Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Influence of Economic Literacy, Financial Literacy and Self Control on Consumer Behavior among Shopee users among Muhammadiyah University Students in Sidoarjo


Pengaruh Literasi Ekonomi, Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif pada Pengguna Shopee di Kalangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.7700

Keywords:

Economic Literacy, Financial Literacy, Self-Control, Consumptive Behavior

Abstract

The purpose of this study is to provide knowledge whether the variables of economic literacy, financial literacy and self-control have an effect on consumptive behavior. This study uses Final Semester Accounting Study Program students of Muhammadiyah University of Sidoarjo as a population with a total of 117 people. Using primary data from questionnaires as a method of data collection. Data analysis techniques in this study consist of validity tests, reliability tests, multiple linear regression analysis, and hypothesis testing in the form of t-tests using SPSS version 26. This study provides results that economic literacy and self-control have a significant positive effect on student consumptive behavior and financial literacy has a significant negative effect on student consumptive behavior. It is hoped that this study will provide positive benefits for all parties.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. A. R. Putri dan S. S. Iriani, “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce Shopee,” J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform., vol. 8, no. 2, hal. 69, 2019, doi: 10.31504/komunika.v8i2.2391.

R. R. Sito Putri dan S. S. Iriani, “Pengaruh Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Tokopedia melalui Trust sebagai Variabel Intervening,” J. Ilmu Manaj., vol. 9, no. 2, hal. 708, 2021, doi: 10.26740/jim.v9n2.p708-722.

H. Agung, M. Christian, dan J. Loisa, “Perilaku Pengguna Shopee Terhadap Pembelian Multiproduk dengan Pendekatan Theory of Reasoned Action,” Go-Integratif J. Tek. Sist. dan Ind., vol. 1, no. 1, hal. 11–23, 2020, doi: 10.35261/gijtsi.v1i01.4005.

D. Pawaka dan W. Choiriyati, “Analisis Resepsi Followers Milenial@ indonesiafeminis dalam Memaknai Konten Literasi Feminisme,” AGUNA J. Ilmu Komun., vol. I, no. 1, hal. 70–86, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA/article/view/1048

I. F. Yudasella dan A. Krisnawati, “Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kota Bandung,” J. Mitra Manaj., vol. 3, no. 6, hal. 674–687, 2019, doi: 10.52160/ejmm.v3i6.245.

S. Ningsih dan H. H. Dukalang, “Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda,” Jambura J. Math., vol. 1, no. 1, hal. 43–53, 2019, doi: 10.34312/jjom.v1i1.1742.

Z. Nur dan T. Rapini, “Pengaruh Literasi Keuangan , Kontrol Diri , Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo Pengguna Aplikasi Belanja Online,” vol. 2, no. 1, hal. 41–49, 2023.

H. Antara et al., “HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWI PSIKOLOGI PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE Riza Noviana Khoirunnisa Abstrak”.

S. U. . Rahma, E. Bukhari, dan E. . Prasetyo, “Pengaruh Literasikeuangan,Pendapatan Dan Gayahidup Terhadap Perilakukonsumtifbelanjaonlinepadamasa Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Akunt. dan Manaj., vol. 18, no. 1, hal. 49–56, 2022.

P. Literasi, K. Dan, dan G. Hidup, “Pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pengguna shopee paylater pada generasi millenial,” 2022.

D. Mahargia, P. Zaki, dan B. Ni, “Economics and Digital Business Review Pengaruh Literasi Keuangan , Gaya Hidup , dan Penggunaan Shopee Paylater terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa,” vol. 4, no. 1, hal. 352–362, 2023.

L. Penelitian dan H. Pengaruh, “Jurnal Riset Sains Manajemen,” vol. 2, hal. 103–110, 2018, doi: 10.5281/zenodo.1410873.

G. U. Fauziah, N. Nurochani, dan N. Nopianti, “Pengaruh Fasilitas (Fitur) E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Stei Ar-Risalah Ciamis),” AT-TAWASSUTHJurnal Ekon. Islam. Vol. VII No. II Juli–Desember 2022 254 - 267, vol. 5, no. 3, hal. 248–253, 2022.

A. Nur Solihat dan S. Arnasik, “Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi,” OIKOS J. Kaji. Pendidik. Ekon. dan Ilmu Ekon., vol. II, no. X, 2018, doi: 10.23969/oikos.v2i1.915.

E. Isnawati dan R. Y. Kurniawan, “Pengaruh Literasi Ekonomi dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Melalui Gaya Hidup Sebagai Variabel Mediasi,” J. Pendidik. Ekon., vol. 14, no. 1, hal. 107–112, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Master-8362-journal.pdf

Zulfah, “Karakter: Pengembangan Diri,” IQRA J. Pendidik. Agama Islam, vol. 1, no. 1, hal. 28–33, 2021.

N. S. Burhan, L. Noviani, dan K. B. Sangka, “Pengaruh Kemudahan Belanja Online dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif dengan Peminatan Ekonomi Sebagai Variabel Moderator,” vol. 5, no. 4, hal. 15058–15068, 2023.

