Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Implementation of Student Management in Forming Student Character

Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Membentuk Karakter Siswa

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.8603

Keywords:

Implementation of Student Management, Character Building, SD Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo

Abstract

Impacts at SD Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. The research method applied is qualitative research. The data collection technique used is interviews conducted by the researcher with the Deputy Head of Student Affairs at SD Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. The results of this study are: first, student management planning is carried out by analyzing the environment and students' abilities and planning both academic and non-academic programs or activities. Second, student development is conducted through academic and non-academic activities and by instilling good habits. Third, evaluation is conducted through monthly or annual meetings and follow-up development efforts.

Keywords – Implementation of Student Management, Character Building, SD Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Setyorini dan S. Asiah, “Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ki Hajar Dewantara,” Turats, vol. 14, no. 2, hal. 71–99, 2022, doi: 10.33558/turats.v14i2.4466.

D. Muchtar dan A. Suryani, “Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 3, no. 2, hal. 50–57, 2019, doi: 10.33487/edumaspul.v3i2.142.

S. S. Nugroho, M. C. Anam, M. J. Pudjiono, M. Rahardjo, dan B. Sukarjono, “Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hajar Dewantara Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Bagi Mahasiswa Generasi Mileneal,” Yust. MERDEKA J. Ilm. Huk., vol. 6, no. 2, hal. 89–94, 2020, doi: 10.33319/yume.v6i2.61.

A. Kusmawan, “Implementasi Manajemen Kesiswaan Sebagai Upaya Penanaman Karakter Siswa (Studi Analisis Penanaman Karakter di SMK Al-Ma’arif Way Kanan),” IEMJ Islam. Educ. Manag. J., vol. 1, no. 1, hal. 11–19, 2017.

N. C. & M. A. Fanan, “Implemtasi Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Melalui Global Leadership Program di MA Darul Fikri Sidoarjo,” Manaj. Pendidik. Islam, vol. 1, hal. 90–98, 2023.

H. Hasnadi, “Manajemen Peserta Didik Pada Satuan Pendidikan,” Manaj. Pendidik., vol. 17, no. 2, hal. 142–153, 2022, doi: 10.23917/jmp.v17i2.20240.

Y. Gibon, “Manajemen Kesiswaan dalam Membentuk Budaya Religius di MTs. S Teupah Barat,” Al-Murabbi J. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 1, hal. 49–63, 2024, doi: 10.62086/al-murabbi.v2i1.509.

N. Nurhafni, A. Syahza, A. Auzar, dan N. Nofrizal, “Strategi Pengembangan Program Sekolah Adiwiyata Nasional di Tingkat SMA Kota Pekanbaru,” Din. Lingkung. Indones., vol. 6, no. 1, hal. 45, 2019, doi: 10.31258/dli.6.1.p.45-54.

N. Fahira dan Z. H. Ramadan, “Analisis Penerapan 5 Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar,” QALAMUNA J. Pendidikan, Sos. dan Agama, vol. 13, no. 2, hal. 649–660, 2021, doi: 10.37680/qalamuna.v13i2.1074.

D. A. R. Wulandari, W. C. Prawita, dan N. K. Sepriani, “Peranan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Manajemen Kesiswaan Di SDK Santa Maria Ratu Rosari Gianyar,” Metta J. Ilmu Multidisiplin, vol. 3, no. 2, hal. 191–197, 2023, doi: 10.37329/metta.v3i2.1779.

A. Tamami dan S. Fauziah, “AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMA PGRI Rumpin Bogor,” vol. 7, no. 2, hal. 807–818, 2024, doi: 10.31943/afkarjournal.v7i2.976.The.

M. Julistiaty, R. Madhakomala, “Manajemen Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Siswa Smp Tunas Bangsa Sunter,” Akuntabilitas Manaj. Pendidik., vol. 6, no. 2, hal. 241–251, 2018.

