Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Application of Eclectic Methods to Improve Student’s Speaking Skills in Class VII D at SMPIT Darul Fikri Sidoarjo


Penerapan Metode Eklektik Untuk Meningkatkan Maharah Kalam Siswa Pada Kelas VII D di SMPIT Darul Fikri Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.6951

Keywords:

eclectic method, speaking skills, arabic language learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas VII D SMPIT Darul Fikri Sidoarjo dengan menerapkan metode eklektik, yang menggabungkan metode langsung dan metode audiolingual. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kurt Lewin, yang terdiri dari pra-siklus, Siklus I, dan Siklus II. Subjek penelitian adalah 24 siswa perempuan dari Kelas VII D. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes, serta dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Temuan menunjukkan bahwa metode eklektik secara efektif meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Pada tahap pra-siklus, penguasaan pembelajaran klasik siswa hanya mencapai 62,50%. Setelah Siklus I, tingkat penguasaan meningkat menjadi 70,83%. Pada Siklus II, mencapai 87,50%, melampaui kriteria keberhasilan yang telah ditentukan sebelumnya sebesar 85%. Metode eklektik terbukti meningkatkan minat siswa dan memfasilitasi kosakata dalam praktik berbicara bahasa Arab. Oleh karena itu, metode ini dapat menjadi alternatif yang efektif untuk pembelajaran bahasa Arab

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diah Rahmawati As’ari, “Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab,” Konf. Nas. Bhs. Arab I, vol. 1, pp. 113–120, 2010, [Online]. Available: http://eprints.walisongo.ac.id/355/1/UmiHanik_Tesis_Coverdll.pdf

R. U. Baroroh and F. N. Rahmawati, “Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif,” Urwatul Wutsqo J. Stud. Kependidikan dan Keislam., vol. 9, no. 2, pp. 179–196, 2020, doi: 10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.181.

M. Taubah, “Maharah dan Kafa’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab,” Stud. Arab, vol. 10, no. 1, pp. 31–38, 2019, doi: 10.35891/sa.v10i1.1765.

M. N. Amatullah, N. Kusumaningrum, U. Islam, N. Sunan, and K. Yogyakarta, “PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Abstrak A . Pendahuluan Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang dipergunakan oleh para anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama , berinteraksi , dan mengidentifikasi diri . 1 Sedangkan berbahasa adalah menggunakan bahasa . Peng,” vol. 22, no. 02, pp. 231–242, 2020.

A. Dzati Sa’diyah and K. Hikmah, “The Effectiveness of Arabic Tower Media to Increase the Maharah Kalam of Muhammadiyah 1 Sidoarjo Middle School Students [Efektivitas Media Arabic Tower Untuk Meningkatkan Maharah Kalam Siswa SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo],” pp. 1–6.

Asni and N. Anwar, “Analysis of Learning Speaking Skills of Semester III Students of Arabic Language Education Study Program Class A1 Faculty of Islamic Religion Muhammadiyah University of Sidoarjo [ Analisis Pembelajaran Keterampilan Berbicara Mahasiswa Semester III Prodi P,” Umsida, pp. 1–8, 2023.

Z. Sam, “Metode Pembelajaran Bahasa Arab,” Metod. Pembelajaran Bhs. Arab, vol. Vol. 2, no. No 1, p. Hlm. 5, 2016.

M. H. Arsyad, “Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa,” Shaut al Arab., vol. 7, no. 1, p. 13, 2019, doi: 10.24252/saa.v1i1.8269.

Ria Meri Fajrin, “Penerapan Metode langsung dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab,” pp. 1–17.

A. L. Palinto, “Penerapan Metode As-Sam’Iyyah Asy-Syafawiyyah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Manado,” Asian EFL J., 2019.

A. F. AWALUDDIN, “Pengaruh Metode Pembelajaran Eklektik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Ma'Had Hadits Al-Junaidiyah Biru Bone,” Didakt. J. Kependidikan, vol. 12, no. 2, pp. 151–167, 2019, doi: 10.30863/didaktika.v12i2.183.

A. Rifa’i, “Implementasi Thariqah Al Intiqaiyyah ( Metode Eklektik ) Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di MTSN Kediri 1,” Realita J. Penelit. dan Kebud. Islam, vol. 13, no. 2, pp. 162–172, 2022, doi: 10.30762/realita.v13i2.60.

S. M. Mardiyah, “Metode Eklektik dalam Pembelajaran Bahasa Arab,” Tarbiyatuna J. Pendidik. Ilm., vol. 5, no. 1, pp. 119–143, 2020, doi: 10.55187/tarjpi.v5i1.3906.

N. R. Mahmudah, M. Sufian, Koderi, and Erlina, “Peningkatan Penguasaan Mufrodat Melalui Metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyah di SD Islam Assuniyah Tulang Bawang Barat,” Tatsqifiy J. Pendidik. Bhs. Arab, vol. 5, no. 1, pp. 35–47, 2024, doi: 10.30997/tjpba.v5i1.10775.

N. HAPID, “Penerapan Metode Langsung (Thoriqoh Mubasyarah) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab,” J. Has. Penelit. dan Pengemb., vol. 1, no. 4, pp. 265–270, 2023, doi: 10.61116/jhpp.v1i4.220.

E. F. Fidayani and F. M. Ammar, “The Use of Azhari Curriculum in Arabic Language Learning at Islamic Boarding School,” vol. 6, no. 1, pp. 25–45, 2023.

Haviz, “Penelitian Tindakan Kelas.” pp. 9–17, 2014.

M. S. I. Tabrani. ZA, S.Pd.I., “Penelitian Tindakan Kelas,” Buku Ajar Penelit. Tindakan Kelas, pp. 1–23, 2014.

istiqomah rahmatul ria Hardani, Auliya Hikmatul nur , andriani Helmina , fardani asri Roushandy , ustiawati jumari, utami fatmi evi, sukmana juliana dhika, Buku Metode Penelitian Kualitatif, vol. 5, no. 1. 2023.

D. N. Dianna, “Dasar-Dasar Penelitian Akademik : Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif,” J. Akunt., no. March, pp. 1–10, 2020, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/340063433

Posted

2025-01-14