I. Anggraini, “Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Online Shopping Pada Wanita Usia Dewasa Awal,” Univ. Negeri Jakarta, hal. 1–154, 2019.

L. G. K. Dewi, N. T. Herawati, dan I. M. P. Adiputra, “Penggunaan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Yang Dimediasi Kontrol Diri,” EKUITAS (Jurnal Ekon. dan Keuangan), vol. 5, no. 1, hal. 1–19, 2021, doi: 10.24034/j25485024.y2021.v5.i1.4669.

R. Mu, “DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENGGUNA E-COMMERCE,” vol. 10, no. 10, hal. 883–896, 2021.

C. Hana, “Pengaruh Kemampuan Financial dan Kemudahan terhadap penggunaan cashless transaction,” AKUNTABILITAS J. Ilm. Ilmu-Ilmu Ekon., vol. 13, no. 2, hal. 61–70, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/akuntabilitas/article/view/1177

“ISSN 2798-3641 (Online),” vol. 1, no. 10, 2022.

A. Suleiman, T. Dewaranu, dan N. H. Anjani, “Menciptakan konsumen yang terinformasi: melacak program-program literasi keuangan di Indonesia,” Cent. Indones. Policy Stud., no. 49, hal. 01–52, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://repository.cips-indonesia.org/pt/publications/359634/menciptakan-konsumen-yang-terinformasi-melacak-program-program-literasi-keuangan%0Ahttps://repository.cips-indonesia.org/media/publications/359634-menciptakan-konsumen-yang-terinformasi-m-f21619

D. Abdullah, E. Kurnadi, dan N. Apriyani, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka,” J. Akunt. Kompetif, vol. 4, no. 1, hal. 24, 2021.

Kumalasari dan Soesilo, “Pengaruh Literasi Keuangan, Modernitas Individu, Uang Saku Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang,” J. Pendidik. Ekon., vol. 12, no. 1, hal. 61–71, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/index

D. Apriliawati, “Diary Study sebagai Metode Pengumpulan Data pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review,” J. Psychol. Perspect., vol. 2, no. 2, hal. 79–89, 2020, doi: 10.47679/jopp.022.12200007.

A. Lusiana, D. Ichsanuddin, dan K. Kunci, “Analisis Keputusan Penggunaan Shopeepay Mahasiswa Manajemen Universitas Pembangunan Nasional ‘ Veteran ’ Jawa Timur,” vol. 8, no. September, hal. 391–397, 2022.

S. Nurjanah, “Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Self Control Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta,” Param. J. Pendidik. Univ. Negeri Jakarta, vol. 31, no. 2, hal. 124–133, 2019, doi: 10.21009/parameter.312.05.

H. Nainggolan, “Pengaruh Literasi Keuangan, Kontrol Diri, Dan Penggunaan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Pekerja Produksi Pt Pertamina Balikpapan,” Jesya (Jurnal Ekon. Ekon. Syariah), vol. 5, no. 1, hal. 810–826, 2022, doi: 10.36778/jesya.v5i1.574.

S. Icam, “Statistika Penelitian,” Univ. Negeri Gorontalo, no. Program Doktor Ilmu Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, hal. 1–15, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/62615506/TEKNIK_ANALISIS_DATA_PENELITIAN_KUANTITATIF20200331-52854-1ovrwlw-libre.pdf?1585939192=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DTeknik_Analisis_Data_Penelitian_Kuantita.pdf&Expires=1697869543&Signat

R. Joey Paywala, S. Sunaryanto, dan S. H. Utomo, “Literasi Ekonomi, Rasionalitas Ekonomi, Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif,” Jambura Econ. Educ. J., vol. 4, no. 1, hal. 16–22, 2022, doi: 10.37479/jeej.v4i1.11684.

D. N. Fatimah, “Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa (Perbandingan Mahasiswa Ekonomi Dan Non Ekonomi) Skripsi,” Skripsi, hal. 1–70, 2017, doi: http://dx.doi.org/10.2174/1567205014666170316163340.

N. Dewi, Rusdarti, dan S. Sunarto, “Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Pengendalian Diri dan Literasi,” J. Econ. Educ., vol. 6, no. 1, hal. 29–35, 2017.

B. A. B. Ii dan T. Pustaka, “BAB II Tinjauan Pustaka BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1,” no. 1991, hal. 1–64, 2002.

M. I. Iqbal, Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam negeri (iain) manado, vol. 1, no. 1. 2020. [Daring]. Tersedia pada: http://repository.iain-manado.ac.id/20/

U. I. N. Maulana dan M. Ibrahim, “Halaman Sampul Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 2020,” 2020.

H. Annafila et al., “Pengaruh kontrol diri terhadap perilaku konsumtif online shopping bagi mahasiswa,” vol. 2, no. 1, hal. 20–27, 2022.

A. Haryana, “Economic and Welfare Impacts of Indonesia’s Tourism Sector,” J. Perenc. Pembang. Indones. J. Dev. Plan., vol. 4, no. 3, hal. 300–311, 2020, doi: 10.36574/jpp.v4i3.127.

Posted

2025-04-14