e-Book Animal and Plant Breeding Based on Local Wisdom in Sidoarjo to Improve Student Learning Outcomes
e-Book Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan Berbasis Kearifan Lokal Sidoarjo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.7203Keywords:
E-Book, Local Wisdom, Learning OutcomesAbstract
The purpose of the study was to see how student learning outcomes were influenced by the e-Book of Animal and Plant Breeding Based on Sidoarjo Local Wisdom. With a research sample of 64 students. This research uses quantitative with Quasi experimental design. Data collection methods by giving posttest and pretest tests to experimental classes before and after treatment. With an average validity value of 5 and a reliability value of 0.889> 0.6. The research instrument consists of 20 multiple choice cognitive questions with reliable and valid C1-C6 indicators. The results of the study of cognitive learning outcomes increased in the experimental class by 0.5 higher than the control class by 0.3. With the provision of e-Book Animal and Plant Breeding Based on Sidoarjo Local Wisdom shows that there is an influence in increasing cognitive understanding and learning outcomes of junior high school students.
Downloads
References
N. W. Juniati and I. W. Widiana, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa,” J. Educ. Action Res., vol. 1, no. 2, p. 122, 2017, doi: 10.23887/jear.v1i2.12045.
F. Ibrahim, B. Hendrawan, and S. Sunanih, “Pengembangan Media Pembelajaran PACAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” JLEB J. Law, Educ. Bus., vol. 1, no. 2, pp. 102–108, 2023, doi: 10.57235/jleb.v1i2.1192.
N. Zahara, D. Djufri, and M. A. Sarong, “Optimalisasi Pembelajaran Dengan E-Book Dan Media pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas X SMA Pada Materi Dunia Tumbuhan,” Biot. J. Ilm. Biol. Teknol. dan Kependidikan, vol. 2, no. 2, p. 105, 2017, doi: 10.22373/biotik.v2i2.243.
G. E. Fauziah, “Pengembangan Media Sugoroku Sebagai Media Pembelajaran IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MI ISLAMIYAH SUKOHARJO PLEMAHAN KEDIRI,” J. AL-HIKMAH, vol. 10, no. 1, pp. 113–132, 2022.
C. Febriani, “Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar The Effect of Video Media on Learning Motivation and Cognitif Learning Outcomes in Natural Science Subject of the Fifth Grade Students of Elem,” J. Prima Edukasia, vol. 5, no. 1, pp. 11–21, 2017.
T. J. T. T. A and M. Satriawan, “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE BUZZ GROUP PADA SUB KONSEP SISTEM PERKEMBANGBIAKAN PADA TUMBUHAN DAN HEWAN DI KELAS IX . B SMP NEGERI 24,” vol. 2, no. 2, pp. 433–445, 2024.
H. Hisbiyati and L. Khusnah, “Penerapan Media E-Book Berekstensi Epub Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Smp Pada Mata Pelajaran Ipa,” J. Pena Sains, vol. 4, no. 1, p. 16, 2017, doi: 10.21107/jps.v4i1.2775.
M. A. Firmansyah et al., “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Matematika Melalui Soal Cerita Bernuansa,” vol. 4, no. 2, pp. 379–387, 2019.
N. Monitha, E. Andriana, T. P. Alamsyah, and N. Hendracipta, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Di Sd Negeri Serang 20,” Prim. J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 11, no. 2, p. 479, 2022, doi: 10.33578/jpfkip.v11i2.8551.
W. E. Rahayu and Sudarmin, “Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa,” Unnes Sci. Educ. J., vol. 4, no. 2, 2015, doi: 10.15294/usej.v4i2.7943.
R. Sari, A. Harijanto, and S. Wahyuni, “Pengembangan Lks Ipa Berbasis Kearifan Lokal Kopi Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Di Smp,” J. Pembelajaran Fis., vol. 7, no. 1, p. 70, 2018, doi: 10.19184/jpf.v7i1.7227.
Sugiyono, “prof. dr. sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. intro ( PDFDrive ).pdf,” Bandung Alf. p. 143, 2017.
prof. dr. sugiyono, “prof. dr. sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. intro ( PDFDrive ).pdf,” Bandung Alf. p. 143, 2017.
I. Ghazali, “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Sembilan),” 2011.
Rosida, N. Fadiawati, and J. Tri, “Efektivitas penggunaan bahan ajar E-book Interaktif Dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa,” J. Pembelajaran Fis., pp. 35–45, 2018.
M. P. Dr. Adam Malik, Buku Statistika Pendidikan. 2018.
D. A. A. Wahyuni, Misdalina, and Noviati, “Dampak Media Pembelajaran berbasis Teknologi pada Aplikasi Tiktok Terhadap Daya Tangkap Dikalangan Siswa Kelas V di SDN 077 Palembang,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 4, pp. 1853–1863, 2022, [Online]. Available: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5506
A. Pamungkas, B. Subali, and S. Linuwih, “Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 3, no. 2, p. 118, 2017, doi: 10.21831/jipi.v3i2.14562.
Dina AlfilaLubis, “ANALISIS KESULITAN BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI JAMUR DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 BATANG KUIS,” vol. 11, no. 1, pp. 92–105, 2017.
