Preprint has been published in a journal as an article
DOI of the published article https://doi.org/10.29408/edc.v20i1.29953
Preprint / Version 1

The Effect of Learning Motivation and Facilities on Arabic Language Student’s Learning Achievements at Alam Ar-Rohmah Elementary School Malang

Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa di SD Alam Ar-rohmah Malang

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.7741

Keywords:

Learning Motivation, Learning Facilities, Learning Achievement

Abstract

Abstract, The purpose of this study is to determine and analyze the influence of learning motivation and learning facilities on students' Arabic learning achievement at SD Alam Ar-Rohmah Malang. This study uses a quantitative approach, using an associative research type. This study involved 32 students of class VB. The total sampling method, also known as the census technique, uses the entire population as a research sample. The variables in this study include independent variables and one dependent variable. The independent variables are learning motivation (X1) and learning facilities (X2) and the dependent variable is Arabic learning achievement at SD Alam Ar-Rohmah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. D. Serin, “Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik,” Journal on Education, vol. 6, no. 1, pp. 3908–3915, 2023.

V. Fitriyanti, “Pengaruh Implementasi Manajemen Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar di SMA Negeri 14 Kota Bandung,” UPI Repository, vol. 1, 2020.

A. Salsabila and Puspitasari, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, vol. 2, no. 2, pp. 278–288, May 2020.

M. I. N. Salim et al., “Perkembangan Kognitif dan Kaitannya dengan Prestasi Siswa Kelas XII SMAN Pusaka I,” in Proc. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, pp. 169–174, 2023.

S. Rahman, “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar,” in Proc. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, Gorontalo, Indonesia, Nov. 2021.

Suparman, “Upaya Sekolah Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 7, no. 6, 2023.

D. F. Yeni, “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 1 X Koto Diatas,” Jurnal Promosi, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, vol. 133, 2022.

A. Novitasari, “Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Siswa terhadap Prestasi Belajar,” Jurnal EduTech, vol. 8, no. 2, 2022.

Salmiah, “Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Siswa terhadap Prestasi Belajar,” Perspektif Pendidikan dan Keguruan, vol. 12, no. 2, Oct. 2021.

I. K. Japar, “Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Siswa terhadap Prestasi Belajar,” Jurnal Mirai Management, vol. 8, no. 3, pp. 181–188, 2023.

M. Maulina, “Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK PAB 2 Helvetia Medan T.A 2022/2023,” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, vol. 6, no. 2, pp. 45–49, 2023.

B. Sholeh, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMP Nurul Iman Parung Bogor Tahun Ajaran 2017/2018,” PEKOBIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 44–49, Oct. 2018.

N. S. Putri, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar serta Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar,” Student Research Journal, vol. 2, no. 5, pp. 67–70, Oct. 2024.

H. R. Jazari, “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAN,” Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Untan, 2017.

N. F. Sari, “Dampak Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas 3 SD 1 Sadang,” Jurnal Pacu Pendidikan Dasar Jurnal PGSD UNU NTB, vol. 3, no. 1, Jul. 2023.

A. N. Palupi et al., Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia, 2022.

E. Mailani, “Analisis Kualitas Fasilitas Ruang Kelas dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar,” Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial, vol. 2, no. 2, pp. 44–49, May 2024.

I. T. Utami, “Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar,” Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), vol. 18, no. 2, pp. 13–23, 2020.

N. Islamiyah, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar serta Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar,” Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, vol. 3, no. 1, 2019.

S. Jumiati, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Pembelajaran terhadap Prestasi Akademik Siswa,” Journal of Education Research, vol. 5, no. 2, 2024.

F. Fahriadi, M. N. Partha, and V. P. Rahayu, “Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 21 Samarinda,” Educational Studies: Conference Series, vol. 2, no. 1, pp. 150–163, 2022.

M. Sitompul and H. Banjarnahor, “Pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Mahasiswa Prodi Akuntansi di Kota Batam,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 9, no. 25, pp. 548–558, 2023.

S. Halimah, “Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Membacakan Naskah Berita Menggunakan Strategi Practice-Rehearsal Pairs,” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial, vol. 3, no. 2, pp. 35–40, 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Badung: Alphabet, 2019.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.

B. Bungin, Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010.

H. R. Jazari, “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAN,” Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Untan, 2017.

S. Jumiati, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Pembelajaran terhadap Prestasi Akademik Siswa,” Journal of Education Research, vol. 5, no. 2, pp. 23–39, 2024.

E. Mailani, “Analisis Kualitas Fasilitas Ruang Kelas dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar,” Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial, vol. 2, no. 2, pp. 44–49, 2024.

A. Novitasari, “Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di UPTD SDN Wilayah I Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros,” Jurnal EduTech, vol. 8, no. 2, pp. 77–84, 2022.

N. S. Putri, “Pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta,” Student Research Journal, vol. 2, no. 5, pp. 67–70, 2024.

M. Sitompul and H. Banjarnahor, “Pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Mahasiswa Prodi Akuntansi di Kota Batam,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 9, no. 25, pp. 548–558, 2023.

I. T. Utami, “Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Korespondensi Indonesia,” Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), vol. 18, no. 2, pp. 13–23, 2020.

B. Sholeh, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMP Nurul Iman Parung Bogor Tahun Ajaran 2017/2018,” PEKOBIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 44–49, 2018.

A. Salsabila and Puspitasari, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, vol. 2, no. 2, pp. 278–288, 2020.

M. Maulina, “Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK PAB 2 Helvetia Medan T.A 2022/2023,” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, vol. 6, no. 2, pp. 45–49, 2023.

A. N. Palupi et al., Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia, 2022.

N. S. Putri, “Pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta,” Student Research Journal, vol. 2, no. 5, pp. 67–70, 2024.

M. Sitompul and H. Banjarnahor, “Pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Mahasiswa Prodi Akuntansi di Kota Batam,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 9, no. 25, pp. 548–558, 2023.

A. Novitasari, “Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di UPTD SDN Wilayah I Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros,” Jurnal EduTech, vol. 8, no. 2, pp. 77–84, 2022.

S. Rahman, “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar,” in Proc. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, vol. 5, no. 3, pp. 110–116, 2021.

Salmiah, “Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru,” Perspektif Pendidikan dan Keguruan, vol. 11, no. 2, pp. 34–40, 2021.

Posted

2025-10-20