Analysis of the Application of Nahwu Al-Wadhih Volume 1 Book For Junior High School at ‘Aisyiyah Islamic Boarding School (AIBS) Bojonegoro
Analisis Penerapan Buku Nahwu Al-Wadhih Jilid 1 Untuk Madrasah Tsanawiyyah di Pondok Modern ‘Aisyiyah Islamic Boarding School (AIBS) Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.8644Keywords:
Buku Nahwu Al-Wadhih, Application, ImpactAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kitab Nahwu Al-Wadhih jilid 1 dalam pembelajaran Nahwu di Pondok Modern 'Aisyiyah Islamic Boarding School (AIBS) Bojonegoro, serta dampak penerapannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari santriwati kelas 2 KMI, guru mata pelajaran Nahwu, dan wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kitab Nahwu Al-Wadhih jilid 1 meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang terstruktur. Dampak positif penerapan kitab ini meliputi peningkatan kemampuan berbicara, membaca, pemahaman struktur kalimat, penguasaan kosakata, dan kepercayaan diri siswa dalam berbahasa Arab. Namun, terdapat pula dampak negatif, seperti anggapan siswa bahwa belajar Nahwu itu sulit, penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar, dan perbedaan tingkat pemahaman antar siswa.
Downloads
References
M. Fauzan H, “Eksplorasi Karakteristik Bahasa Arab: Mabna, Makna, dan Posisi sebagai Bahasa Al-Quran dalam Peradaban Manusia,” Mauriduna, vol. 5, 2024.
Nurjana, “Peran Bahasa Arab Dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Dan Peradaban Islam,” J. Literasiologi, vol. 8, p. 53, 2022.
Irmansyah, “Ta’limu Nahwi Biistikhdami Kitabu Mukhtarot Qowaidu Lugoh Al-Arobiyah Litilmidzatu Fi Al-Fashli,” J. Ilm. Al-Mashadir, vol. 2, 2022.
Suqirman. Agustang, Pembelajaran Bahasa Arab Historis, Adaptif dan Aplikatif, 1st ed. 2024.
I. Fauji, “Pengaruh Lingkungan Berbahasa terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Santri Kelas X PPDU Putri,” J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 7, 2024.
K. Hikmah. et al, “Pembelajaran Nahwu Berbasis Metode Bernyanyi di SMA Muhammasiyah Tulangan,” Al-Mi’yar, vol. 7, 2024.
D. Syamsuddin, “Tathwiru Wasailu I’lam ‘Go Nahwu’ Ka Maurudi Ta’limi Lithulabi Sofu Tsani Fi Ma’hadi Ar-Ridho,” Tatsqifiy, vol. 6, 2024.
A. Reonaldi et al, “Peningkatan Peran Guru Bahasa Arab terhadap Pemahaman Dasar Ilmu Nahwu di Pondok Pesantren,” J. Ilmu Pendidik., vol. 5, p. Halaman 409-420, 2023.
Asiah, “Problematika Pembelajaran Nahwu Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab di Lembaga Pendidikan Indonesia,” Borneo J. Lang. Educ., vol. 2 No.2, p. 2, 2022.
T. Fitrawan, “Tathbiq Ta’lim An-Nahwu Lifahmi Madati Al-Lughoh Al-Arobiyah Lithulabi Fashlu AL-Hadi Asyar Bi Al-Madrosati Al-Aliyah,” Al-Hida, vol. 12, 2024.
K. Khoiri, “Studi Komparatif Metode Qiyasiyah dan Istiqroiyah dalam Pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren,” J. Educ., vol. 6, 2024.
A. Ahkas W, “Analisis Buku Nahwu Wadhih Juz 2 Karya Ali Al-Jarimi Dan Musthafa Amin,” Ta’lim al-‘Arabiyyah J. Pendidik. Bhs. Arab Kebahasaaraban, vol. 6, p. 3, 2022.
A. Supardi. et al, “Pembelajaran Nahwu Dengan Metode Deduktif dan Induktif,” J. Keislam. dan Pendidik., vol. 3, 2022.
R. Mahmuddin, “Tadris At-Tarakib An-Nahwiyah Fi Ta’lim Al-Lughoh Al-Arobiyah Ligoiri An-Nathiqina Biha,” Al-Bashirah, vol. 4, 2023.
K. Hikmah. et al, “Implementasi Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab Pada Boarding School SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo,” J. Ilm. Pembelajaran Bhs. Arab dan Kebahasaaraban, vol. 7, 2024.
