Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Challenges of Learning Islamic Religious Education in the Digital Era

Tantangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital

##article.authors##

  • Dyah Farissa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo image/svg+xml
  • Budi Haryanto

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.8719

Keywords:

Islamic Religious Education, Digital Era, Learning Challenges

Abstract

Penelitian ini membahas tantangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di era digital, dengan fokus pada peningkatan kompetensi guru, relevansi materi, dan kesiapan peserta didik dalam menghadapi perkembangan teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan analisis isi (content analiysis) dan pendekatan hermeneutika untuk memahami makna kontekstual dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi membawa perubahan signifikan dalam proses pembelajaran PAI, mulai dari paradigma yang beralih dari metode konvesional ke pembelajaran berbasis teknologi, hingga pemanfaatan media digital untuk mendukung proses belajar mengajar. Namun, terdapat tantangan seperti rendahnya literasi digital, kesenjangan akses teknologi, potensi penyalagunaan internet, serta perlunya inovasi dalam penyusunan materi ajar agar tetap relevan dan efektif. Penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan kompetensi guru, pengembangan materi pembelajaran digital, dan peningkatan literasi digital peserta didik untuk memastikan pembelajarn PAI tetap mampu membentuk karakter dan nilai-nilai spiritual generasi muda di tengah perubahan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asfiati, Redesign Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menuju Revolusi Industri 4.0 di Sekolah, Edisi Revi. Jakarta: Kencana, 2021.

I. M. Sembiring, Ilham, E. Sukmawati, Maisuhetni, and O. Arifudin, “Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5 . 0,” Soc. Sci. Res., vol. 4, pp. 305–314, 2024.

K. A. Santi and S. K. Ja’far Yazid, “Konsep Pemikira Ahmad Tafsir dalam Ilmu Pendidikan Islam,” J. Tarb. Islam., vol. 5, 2020.

Mustofa, “Digitalisasi Koleksi Karya Sastra Balai Pustaka sebagai Upaya Pelayanan di Era Digital Natives,” Perpust. Univ. Airlangga, vol. 8, no. 2, pp. 61–68, 2018.

S. arum Puspita Lestari and D. S. Kusumaningrum, “Implementasi digitalisasi pendidikan terhadap pembelajaran di sdn ciptamargi 1,” Pros. Konf. Nas. Penelit. dan Pengabdi. Univ. Buana Perjuangan Karawang, vol. 3, no. 1, pp. 718–725, 2023.

A. F. Syaputra, D. Hidayati, and N. Maya, “Digitalisasi Pendidikan pada Implementasi Kurikulum Merdeka,” Syntax Admiration, vol. 4, no. 11, pp. 2207–2217, 2023.

B. Sitompul, “Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Di Era Digital,” Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 3, pp. 13953–13960, 2022.

N. Afif, “Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital,” Pendidik. Islam, vol. 2, no. 01, pp. 117–129, 2019.

I. Mardiatul Laily, A. Puji Astutik, and B. Haryanto, “Instagram sebagai Media Pembelajaran Digital Agama Islam di,” Manaj. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 2, pp. 160–174, 2022.

D. E. Silalahi et al., Litrasi Digital Berbasis Pendidikan, Edisi pert. Padang sumatra barat: PT. Global Eksekutif Teknologi, 2024.

Suprapno et al., Tantangan Pendidikan di Masa Pandemi Covid 19. Batu: Literasi Nusantara, 2021.

Nila Nirwana, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam di Era Digital,” J. Pendidik. profesi guru agama Islam, vol. 3, no. 2, pp. 235–241, 2023, [Online]. Available: https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau

Iqbal Syahrijar, Ildira Az Zahra, Udin Supriadi, and Agus Fakhruddin, “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Digital,” J. AL-HIKMAH, vol. 5, no. 1, 2023.

Azhar Kholifah, “Strategi Pendidikan Pesantren Menjawab Tantangan Sosial di Era Digital,” J. BASICEDU, vol. 6, no. 3, pp. 4967–4978, 2022.

Abdul Aziz and Supratman Zakir, “Tantangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era 4.0,” IRJE J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 3, pp. 1070–1077, 2022.

A. Manan, “Pendidikan Islam dan Perkembangan Teknologi : Menggagas Harmoni dalam Era Digital,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 5, no. 1, pp. 56–73, 2023.

S. Sugiyarti and M. I. Anshory, “Pendidikan Islam di Era Digital,” J. Penelit. Guru Indones., vol. 4, no. 1, pp. 779–786, 2024.

