The Effectiveness of Using Interactive Learning Media Wordwall Type 'Matching Pairs' in Improving Understanding of Area of Plane Figures in Mathematics for Third Grade Students of MIS. Maárif Kedungsolo
Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Tipe 'Matching Pairs' dalam Peningkatan Pemahaman Luas Bangun Datar Matematika Siswa Kelas III MIS Maárif Kedungsolo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.8430Keywords:
Interactive Learning Media, Wordwall, Student Understanding, Area of Flat Shapes, Conventional TeachingAbstract
This study aims to analyze the effectiveness of interactive learning media Wordwall type Matching Pairs in improving third-grade students’ understanding of the topic of area of flat shapes at MIS Ma’arif Kedungsolo. The research used an experimental method with two groups: an experimental group using interactive media and a control group using conventional teaching. Data were collected through pre-tests and post-tests. Results showed that the experimental group had a significant improvement, with an average post-test score of 1652.5, compared to 1172.5 in the control group. An independent t-test yielded a t-value of 4.83 and a p-value of 0.00, indicating a statistically significant difference. These findings suggest that interactive media can enhance student engagement, understanding, and learning outcomes. Future research is recommended to apply similar approaches in different contexts and explore contributing factors behind the results. This study contributes to the development of more effective teaching strategies in elementary education.
Downloads
References
Aliatunisa, Nurismaya, and Faridi Faridi. "Penggunaan Aplikasi Game Wordwall Pada Mata Pelajaran Akidah Materi Iman Kepada Para Malaikat." Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam 2.5 (2024): 220-230.
Ana, Meilinda. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 1 MERBAU MATARAM. Diss. UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2024.
Ananda, Citra, Yasmin Atiya Zalaf, and Syafni Gustina Sari. "PENTINGNYA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DISEKOLAH DASAR." Jurnal Studi Multidisipliner 9.1 (2025).
Asyz, Puwi Ma’shum, Darmiany Darmiany, and Nurwahidah Nurwahidah. "Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas V SD." JURNAL PENDIDIKAN MIPA 15.1 (2025): 1-8.
Atmoko, Sigit Widhi, Fajar Cahyadi, and Ikha Listyarini. "Pengembangan media utama (ular tangga matematika) dalam pemecahan masalah matematika materi luas keliling bangun datar kelas III SD/MI." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 4.1 (2017): 119-128.
Harahap, Maymuna, Abdul Mujib, and Amanda Syahri Nasution. "Pengembangan media uno math untuk mengukur pemahaman konsep luas bangun datar." All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety 2.1 (2022): 209-217.
Immanuel, Christianov, et al. "Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Budaya Lokal di SDN 106163 Bandar Klippa." Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu 8.6 (2024).
Islamiati, Nur, Adiprasetio Prabowo, and Rosmiati Rosmiati. "Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Tembe Nggoli untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMPN 1 Dompu." JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 4.4 (2024): 752-762.
Istika, Dinda Dessy Bela, and Rusnilawati Rusnilawati. "Model Problem Based Learning Berbantuan Wordwall Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar." Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 7.4 (2024): 12658-12663.
Izzah, Khodijah Habibatul, and Mira Azizah. "Analisis kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas IV." Indonesian journal of educational research and review 2.2 (2019): 210-218.
Jediut, Mariana, Eliterius Sennen, and Carolina Vebri Ameli. "Manfaat media pembelajaran digital dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sd selama pandemi covid-19." Jurnal Literasi Pendidikan Dasar 2.2 (2021): 1-5.
Khomsiatun, Siwi, and Heri Retnawati. "Pengembangan perangkat pembelajaran dengan penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah." Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2.1 (2015): 92-106.
Kumalasari, Okta Dwi, Nur Samsiyah, and Wiwik Pujiati. "Implementasi Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Kelas Iii Sd N Pilangkenceng 01 Madiun." Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8.1 (2023): 5561-5573.
Kusumarini, Ni Nengah Mery, Pande Agus Adiwijaya, and Ni Putu Eka Aryanti. "ANALISIS PENGGUNAAN GAME EDUKASI BERBASIS WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS X." Jurnal Pendidikan DEIKSIS 7.1 (2025): 37-45.
Maghfiroh, Alifia Nisa, Muhammad Ferelian El Hilaly Daksana, and Siti Nikhlatus Salma. "Efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar." Griya Journal of Mathematics Education and Application 4.1 (2024): 55-64.
Mila, Anggraeni. PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Diss. FKIP UNPAS, 2024.
Nisaa, Roisatun, Yuniawatika Yuniawatika, and Surayanah Surayanah. "Analisis kebutuhan bahan ajar Matematika materi bangun datar kelas III sekolah dasar." JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 12.2 (2024): 246-254.
Patriamurti, Yudhitia Dwi, and Riana Irawati. "Peningkatan Hasil Belajar Pecahan pada Siswa Kelas IV melalui Pendekatan Kontekstual dengan Bantuan Aplikasi Wordwall." Jurnal Educatio FKIP UNMA 10.1 (2024): 274-281.
Permana, Belva Saskia, Lutvia Ainun Hazizah, and Yusuf Tri Herlambang. "Teknologi pendidikan: efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi." Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 4.1 (2024): 19-28.
Puri, Salsa Istya Cahya, et al. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Membandingkan Ukuran Menggunakan Model Realistic Matemathics Education (RME)." Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series. Vol. 7. No. 3.
RAHMAH, NURAZIZA. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA EVALUASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT SISWA KELAS VIII UPTD SMP. Diss. UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN, 2024.
Rahmaini, Nurul, and Salsabila Ogylva Chandra. "Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika." Griya Journal of Mathematics Education and Application 4.1 (2024): 1-8
Rahmawati, Ika. "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF BERBASIS WEB APLIKASI WORDWALL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KESETARAAN PECAHAN MATA UANG KELAS II SD."
Ramadhani, Naisya, et al. "Sistematic literature riview: peran media pembelajaran interaktif dan konvensional pada proses pembelajaran di sekolah dasar." Student Scientific Creativity Journal 1.5 (2023): 99-114.
Risal, Isra Nurul Asfani, Putriyani Putriyani, and Nadar Nadar. "Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukatif Berbasis Wordwall pada Materi Bangun Datar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Enrekang." Cokroaminoto Journal of Primary Education 7.2 (2024): 564-576.
Shalimar, Annisa Khadijah, and Diki Rukmana. "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Problem Solving Menggunakan Aplikasi Genially pada Materi Bangun Datar Kelas V." Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) 12.2 (2024): 272-290.
Setyawati, Erna, Ika Septi Hidayati, and Toto Hermawan. "Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika di MTs darul ulum muhammadiyah galur." Intersections: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 5.2 (2020): 26-37.
Ulfa, Nanik. "Penggunaan Media Geoboard (papan berpaku) Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Keliling dan Luas Bangun Datar pada Siswa Kelas IVB MI Wahid Hasyim Gondanglegi TP 2017-2018." MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 2.2 (2019): 37-48.
Zahroh, Siti Noviati, Dindin Abdul Muiz Lidinillah, and Ade Rokhayati. "Desain didaktis konsep luas daerah persegi dan persegi panjang kelas III Sekolah Dasar." PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.2 (2016): 281-291.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