A. Sudrajat, “Urgensi Ilmu Nahwu dan Sharaf Sebagai Asas Penulisan Karya Ilmiah,” Al-Lisan Al-Arabi, vol. 1, 2021.
S. Anam, “Implementasi Pembelajaran Ilmu Nahwu Kitab Al-Lubab Dan Implikasinya Dalam Pemahaman Kitab Kuning Di Madrasah Aliyah Al-Mubarok Medono Pekalongan,” 2023.
R. Ridho, “Penerapan Buku Ajar Nahwu Metode Ihfadz Di Madrasah Diniyyah Al Amiriyyah Darussalam Blokagung Banyuwangi,” Tadris Al-Arabiyat J. Kaji. Ilmu Pendidik. Bhs. Arab, vol. 2 No. 3, 2023.
A. Amirudin, “Analisis Materi dan Pembelajaran Dalam Kitab Nahwu Jawan Magetan,” Ihtimam J. Pendidik. Bhs. Arab, vol. 5 No. 2, 2022.
N. Yaturrochmah, “Penerapan Kitab Ikhtishar Nahwiyyah Dalam Pembelajaran Qawa’id Bahasa Arab Di Ma’had Darul Muta’allimin Madrasah Aliyah Negeri Bayuwangi,” 2022.
M. B. U. B. Arifin, Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA Press, 2018.
B. Pasaribu et al, Metodologi Penelitian, 1st ed. Banten: Media Edu Pustaka, 2022.
Y. Balaka, Metodologi Penelitian Kuantitatif, 1st ed. Bandung: Widina Bhakti Persada, 2022.
Ardiansyah et al, “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif,” Ihsan, J. Pendidik. Islam, p. 4, 2023.
A. F. Nasution, Metode Penelitian Kualitatif, 1st ed. Bandung: Harva Kreatif, 2023.
P. Susanto, “Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data,” J. Ilmu Multidisiplin, vol. 3. No. 1, p. 5, 2024.
N. Anwar, “Analisis Pembelajaran Nahwu pada Siswa Kelas 2 Ula Madrasah Diniyah Salafiyah Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo,” J. Educ. Discov. Lifelong Learn., vol. 3, No, 2024.
N. Mutmainnah, “Merencanakan Kegiatan Pembelajaran,” J. Multidisiplin Ilmu Akad., vol. 1, 2024.
A. Rasyid, “Manajemen Pembelajaran Bahara Arab di Mts,” Ukazh, vol. 4, 2023.
R. Febriana, Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2021.
A. Fawaid, “Implementasi Kitab Jurumiyah Dalam Meningkatkan Pemahaman Ilmu Nahwu di Pondok Pesantren Darut Tholibin Al-Qodiri 02 Jember,” J. Pemikir. Keislam. dan Kemanuisiaan, vol. 9, 2025.
A. Ritonga, “Signifikasi Metode Deduktif dan Induktif Dalam pembelajaran Ilmu Nahwu,” J. Progr. Stud. PGMI, vol. 11, 2024.
U. Khasanah, “Manajemen Pembelajaran Nahwu Shorof di Pondok Pesantren Apik Kesugihan,” J. Kaji. Manaj. Pendidik. Islam dan Stud. Sos., vol. 5, 2021.
A. Sofa, “Program Pengabdian Kemasyarakatan: Optimalisasi Pembelajaran Nahwu melalui Kitab Al Miftah di Pesantren Motivator Qur’an Darussalam Klaseman,” J. Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, vol. 3, 2025.
Zainuri, “Pembelajaran Nahwu Dasar Tingkat Diniyah Asrama Man I Jember,” J. Educ. Community Serv., vol. 4, 2024.
M. Wijaya, “Penerapan Model Pembelajaran Improve Pada Materi Nahwu Dalam Meningkatkan Maharoh Qiro’ah Santri PP Darul Lughah Wal Karomah,” J. Educ., vol. 1, 2023.
N. Fajar, “Menangani Kendala Dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Perspektif Aspek Nahwu di Kelas XII Agama 1 Madrasah Aliyah,” Indones. J. Educ. Res., vol. 1, 2024.
M. Rohman, “Problematika Pembelajaran Nahwu,” J. Stud. Islam dan Hum., vol. 4, 2024.
M. Yunisa, “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab dalam Aspek Ilmu Nahwu dan Sharaf pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi,” J. Pendidik. Bhs. dan Budaya Islam, vol. 3, 2022.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
