.v17i2.1175.

Triyono, Dasmadi, and A. F. Ariestanto TNK, “Pengaruh Promosi, Biaya, Fasilitas, Akreditasi, Dan Lokasi Universitas Boyolali Terhadap Minat Calon Mahasiswa Baru,” EKOBIS J. Ilmu Manaj. dan Akunt., vol. 9, no. 2, pp. 220–229, 2021, doi: 10.36596/ekobis.v9i2.460.

Posted

2025-08-04