Qomarudin, “Manajemen Kesiswaan Dalam Membentuk Karakter Siswa,” vol. 20, no. 1, hal. 75–98, 2022.

N. Y. E. Putri, I. G. A. S. Anjali, dan A. E. Anggraini, “Konsep Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Menurut Perspektif Ki Hadjar Dewantara,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 1, hal. 460–467, 2024, doi: 10.54371/jiip.v7i1.3456.

A. Hufron, A. Imron, S. Dasar Negeri, dan K.-J. Tengah, “Hufron, Imron, Mustiningsih-Manajemen Kesiswaan Pada Sekolah.....95 Manajemen Kesiswaan Pada Sekolah Inklusi,” J. Pendidik. Hum., vol. 4, no. 2, hal. 95–105, 2016, [Daring]. Tersedia pada: http://journal.um.ac.id/index.php/jph.

Mouwn Erland, Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif, no. March. 2020.

E. a. Fiantika, Wasil M, Jumiyati, Honesti, Wahyuni, Jonata, Metodologi Penelitian Kualitatif, no. Maret. 2022.

B. Sonia, E. Retno, dan R. Harnantyawati, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Negeri 19 Semarang Kelas VIII Ditinjau dari Self-Regulation,” vol. 5, hal. 311–319, 2022.

M. Syukri, H. M. Akbar, M. Yusuf, dan R. Melinda, Manajemen Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Pendahuluan Lembaga pendidikan sekolah adalah suatu sistem rumit yang terdiri dari, vol. 6, no. 3. 2024.

N. Sari, H. Permana, dan M. Nahrowi, “Implementasi manajemen peserta didik dalam membangun karakter religius dan berjiwa nasionalisme,” J. Bahana Manaj. Pendidik., vol. 10, no. 2, hal. 139, 2021, doi: 10.24036/jbmp.v10i2.115767.

A. Chita Putri Harahap, “Character Building Pendidikan Karakter,” Al-Irsyad J. Pendidik. dan Konseling , vol. 9, no. 1, hal. 1–11, 2019.

M. Arif, A. Fikri, G. M. Ibtidaiyah, F. Tarbiyah, dan K. Uin, “Pendidikan Karakter dan Moral Untuk Peserta Didik Usia MI / SD,” vol. 12, no. 1, 2024.

N. Rizqiyah dan A. Karimah, “Pola Komunikasi Guru Dalam Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Islam Inklusif-Multikultural,” vol. 3, no. 1, hal. 135–147, 2020.

H. D. Cahyani, A. Herlina, D. Hadiyanti, dan A. Saptoro, “Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning,” vol. 3, no. 3, hal. 919–927, 2021.

M. Fred, “Definisi Dan Teori Pendekatan , Strategi , Dan Metode Pembelajaran,” vol. 2, no. 1, hal. 20–31, 2023.

Irhami, A. Maawiyah, dan R. Zulmaulida, “Manajemen Wakil Kesiswaan Dalam Membentuk Karakter Siswa MAN 2 Bener Meriah,” Mataazir J. Adm. dan Manaj. Pendidik., vol. 4, no. 2, hal. 84–90, 2023.

E. Oktaviani Melianti dan M. Giatman, “Pengaruh Manajemen Kesiswaan terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Educ. Res., vol. 4, no. 3, hal. 1007–1013, 2023.

D. Asih dan E. Hasanah, “Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Sekolah Dasar,” Acad. Educ. J., vol. 12, no. 2, hal. 205–214, 2021, doi: 10.47200/aoej.v12i2.461.

E. Tyasmaning, “Strategi Manajemen Kesiswaan dalam Penanaman Karakter Disiplin Peserta Didik di SDN Pucangsongo Pakis,” Akad. J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 5, no. 2, hal. 136–154, 2023, doi: 10.51339/akademika.v5i2.1311.

A. Lestari dan D. Mustika, “Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 3, hal. 1577–1583, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i3.912.

Posted

2025-08-29