S. ningsih Yuni, “Meta Analisis Strategi Pembelajaran Agama Islam di Era Digital,” J. Manaj. dan Pendidik. Agama Islam, vol. 2, no. 3, 2024.

D. lutfita kurnia Ristanti octiana, Choirrudin candra, “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Telaah Terhadap UU Nomor 20 Tahun 2003,” Pendidik. Islam, vol. 13, no. 2, pp. 152–159, 2020, doi: 10.32832/tawazun.v13i2.2826.

S. T. Irnawati, kasim Yahiji, muh Arif, and yanty K. Manoppo, “Pengembangan Bahan Ajar pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Umum Berbasis Digitalisasi,” Indones. Res. J. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 187–193, 2024.

S. Yusuf, “Konsep Pendidikan Akhlak Syeikh Muhammad Syakir dalam Menjawab Tantangan Pendidikan Era DIgital (Eksplorasi Kitab Washāyā Al - Ābā’ Lil Abnā’),” Ta’dibuna J. Pendidik. Agama Islam, vol. 2, no. 1, pp. 1–18, 2019.

N. Hariyadin, “Pengembangan Keterampilan dalam Pembelajaran,” J. Pendidik. Indones., vol. 2, no. 4, pp. 733–743, 2021.

Mahanum, “Tinjauan Kepustakaan,” J. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 1–12, 2021.

A. Hamzah, Metode Penelitian Kepustakaan Library Research Kajian filosofis, Teoritis dan Aplikatif, Pertama. Batu: Literasi Nusantara, 2019.

M. Iman Firmansyah, “Pendidikan Agama Islam : Pengertian, Tujuan, dasar, dan Fungsi,” Pendidik. Agama Islam -Ta’lim, vol. 1, no. 2, pp. 79–90, 2019.

M. Rizfani, M. Mauladi, and A. Wardana, “PENDIDIKAN AGAMA DI ERA DIGITAL,” Islam. Educ., vol. 3, pp. 145–154, 2024.

Miftahussaadah and Subiyantoro, “Paradigma pembelajaran dan motivasi belajar siswa,” Keislam. dan Ilmu Pendidik., vol. 3, pp. 97–107, 2021.

Neliwati, H. L. Pohan, and F. F. Rambe, “Manajemen Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital,” Progr. Stud. PGMI, vol. 11, pp. 246–253, 2024.

R. Akbar and N. Saidah, “Transformasi Kompetensi Guru PAI di Abad 21 : Perubahan Paradigma Pembelajaran di Era Digital,” Ilm. Kaji. Islam, vol. 9, no. 2, pp. 137–150, 2025.

A. Fransori, N. Irwansyah, and F. Y. Parwis, “Inovasi Pendidikan dan Penerapan Pembelajaran Interaktif di Era Digital,” Pendidik. Impola, vol. 01, no. 02, pp. 138–145, 2024.

T. Sugiarto, Ambiyar, Wakhinuddin, W. Purwanto, and H. D. Saputra, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar : Metaanalisis,” J. Pendidik., vol. 21, no. 1, pp. 128–142, 2023, doi: 10.31571/edukasi.v21i1.5419.

U. Hasanah and M. Sukri, “Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam : Tantangan dan Solusi,” Pendidikan, vol. XI, no. 2, pp. 177–188, 2023.

Y. R. D. Pandie, “Literasi Digital Berbasis Pendidikan Kristiani sebagai Sarana Pembentukan Karakter Era Disrupsi Teknologi,” Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 4, pp. 5995–6002, 2022.

Erlin and M. Aqil, “The Influence of Social Media on the Motivation to Learn History of Grade XI Students in High School,” Educ. J. Soc. Stud., vol. 3, pp. 45–54, 2025.

E. Azizah and F. Baharuddin, “Hubungan Antara Fear Of Missing Out (FOMO) dengan Kecanduan Media Sosial Instagram pada Remaja,” Psikol. Humanistik, vol. 9, pp. 15–25, 2021.

K. R. Ahmad, L. S. Amir, and M. Hapipi, “Pengaruh Media Sosial terhadap Pola Komunikasi dan Hubungan Sosial dalam Kalangan Generasi Z,” Sanskara Ilmu Sos. dan Hum., vol. 1, no. 02, pp. 85–94, 2024, doi: 10.58812/sish.v1.i02.