Rosida, N. Fadiawati, and J. Tri, “Efektivitas penggunaan bahan ajar,” J. Pembelajaran Fis., pp. 35–45, 2018.
D. Kusumaningrum and Y. Eka Yanti, “Pengembangan E-Book Petunjuk Praktikum Literasi Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Malang,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 7, no. 8, 2021, doi: 10.5281/zenodo.5746169.
N. I. A. Afidati, Haning Hasbiyati, and Diah Sudiarti, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media E-Book Berbasis Smartphone Terhadap Ketuntasan Belajar Siswa,” LENSA (Lentera Sains) J. Pendidik. IPA, vol. 12, no. 1, pp. 33–40, 2022, doi: 10.24929/lensa.v12i1.192.
A. H. Simamora, N. Jampel, and I. M. Tegeh, “E-Book Berdasarkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Media Pembelajaran,” J. Pedagog. dan Pembelajaran, vol. 5, no. 1, pp. 64–74, 2022, doi: 10.23887/jp2.v5i1.46353.
M. Berlian, R. Deswanti, A. Syafaren, and R. A. Putri, “Analisis Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 02 Rumbio Jaya,” Bedelau J. Educ. Learn., vol. 3, no. 2, pp. 84–93, 2022.
K. S. Kallesta, “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Fisika pada Materi Buny,” Junal Pendidik. Fis., vol. Junal Pend, 2017.
U. Kristen, S. Wacana, N. Ruwah, I. Husnul, and A. Suharyadi, “K e l o l a Jur n al Ma naj e m e n P e nd id ik a n Magister Manajemen Pendidikan FKIP Strategi Dosen Dalam Manajemen E-Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi,” J. Manaj. Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 34–48, 2021.
S. Khanifah, K. K. Pukan, S. Sukaesih, and J. Biologi, “Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Unnes J. Biol. Educ. Unnes J. Biol. Educ., vol. 1, no. 11, pp. 66–73, 2012, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe
L. Kustiani and L. S. Hariani, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa,” vol. 12, no. 1, pp. 14–22, 2018.
R. D. Sapitri, S. Hadisaputra, and E. Junaidi, “Pengaruh penerapan praktikum berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan literasi sains dan hasil belajar,” J. Pijar Mipa, vol. 15, no. 2, pp. 122–129, 2020, doi: 10.29303/jpm.v15i2.1342.
A. Ariningtyas, S. Wardani, and W. Mahatmanti, “Efektivitas Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA,” Jise, vol. 6, no. 2, pp. 186–196, 2017, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
D. A. V Harjuni, M. R., Halidjah, S., & Ghasya, “Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Ebook Berbasis Kearifan Lokal di KALBAR Bermuatan Nilai Karakter,” J. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 6048–6055, 2023, [Online]. Available: https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/3806
G. Rosarina, A. Sudin, and A. Sujana, “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Perubahan Wujud Benda,” J. Pena Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 371–380, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa/article/view/230%0Ahttps://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa/article/download/230/152
S. Patonah, “Elemen bernalar tujuan pada pembelajaran ipa melalui pendekatan metakognitif siswa SMP,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 3, no. 2, pp. 128–133, 2014, doi: 10.15294/jpii.v3i2.3111.
N. A. Faj et al., “Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 01 (2) (2018) 39-45 EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK,” vol. 01, no. 2, pp. 39–45, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index
L. Putu and B. Yasmini, “Model Pembelajaran Fisika Untuk Mengembangkan,” J. Pendidik. Indones., vol. 2, no. 2, pp. 221–235, 2013.
E. Wahjudi, “Penerapan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ipa Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Ix-I Di Smp Negeri 1 Kalianget,” LENSA (Lentera Sains) J. Pendidik. IPA, vol. 5, no. 1, pp. 1–16, 1970, doi: 10.24929/lensa.v5i1.242.
K. N, “An integrative framework for studying, designing and conceptualising interactivity in children’s digital books,” Br. Educ. Res. J., vol. 43(6), pp. 1168–1185, 2017, doi: https://doi.org/10.1002/berj.3317.
S. Sonia and Y. Yuliani, “Keefektifan Penggunaan E-Book Interaktif Enzim sebagai Bahan Ajar untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital,” J. Inov. Pembelajaran Biol., vol. 4, no. 2, pp. 113–124, 2023, doi: 10.26740/jipb.v4n2.p113-124.
A. Makfiroh and F. E. Wulandari, “The Effect of Science Learning Assisted by TikTok Media on Learning Outcomes of Junior High School Students,” pp. 1–8, 2024, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.21070/ups.4060
E. Anjasari, I. Astuti, and E. Enawaty, “Perancangan E-Book ‘Procedure Text’ berdasarkan Kearifan Lokal Kuliner Pontianak dengan Model ADDIE,” J. Pendidik. Bhs., vol. 11, no. 2, pp. 279–289, 2022, doi: 10.31571/bahasa.v11i2.4481.
A. Jariah and F. E. Wulandari, “The Effect of E-Books on Ecology and Biodiversity Materials on Science Cognitive Learning Outcomes [ Pengaruh E-Book Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA ],” pp. 1–8.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