M. Riadi, “Motivasi Belajar - Pengertian, Fungsi, Prinsip dan Cara Menumbuhkan,” KajianPustaka.com. [Online]. Available: https://www.kajianpustaka.com/2022/01/motivasi-belajar-pengertian-fungsi.html

S. Susanti, F. Aminah, I. Assa’idah mumtazah, M. Aulia wati, and T. Angelika, “Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa,” J. Pendidik. dan rRset, vol. 2, no. 2, pp. 86–93, 2024.

Mahsup, “Desain Pengembangan Kurikulum Abad 21 dalam Perspektif Progresivisme,” Kompasiana. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/supysup5145/6752595134777c08a252b579/desain-pengembangan-kurikulum-abad-21-dalam-perspektif-progresivisme

Triyatno, E. Fauiziati, and Maryadi, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Prespektif Filsafat Progresivisme John Dewey,” J. Ilm. Kependidikan, vol. 17, no. 2, pp. 17–23, 2022.

Muhartini, A. M. Mansur, and A. Bakar, “Pembelajaran kontekstual dan pembelajaran problem based learning,” J. Inov. Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 66–77, 2023.

S. A. Hasmar and Ismail, “Menggali Peran Filsafat Pendidikan Dalam Membentuk Pemikiran Kritis Di Era Teknologi,” J. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 1, 2024.

S. Riyadi, A. Munip, A. Junaidi, T. Buaja, S. Shaddiq, and N. Andriani, “Transformasi Pendidikan Luar Biasa di Era Digital : Inklusi dan Teknologi di Tahun 2025,” J. Edu Res. Indones. Inst. Corp. Learn. Stud. (IICLS, vol. 6, no. 1, 2025.

K. Robiah, N. R. Putri, F. Jannah, and N. yuli Astuti, “Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Islam,” Pendidik. Islam Al-Affan, vol. 4, no. 2, pp. 218–223, 2024.

S. Zulfikar, “Penggunaan Website dan Internet dalam Pembelajaran,” J. Instr. Dev. Res., vol. 1, no. 3, pp. 106–111, 2021.

A. Fricticarani, A. Hayati, Ramadani, I. Hoirunisa, and G. M. Rosdalina, “Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0,” J. Inov. Pendidik. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 56–68, 2023.

Hasanuddin, Puryadi, and A. Jayadi, “Analisis Kesiapan Digitalisasi Sekolah Jenjang SMP di Kabupaten Sumbawa Bara,” J. Ilm. Univ. Muhammadiyah But., vol. 8, no. 1, pp. 1–13, 2022.

R. M. Dwiputro, “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis B lended Learning di Sekolah Menengah Atas,” Pendidik. Islam, vol. 15, no. 2, pp. 339–356, 2022, doi: 10.32832/tawazun.v15i2.8597.

D. Puspitarini, “Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21,” J. Karya Ilm. Guru, vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2022.

M. Sajdah and H. Dwistia, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Ar Rusyd J. Pendidik. Agama Islam, vol. 1, no. 2, pp. 78–93, 2022, doi: 10.61094/arrusyd.2830-2281.33.

M. Rahman, I. Nursyabilah, P. Astuti, M. I. Syam, S. Mukramin, and W. O. I. Kurniawati, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran,” J. Educ., vol. 05, no. 03, pp. 10646–10653, 2023.

W. Salamah, “Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 4, pp. 533–538, 2020.

R. Abdillah, A. Kuncoro, F. Erlangga, and V. Ramdhan, “Pemanfaatan Aplikasi Kahoot ! dan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi,” J. Pendidik. Sains dan Komput., vol. 2, no. 1, pp. 92–102, 2022.

D. P. A. Siwitomo, N. N. F. Fitriyani, N. N. Fadhilah, and Mafiqoh, “Kolaborasi Pendidikan : Strategi Inovasi Mengatasi Permasalahan,” Proc. Unimbone, vol. 1, pp. 64–68, 2023.

M. Fauzi and M. S. Arifin, “Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan Islam,” Al-Ibrah J. Pendidik. Dan Keilmuan Islam, vol. 8, no. 1, 2023.

A. Zain, Z. Mustain, and Rokim, “Penguatan Nilai-Nilai Spiritual dan Moralitas di Era Digital melalui Pendidikan Agama Islam,” JEMARI J. Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 2, pp. 94–103, 2024.

Melani, B. Siregar, J. Simarmata, M. R. Al farizi, K. Astuti, and lubis Trisnawati, “Hubungan Pendidikan Spiritual Dengan Tingkat Kedisiplinan Siswa,” J. Educ., vol. 06, no. 02, pp. 14475–14481, 2024.

Posted

2025-08-05